Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas :
X
Kompetensi
Inti :
|
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1 Membiasakan
mengucapkan salam agama Hindu
1.2
Membiasakan mengucapkan dainika
upasana (doa sehari-hari).
|
|
|
|
|
|
|
2.1
Toleran terhadap sesama, keluarga, dan
lingkungan dengan cara menyayangi ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).
2.2
Berperilaku jujur (Satya), menghargai
dan menghormati (Tat Tvam Asi) makhluk
ciptaan Sang Hyang Widhi
|
|
|
|
|
|
|
3.1
Memahami hakekat
dan nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam kitab Ramayana
4.1 Mempraktikkan pelaksanaan yadnya menurut
kitab Ramayana dalam kehidupan
|
Nilai-nilai
Yadnya dalam Ramayana
|
Mengamati:
·
Peserta didik mengamati
pelaksanaan Yadnya dan nilai-nilai yang terkandung dalam kitab Ramayana
·
Peserta didik
membaca sumber-sumber atau sloka yang mewajibkan melaksanakan Yadnya
Menanya:
·
Peserta didik menanyakan jenis-jenis Yadnya yang terdapat dalam kitab Ramayana
·
Pendidik
menunjukkan sarana yang bisa dipakai sebagai Yadnya
Mengeksplorasi:
·
Peserta didik
menuliskan macam-macam Yadnya yang
terdapat dalam kitab Ramayana
·
Pendidik
mencontohkan yadnya yang sesuai yang terdapat dalam Ramayana
Mengasosiasi:
· Peserta
didik menyimpulkan pelaksanaan yadnya dalam kitab Ramayana
· Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam
pemahaman Yadnya dalam kitab Ramayana
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik menyampaikan
dalam bentuk tulisan bentuk
pelaksanaan Yadnya dalam kitab Ramayana
·
Membuat dalam
bentuk gambar-gambar/ foto kegiatan pelaksanaan Yadnya, menonton film
Ramayana
·
|
Tugas:
Membuat
ringkasan materi Yajňa yang terkandung
dalam kitab Ramayana
Observasi:
Mengumpulkan
hasil mengamati pelaksanaan Yajňa yang
terkandung dalam kitab Ramayana dan dalam masyarakat
Portofolio:
Membuat
laporan pelaksanaan Yajňa yang
terkandung dalam kitab Ramayana di masyarakat
Tes:
tertulis
, lisan nilai-nilai Yadnya
|
6 mg x 3 jp
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab
Ramayana
|
|
3.2 Menyebutkan ajaran Upaveda sebagai tuntunan hidup
4.2 Menalar Upaveda sebagai tuntunan hidup
|
Ajaran
Upaweda
|
Mengamati:
·
Peserta didik mendengarkan
dengan seksama penjelasan Upaweda
·
Peserta didik mengamati penerapan Upaweda dalam kehidupan
Menanya:
·
Peserta didik menayakan
bagian-bagian Upaweda
·
Pendidik menunjukkan pentingnya penerapan Upaweda dalam
kehidupan
Mengeksplorasi:
·
Peserta didik membuat struktur dalam bentuk peta konsep
bagian-bagian Upaweda
·
Pendidik
mencontohkan sari-sari Itihasa yang berkaitan dengan kehidupan
Mengasosiasi:
·
Peserta didik membuat
Sipnosis cerita Ramayana dan Mahabharata bagian dari Upaweda
·
Peserta didik
mengenal tokoh-tokoh yang Dharma dan Adharma
dalam Itihasa
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik menyampaikan
dalam bentuk tulisan bermain peran seperti tokoh-tokoh yang terdapat dalam
Ramayana dan Mahabharata
·
Membuat dalam
bentuk gambar-gambar, peta Konsep, Diagram bagian-bagian dari Upaweda
|
Tugas:
Membuat
ringkasan dan peta konsep Upaveda
Observasi:
Menuliskan
hasil mengamati pelaksanaan Upaveda
dalam masyarakat Hindu setempat
Portofolio:
Membuat
laporan pelaksanaan dan penerapan Upaveda
dalam masyarakat
Tes:
tertulis , lisan materi Upaweda
|
6 mg x 3 jp
|
§ Kitab
Weda
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab
Dharmasastra
|
|
3.3
Menjelaskan hakekat
Padewasan (wariga) dalam kehidupan umat Hindu.
4.3 Mempraktekkan cara menentukan
padewasan (wariga) dalam kehidupan umat Hindu
|
Hakekat
Padewasan
|
Mengamati:
·
Peserta didik menyimak penjelaskan hakekat Padewasan dalam
kehidupan masyarakat
·
Peserta didik
mengamati klender Hindu dalam rangka pemahaman penerapan Padewasan (Wariga)
Menanya:
·
Peserta didik menanyakan
cara-cara menentukan Pedewasan agar segala sesuatu yang dikerjakan berhasil
dengan baik
· Peserta
didik menanya dampak baik dan negative terhadap penerapan Padewasan (Wariga)
·
Mengeksplorasi:
·
Peserta didik mengumpulkan
data macam-macam pedewasan, baik untuk Upacara keagamaan maupun dalam
kegiatan kemasyarakatan
·
Mengumpulkan
data-data untuk mendukung penerapan Padewasan (Wariga)
Mengasosiasi:
· Peserta
didik menentukan manfaat Padewasan dan akibat baik dan buruknya dalam
pelaksanaanya
· Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam
penerapan Padewasan (Wariga)
Mengomunikasikan:
· Peserta
didik menyampaikan hasil belajar dalam bentuk tulisan dampak positf dan negative dalam pelaksanaan Padewasan
· Membuat
dalam bentuk gambar-gambar/ foto kegiatan yang dilakukan sesuai dengan
Penerapan Padewasan
|
Tugas:
·
Membuat
ringkasan Padewasan (wariga)
·
Menulisakan Pawukon
dan Sasih secara berurutan
Observasi:
Menuliskan
hasil mengamati pelaksanaan Padewasan
(wariga) dalam masyarakat Hindu sesuai dengan daerah setempat
Portofolio:
Membuat
laporan pelaksanaan Padewasan (wariga)
dalam masyarakat Hindu sesuai dengan daerah setempat
Tes:
tertulis , lisan materi Wariga / padewasan
|
6 mg x 3 jp
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab
Wariga
§ Kelender
Hindu
|
|
3.4
Menjelaskan ajaran
Dharsana dalam agama Hindu
4.4
Menalar ajaran
Dharsana sabagai bagian dalam filsafat Hindu
|
Ajaran
Dharsana
|
Mengamati:
·
Peserta didik menyimak dengan saksama penjelasan Dharsana
·
Peserta didik
mendengarkan pendidik menjelaskan yang
ditonjolkan masing-masing bagian Dharsana
Menanya:
·
Peserta didik menanyakan bagian-bagian Dharsana
·
Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
menyebutkan tokoh-tokoh utama dari Dharsana
Mengeksplorasi:
·
Peserta didik mengumpulkan
data tokoh-tokoh utama yang berperan
dalam Dharsana
·
Mengumpulkan
sumber-sumber sastra untuk mendukung Dharsana
Mengasosiasi:
· Peserta
didik mendiskusikan persamaan dan perbedaan pandangan dalam ajaran Dharsana
· Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam
ajaran Dharsana
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik menyampaikan
dalam bentuk tulisan hakekat ajaran Dharsana berkaitan dengan Sradha dalam
Agama Hindu
·
Membuat dalam
bentuk bagan yang memuat hal-hal yang ditonjolkan dari masing-masing Sad
Dharsana
|
Tugas:
Peserta
didik membuat ringkasan Dharsana
Observasi:
Membuat
hasil mengamati pemahaman Dharsana
dalam masyarakat Hindu
Portofolio:
Membuat
laporan pandangan Dharsana dan tanggangapannya terhadap Weda
sebagai ajaran Hindu
Tes:
tertulis
, lisan Filsafat Dharsana
|
6 mg x 3 jp
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab
Dharmasastra
§ Kitab
Dharsana
|
|
3.5
Menjelaskan ajaran
Catur Asrama
4.5 Mempraktekkan manfaat
menjalani ajaran Catur
Asrama
dalam kehidupan
|
Catur
Asrama
|
Mengamati:
· Peserta
didik menyimak dengan
seksama penjelasan ajaran Catur Asrama
· Peserta
didik membaca manfaat menjalani tahapan hidup dalam Catur Asrama
Menanya:
·
Peserta didik menanyakan bagian-bagian Catur Asrama
·
Pendidik memberikan kesempatan bertanya kepada peserta
didik kewajiban yang harus dilakukan terhadap orang yang melaksanakan tahapan
hidup sesuai dengan ajaran Catur Asrama
Mengeksplorasi:
·
Peserta didik mengungkapkan
contoh kewajiban dari masing-masing bagian Catur Asrama
·
Mengumpulkan
data-data dimasyarakat pelaksanaan ajaran Catur Asrama
Mengasosiasi:
· Mendiskusikan kewajiban dan
tanggung jawab dalam bagian-bagian Catur Asrama bila dihubungkan dengan budaya, adat
istiadat, dalam kehidupan global
· Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam
penerapan Catur Asrama dalam masyarakat
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik menyampaikan
dalam bentuk tulisan manfaat dan tanggungjawab masing-masing bagian Catur
Asrama
·
Membuat dalam
bentuk gambar-gambar/ foto kegiatan yang dilakukan sesuai dengan swadharma
masing-masing tahapan hidup dalam Catur Asrama
|
Tugas:
·
Peserta didik membuat
ringkasan Catur Asrama
·
Peserta didik
menuliskan hak dan kewajiban sesuai denga masa Brahmacaria
Observasi:
Membuat hasil mengamati
pemahaman dan pelaksanaan Catur Asrama
dalam masyarakat Hindu sesuai dengan budaya Hindu daerah setempat
Portofolio:
Membuat laporan pelaksanaan Catur Asrama berkaitan dengan hak dan
kewajiban sebagai umat Hindu dalam
masyarakat setempat, dan bagian dari hidup berbangsa dan bernegara
Tes:
Tertulis ,
lisan Catur Asrama
|
6 mg x 3 jp
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab
Manawadharmasastra
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
|
|
3.6
Menjelaskan
perilaku gotong royong dan kerjasama, serta berinteraksi secara efektif dengan menjalankan ajaran Catur Warna
sesuai sastra Hindu
4.6
Menyaji masing-masing fungsi Catur
Warna dalam masyarakat
|
Catur
Warna
|
Mengamati:
·
Peserta didik menyimak dengan seksama ajaran
Catur Warna
·
Peserta didik
mendengarkan pendidik menjelaskan peran Catur Warna dalam fungsi dan tugasnya
dalam masyarakat
Menanya:
· Peserta
didik menanyakan penjelasan
bagian-bagian Catur Warna
· Pendidik
memberikan kesempatan untuk memjawab perbedaan Catur Warna dengan Catur Kasta
Mengeksplorasi:
·
Mengungkapkan contoh kewajiban dari
masing-masing bagian Catur Warna
·
Mengumpulkan
data-data pendukung pelaksanaan Catur Warna dalam kehidupan
Mengasosiasi:
· Mendiskusikan hubungan peran
masing-masing Warna menurut agama Hindu bila dihubungkan dengan budaya adat
istiadat, dan kehidupan global
· Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam
penerapan Catur Warna dalam masyarakat
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik menyampaikan
dalam bentuk tulisan peranan dan tanggungjawab masing-masing Warna sesuai
ajaran Catur Warna dalam masyarakat, adat budaya, hidup berbangsa dan
bernegara
·
Membuat dalam
bentuk gambar-gambar/ foto kegiatan yang dilakukan sesuai dengan swadharma
masing-masing Warna
|
Tugas:
·
Peserta didik membuat
ringkasan Catur Warna
·
Peserta didik
mengidentipikasi pelaksanaan Catur Warna dalam masyarakat dan dalam hubungan
hidup berbangsa dan bernegara
Observasi:
Membuat
hasil mengamati pemahaman dan pelaksanaan
Catur Warna dalam masyarakat Hindu dalam kerangka tegaknya NKRI
Portofolio:
Membuat
laporan pelaksanaan Catur Warna dan tanggangapannya dalam
masyarakat
Tes:
tertulis
, lisan materi Catur Warna
|
6 mg x 3 jp
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab
Manawadharmasastra
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
|
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA
HINDU DAN BUDI PEKERTI SMA/SMK
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas :
XI
Kompetensi
Inti :
|
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1 Membiasakan mengucapkan salam agama Hindu
1.2 Membiasakan mengucapkan dainika upasana (doa
sehari-hari).
|
|
|
|
|
|
|
2.1
Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi
ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).
2.2
Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang
Widhi
|
|
|
|
|
|
|
3.1 Menjelaskan
pengertian dan pelaksanaan
Yoga menurut Sastra
Hindu.
4.1 Mempraktikkan sikap-sikap yoga
|
Yoga
menurut Agama Hindu
|
Mengamati:
·
Peserta didik mendengarkan
pendidik menjelaskan Astangga Yoga
·
Pendidik
menunjukkan contoh sikap-sikap Yoga dan peserta didik menirukan atau
memperagakan dengan benar
Menanya:
·
Peserta didik menanyakan
manfaat Hatta Yoga dan
Yoga Asanas dalam kehidupan
·
Pendidik memberikan kesempatan secara bergantian memperagakan
Astangga Yoga
Mengeksplorasi:
·
Peserta didik mempresentasikan bebarapa bagian
tahapan Astangga Yoga
·
Mengumpulkan
data-data manfaat melaksanakan Astangga Yoga dalam kehidupan
Mengasosiasi:
· Mengungkapkan contoh masing-masing bagian dalam Astangga Yoga
· Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam
penerapan Astangga Yoga maupun dalam praktek-praktek Yoga
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik membuat
hasil laporan dan kesimpulan manfaat melaksanakan Yoga terhadap kesehatan
jasmani dan rohani
·
Peserta didik
membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto kegiatan latihan Yoga
|
Tugas:
·
Membuat ringkasan
materi Yoga
·
Mempraktekkan Yoga
dan meditasi dalam kehidupan sehari-hari
Observasi:
Mengumpulkan hasil pengamatan pelaksanaan praktek Yoga dan Meditasi dalam masyarakat
Portofolio:
Peserta didik membuat laporan manfaat latihan Yoga dan tanggapan negative
terhadap ajaran Yoga
Tes:
tertulis , lisan materi Yoga
|
4
mg x 3 jp
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab
Yoga Patanjali
|
|
3.2 Memahami
hakekat dan nilai-nilai
Yajňa yang terkandung dalam kitab Mahabharata
4.2 Mempraktikkan pelaksanaan yadnya
menurut kitab Mahabharata dalam kehidupan.
|
Nilai-nilai
yadnya dalam Mahabharata
|
Mengamati:
·
Peserta didik menyimak
penjelasan Pendidik tentang Yadnya dalam Mahabharata
·
Peserta didik mendengarkan cuplikan singkat cerita
Mahabharata berkaitan dengan pelaksanaan Yadnya
Menanya:
· Peserta
didik menanyakan nilai-nilai
Yadnya yang terkandung dalam Mahabharata
· Pendidik memberikan kesempatan bertanya kepada peserta
didik hubungan panca yadnya dengan Pelaksanaan yadnya dalam zaman Mahabharata
Mengeksplorasi:
·
Peserta didik mempresentasikan
tentang Yadnya dalam kitab Mahabharata
· Mengumpulkan
data-data pelaksanaan Yadnya yang ada kaitannya dengan Mahabharata
Mengasosiasi:
·
Peserta didik menganilsis
hubungan panca Yadnya dengan Yadnya
dalam Mahabharata
· Menyimpulkan hasil analisis berbagai macam hal yang
dihadapi dalam pelaksanaan Yadnya
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik menyapaikan
hasil belajar dalam bentuk tulisan persamaan dan perbedaan Panca yadnya
dengan Yadnya dalam Mahabharata
·
Peserta didik
membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto kegiatan upacara Yadnya
|
Tugas:
·
Peserta didik
membuat ringkasan ajaran Yadnya dalam
Mahabharata
·
Peserta didik
membuat sarana Yadnya sesuai dengan daerah setempat
Observasi:
Mengumpulkan kliping yang berkaitan
dengan Panca Yadnya hasil mengamati
pelaksanaan Yadnya dimasyarakat
Portofolio:
Membuat laporan pelaksanaan Yadnya
sesuai dengan kondisi masyarakat setempat
Tes:
tertulis , lisan materi Yadnya dalam
Mahabharata
|
4
mg x 3 jp
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab
Mahabharatha
|
|
3.3 Memahami ajaran Catur Marga
sebagai jalan berhubungan dengan Sang Hyang Widhi
4.3 Mempraktikan sikap melaksanakan
Catur Marga
|
Catur
Marga
|
Mengamati:
·
Peserta didik mencermati Pendidik menjelaskan Catur
Marga Yoga
·
Pendidik memberikan contoh bentuk
perbuatan / kerja dalam Catur Marga Yoga
Menanya:
· Peserta
didik mengungkapkan contoh masing-masing bagian dari Catur Marga Yoga
· Pendidik memberikan pertanyaan kepada peserta didik
nama orang yang menjalani masing-masing bagian dari Catur Marga
Mengeksplorasi:
·
Peserta didik mempresentasikan
tentang Catur Marga Yoga
·
Mengumpulkan
data-data untuk mendukung pelaksanaan Catur Marga dalam kehidupan masyarakat
Hindu
Mengasosiasi:
·
Peserta didik melihat disekitarnya perilaku masyarakat yang
melaksanakan ajaran Catur Marga
·
Menganalisis berbagai macam hal yang
dihadapi dalam pengamalan Catur Marga Yoga oleh masyarakat Hindu
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik menyapaikan
hasil belajar secara tertulis penerapan
ajaran Catur Marga dalam kehidupan
bermasyarakat
·
Peserta didik membuat
dalam bentuk gambar-gambar/ foto kegiatan pengamalan Catur Marga Yoga
|
Tugas:
·
Membuat
ringkasan Catur Marga
·
Mengumpulkan dalam
bentuk gambar/foto masing-masing bagian catur Marga
Observasi:
Mengumpulkan
hasil mengamati pelaksanaan Catur
Marga dalam masyarakat
Portofolio:
Membuat
laporan pelaksanaan Catur Marga dalam
masyarakat sesuai dengan budaya, adat istiadat setempat
Tes:
tertulis
, lisan Catur Marga
|
4
mg x 3 jp
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab
Manawadharmasastra
|
|
3.4 Menjelaskan ajaran Wibuthi Marga dalam kehidupan
4.4 Menyaji ajaran Wibuthi Marga dalam kehidupan
|
Wibuthi
Marga
|
Mengamati:
· Peserta
didik mengamati penjelaskan pendidik ajaran Wibhuti
Marga
· Peserta
didik mendengar peserta didik lainnya membaca Wibhuti Marga
Menanya:
· Peserta
didik menanyakan hakekat Wibhuti
Marga dalam kehidupan
· Pendidik
memberikan contoh penerapan Wibhuti Marga dalam kehidupan sehari-hari
Mengeksplorasi:
· Peserta
didik mempresentasikan manfaat melaksanakan Wibhuti Marga
· Mengumpulkan
data-data untuk mendukung penerapan Wibhuti
Marga dalam kehidupan
Mengasosiasi:
·
Memberikan
contoh kongkrit penerapan Wibhuti Marga dalam kehidupan
· Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam
penerapan Wibhuti Marga oleh masyarakat Hindu
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik menyampaikan hasil belajar dalam bentuk tulisan hasil penerapan Wibhuti Marga dalam kehidupan sehari-hari
·
Membuat dalam bentuk
gambar-gambar/ foto hasil pengamalan Wibuthi Marga dalam kehidupan
|
Tugas:
Membuat
ringkasan materi Wibhuti Marga
Observasi:
Mengumpulkan
hasil mengamati pelaksanaan Wibhti
Marga dalam masyarakat
Portofolio:
Membuat
laporan pelaksanaan dan manfaat
Wibhuti Marga dalam masyarakat
Tes:
tertulis
, lisan ajaran Wibuthi Marga
|
4
mg x 3 jp
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab
Manawadharmasastra
|
|
3.5 Menjelaskan kitab Manawa Dharma
Sastra sebagai
kitab hukum Hindu
4.5 Mempraktikan ajaran Manawa
Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu
|
Manawa
Dharma Sastra
sebagai kitab hukum Hindu
|
Mengamati:
· Peserta
didik mendengar pembacaan kitab
Manawadharmasastra sebagai kitab hokum Hindu
· Peserta
didik mengamati pembacaan sloka kitab Manawadharmasastra
sebagai kitab hokum Hindu
Menanya:
·
Pendidik menanyakan
kepada peserta didik sumber-sumber hokum Hindu
·
Pendidik memberikan
kesempatan kepada peserta didik menjelaskan termasuk dalam sumber Hukum Hindu
Mengeksplorasi:
·
Peserta didik mempresentasikan
Hukum Hindu dalam kitab Dharmasastra
· Mengumpulkan
data-data dalam penerapan hokum Hindu untuk terwujudnya masyarakat yang
damai, adil dan makmur
Mengasosiasi:
·
Peserta didik
menganalisis perbedaan kualitas Hukum
Hindu dengan hokum buatan Manusia
· Menyimpulkan dari hasil analisis berbagai macam hal
yang dihadapi dalam penerapan Manawa Dharma Sastra sebagai kitab Hukum Hindu
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik menyampaikan hasil secara lisan dan bergantian kualitas Hukum Hindu dengan hokum buatan Manusia
·
Peserta didik
membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto upaya mematuhi atau taat terhadap
Hukum Hindu maupun Hukum Nasional
|
Tugas:
· Peserta
didik membuat
ringkasan materi Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu
· Menuliskan beberapa sloka yang berhubungan dengan Hukum
Hindu
Observasi:
Membuat
hasil mengamati penerapan Manawadharmasastra sebagai Hukum Hindu
Portofolio:
Membuat
laporan penerapan Manawadharmasastra sebagai Hukum Hindu dalam masyarakat
setempat
Tes:
tertulis , lisan
Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu
|
6
mg x 3 jp
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab
Manawadharmasastra
|
|
3.6 Menjelaskan nilai-nilai ajaran Niwerti dan Prawerti
Marga dalam kehidupan
4.6 Menalar nilai-nilai ajaran Niwerti dan Prawerti
Marga dalam kehidupan
|
Niwerti
dan Prawerti Marga
|
Mengamati:
· Peserta
didik mendengarkan pembacaan ajaran Niwerti
dan Prawerti Marga
· Peserta
didik menyimak pembacaan Niwerti dan Prawerti Marga
Menanya:
· Peserta
didik menanyakan bagian-bagian ajaran Niwerti
dan Prawerti Marga
· Peserta
didik menanyakan persamaan dan perbedaan Niwerti dan Prawerti Marga
Mengeksplorasi:
· Peserta
didik melakukan observasi berkaitan
ajaran Niwerti dan Prawerti Marga di Sekolah
·
Mengumpulkan
data-data untuk mendukung pelaksanaan Niwerti dan
Prawerti Marga di masyarakat
Mengasosiasi:
· Peserta
didik menganalisis dampak sesudah dan sebelum memahami ajaran Niwerti dan Prawerti Marga
· Menyimpulkan dari
hasil analisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan
Niwerti Marga dan Prawerti Marga
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik menyimpulkan
hasil kualitas sikap hidup masyarakat dalam penerapan Niwerti dan
Prawerti Marga
·
Membuat dalam
bentuk gambar-gambar/ foto contoh penerapan Niwerti dan Prawerti Marga
|
Tugas:
Peserta
didik membuat ringkasan materi Niwerti dan Prawerti Marga
Observasi:
Membuat
hasil pengamatan penerapan Niwerti dan Prawerti Marga dalam kehidupan
Portofolio:
Membuat
laporan penerapan Niwerti dan Prawerti Marga dalam masyarakat Hindu sesuai
dengan budaya dan adat daerah setempat
Tes:
tertulis
, lisan Niwerti dan Prawerti Marga
|
5
mg x 3 jp
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab
Manawadharmasastra
|
|
3.7 Memahami hakekat ajaran Catur Purusarta dalam kehidupan
sehari-hari
4.7 Mempraktekan perilaku jujur,
disiplin, peduli dan ramah dengan menjalankan ajaran Catur Purusarta dalam kehidupan sehari-hari
|
Catur
Purusartha
|
Mengamati:
· Peserta
didik mengamati pembacaan ajaran Catur Purusartha
· Peserta
didik menyimak pembacaan Catur Purusartha
Menanya:
· Peserta
didik mengungkapkan contoh masing-masing bagian Catur Purusa Artha
· Pendidik
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan contoh
masing-masing bagian Catur Purusartha
Mengeksplorasi:
· Peserta
didik mempresentasikan ajaran Catur Catur
Purusarta
· Mengumpulkan
data-data untuk mendukung terwujudnya
pengamalan Catur Purusartha dalam kehidupan
Mengasosiasi:
· Peserta
didik menganlisis hubungan masing-masing bagian Catur Purusartha dalam
praktek kehidupan
· Menyimpulkan hasil dari analisis berbagai macam hal
yang dihadapi dalam penerapan Catur Purusartha
dalam kehidupan
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik menyampaikan hasil
belajar dalam bentuk tulisan menerapkan Catur Purusartha dalam
kehdidupan
·
Membuat dalam
bentuk gambar-gambar/ foto contoh penerapan Catur Purusartha
|
Tugas:
Peserta
didik membuat ringkasan materi Catur Purusarta
Observasi:
Membuat
hasil mengamati pelaksanaan Catur Purusartha dalam masyarakat untuk mencapai
kebahagiaan jasmani dan rohani
Portofolio:
Membuat
laporan hakekat Catur Purusartha dalam masyarakat dan terwujudnya Moksartham
jagadhita ya ca iti Dharma
Tes:
tertulis
, lisan materi Catur Purusarta
|
4
mg x 3 jp
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Manawadharmasastra
|
|
3.8 Menjelaskan
perilaku bertanggungjawab, peduli, santun dan cinta damai, untuk menciptakan
keluarga yang rukun bahagia dan sejahtera sesuai ajaran wiwaha.
4.8
Menyaji perilaku bertanggungjawab, peduli, santun dan cinta damai, untuk
menciptakan keluarga yang rukun bahagia dan sejahtera sesuai ajaran wiwaha.
|
Wiwaha.
|
Mengamati:
· Peserta
didik melihat gambar-gambar bentuk Wiwaha ( perkawinan ) sesuai dengan budaya Hindu daerah
setempat
· Menyimak
pembacaan wiwaha dengan saksama sehingga dengan mudah untuk memahaminya
Menanya:
·
Peserta didik menanyakan
bagiamana bentuk-bentuk wiwaha sesuai
dengan budaya daerah setempat
· Pendidik
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan contoh
bentuk-bentuk wiwaha
Mengeksplorasi:
· Peserta
didik mempresentasikan Wiwaha (Perkawinan)
· Mengumpulkan
data-data untuk mendukung terwujudnya
perkawinan yang harmonis, bahagia dan sejahtera dan langgeng dalam keluarga
Mengasosiasi:
· Peserta
didik menganalisis masing-masing kewajiban suami,istri dan anak dalam Wiwaha
(Perkawinan)
· Menyimpulkan hasil analisis berbagai macam hal yang
dihadapi dalam Wiwaha (Perkawinan)
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik menyampaikan hasil belajar dalam bentuk tulisan manfaat melaksanakan Wiwaha
·
Membuat dalam
bentuk gambar-gambar/ foto hidup bahagia dan sejahtera dalam membina keluarga
|
Tugas:
·
Peserta didik membuat
ringkasan materi Wiwaha.
·
Peserta didik
membuat konsep upaya menjaga perkawinan yang harmonis, langgeng dan saling
mencintai
Observasi:
Mengumpulkan
hasil mengamati pelaksanaan Wiwaha.antara daerah sesuai dengan budaya
setempat
Portofolio:
Membuat
laporan baik dan buruk yang terjadi
dalam Wiwaha pada kehidupan tradisional dengan masyarakat modern
Tes:
tertulis
, lisan materi Wiwaha.
|
5
mg x 3 jp
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Manawadharmasastra
§ Kitab
Undang-Undang Perkawinan
|
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA
HINDU DAN BUDI PEKERTI SMA/SMK
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas :
XII
Kompetensi
Inti :
|
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1
Membiasakan
mengucapkan salam agama Hindu
1.2 Membiasakan mengucapkan dainika upasana (doa
sehari-hari).
|
|
|
|
|
|
|
2.1
Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi
ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).
2.2
Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang
Widhi
|
|
|
|
|
|
|
3.1 Menjelaskan ajaran
Moksha dalam Susastra
Veda
4.1 Menyaji Astangga Yoga untuk mencapai Moksa
|
Pengertian
Moksa
Astangga
Yoga
|
Mengamati:
· Peserta
didik menyimak peserta lain membaca buku yang menjelaskan Moksha
· Mengamati
pembacaan ajaran Moksha dan Astangga Yoga
Menanya:
· Peserta
didik menanyakan contoh upaya
menuju Moksha dan contoh ciri-ciri orang yang
mencapai Moksha
· Pendidik
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan contoh
orang-orang suci yang mencapai Moksha
Mengeksplorasi:
· Peserta
didik mempresentasikan hakekat Moksa baik dalam kehidupan nyata dan
sesudah meninggal
·
Mengumpulkan
data-data untuk mendukung terwujudnya
Moksartham Jagadhita ya ca Iti Dharma
Mengasosiasi:
· Peserta
didik menganalisis macam-macam Moksha
· Menyimpulkan dari hasil analisis berbagai macam hal
yang dihadapi dalam upaya mencapai Moksha
Mengomunikasikan:
· Menyampaikan hasil
dalam bentuk tulisan hakekat
Moksha
·
Membuat karikatur atau dalam bentuk gambar-gambar dalam
pelaksanaan Astangga Yoga
|
Tugas:
Peserta
didik berlatih meditasi, dan berlatih sikap-sikap Yoga
Observasi:
Mengumpulkan
hasil mengamati manfaat Yoga baik secara jasmani dan rohani
Portofolio:
Mengumpulkan
gambar-gambar sikap Yoga
Tes:
tes tertulis , lisan materi Moksha dan
Astangga Yoga
|
4
mg x 3 jp
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab
Bhagawadgita
§ Kitab
Sarasamuscaya
§ Kitab
Yoga Patanjali
|
|
3.2 Menyebutkan sumber-sumber Hukum Hindu dalam Susastra Veda
4.2 Melantunkan sloka-sloka yang terkait dengan sumber
hukum Hindu
|
Sumber-sumber
Hukum Hindu
|
Mengamati:
· Mengamati
peserta didik membaca sumber-sumber hukum Hindu
· Menyimak
pembacaan sumber-sumber Hukum Hindu
Menanya:
·
Peserta didik menanyakan
termasuk sumber-sumber hukum Hindu dan sumber hokum nasional
· Pendidik
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan contoh penerapan
hokum Hindu di masyarakat
Mengeksplorasi:
·
Peserta didik mengobservasi aplikasi hukum Hindu dalam
kehidupan dan budaya Hindu sesuai dengan budaya dan adat istiadat daerah
setempat
·
Mengumpulkan
data-data untuk mendukung terwujudnya
pelaksanaan Hukum Hindu dalam kehidupan masyarakat
Mengasosiasi:
· Peserta
didik menganalisis letak persamaan dan perbedaan hokum Hindu dengan hokum
Nasional
dalam rangka
menciptakan rasa keadilan dan kedamaian masyarakat
· Menyimpulkan dari hasil analisis berbagai macam hal
yang dihadapi dalam penerapan Hukum Hindu
Mengomunikasikan:
· Peserta
didik menyampaikan hasil belajar dalam
bentuk tulisan upaya menghormati dan mentaati semua produk Hukum yang berlaku
· Membuat
dalam bentuk gambar / foto pembacaan sloka-sloka yang berkaitan dengan hukum
Hindu
|
Tugas:
Peserta
didik membuat ringkasan contoh pelaksanaan Hukum Hindu dalam masyarakat Hindu
setempat
Observasi:
Mengumpulkan hasil mengamati pelaksanaan
Hukum Hindu dalam masyarakat
Portofolio:
Membuat
laporan pelaksanaan Hukum Hindu dan Hukum nasional dalam masyarakat agar terwujudnya keadilan
dan kedamaian
Tes:
Tes
tertulis , lisan sumber-sumber Hukum Hindu
|
4
mg x 3 jp
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab
Manawa Dharmasastra
§ Kitab
Slokantara
|
|
3.3 Menjelaskan
kebudayan Prasejarah dan Sejarah,
toeri-teori
masuknya agama Hindu di Indonesia
4.3 Menyaji bukti-bukti prasejarah dan sejarah perkembangan
agama Hindu di Indonesia
|
·
Kebudayaan
prasejarah dan Sejarah
·
Teori masuknya
Agama Hindu
·
Bukti-bukti sejarah
perkembangan Agama Hindu
|
Mengamati:
· Peserta
didik menyimak, pembaca buku pelajaran
dan sejarah kebudayaan.
· Peserta
didik mengamati dengan saksama peninggalan Prasejarah dan sejarah agama Hindu.
Menanya:
· Peserta
didik mengidentifikasi
bukti-bukti tertulis maupun
monumental dari sejrah agama Hindu dan sejarah Nasonal
· Pendidik
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan contoh-contoh
bukti prasejarah dan sejarah perkembangan agama Hindu
Mengeksplorasi:
· Mempresentasikan
bukti-bukti dan
perkembangan pengaruh Hindu dari India ke Indonesia
·
Mengumpulkan
data-data untuk mendukung perkembangan
agama Hindu di Indonesia
Mengasosiasi:
· Peserta
didik menganalisis perkembangan sebelum dan sesudah masuknya agama Hindu dan
perkembangannya di zaman sekarang ini
· Menyimpulkan hasil analisis berbagai macam hal yang
dihadapi dalam mendapatkan bukti-bukti masuknya dan peradaban sejarah agama
Hindu di Indonesia
Mengomunikasikan:
·
Menyampaikan hasil
belajar dalam bentuk tulisan pengaruh
perkembangan agama Hindu dan peran serta masyarakat Hindu terhadap
pembangunan Nasional
·
Peserta didik
membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto bukti peninggalan Agama Hindu
|
Tugas:
Peserta
didik membuat ringkasan Prasejarah dan sejarah masuknya agama Hindu di
indonesia
Observasi:
Mengumpulkan
hasil mengamati letak perbedaan
prasejarah dengan sejarah
Portofolio:
Buat
laporan tertulis bukti-bukti sejarah perkembangan agama Hindu baik berupa
sastra dan monumental yang menjadi warisan budaya Dunia
Tes:
tes
tertulis , lisan kebudayan Prasejarah dan Sejarah, toeri-teori dan
bukti-bukti masuknya agama Hindu
|
4
mg x 3 jp
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Buku
Sejarah Nasional
|
|
3.4 Menjelaskan
ajaran Yantra, Tantra dan Mantra
4.4 Mempraktekkan
ajaran Yantra, Tantra dan Mantra dalam kehidupan
|
Yantra,,Tantra
dan Mantra
|
Mengamati:
· Peserta
didik menyimak penjelasan Pendidik
tentang Yantra, Tantra dan Mantra
· Peseta
didk mengamati berbagai macam bentuk gambar-gambar Yantra
Menanya:
·
Peserta didik menanyakan
manfaat Yantra, Tantra dan Mantra dalam kehidupan baik dalam kaitan dengan
upacara keagamaan dan kehidupan social
·
Pendidik membimbing
peserta didik membuat bentuk-bentuk Yantra dan Tantra
Mengeksplorasi:
·
Peserta didik dapat
menggambar macam-macam Yanta dan Tantra , Mantra
·
Mengumpulkan sumber
data untuk mendukung terwujudnya
pengamalan Yanta dan Tantra , Mantra dalam kehidupan
Mengasosiasi:
· Peserta
didik menyimpulkan hubungan Yantra, Tantra dan Mantra
· Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam
pemahaman ajaran Yantra, Tantra dan Mantra
Mengomunikasikan:
·
Menyampaikan hasil
belajar dalam bentuk tulisan manfaat
mempelajari Yantra, Tantra dan Mantra dalam keidupan
·
Peserta didik
membuat Gambar-gambar Yantra, Tantra serta mantra sebagai sarana mendekatkan
diri kepada Sang Hyang Widhi
|
Tugas:
Peserta
didik membuat ringkasan dan Gambar Yantra, Tantra dan Mantra
Observasi:
Mengumpulkan
hasil melihat contoh-contoh Yantra, Tantra dan Mantra
Portofolio:
Buat
laporan manfaat Tantra, Yantra dan Mantra bagi masyarakat Hindu dan
masyarakat umumnya
Tes:
Tes tertulis , lisan materi Yantra, Tantra
dan Mantra
|
5
mg x 3 jp
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Buku
Yantra, Tantra, dan Mantra
|
|
3.5 Menjelaskan
ajaran Nawa Widha Bhakti
4.5 Mempraktekkan ajaran Nawa
Widha Bhakti sebagai ajaran sikap hidup yang positif dalam
kehidupan
|
Nawa
Widha Bhakti
|
Mengamati:
· Peserta
didik mengamati peserta lainya membacakan ajaran
Nawa Widha Bhakti
· Peserta
didik menyimak Pendidik menjelaskan Nawa Widha Bhakti
Menanya:
·
Peserta didik menayakan
hakekat ajaran Nawa Widha Bhakti dalam kehidupan
·
Pendidik memberikan
kesempatan bertanya kepada peserta didik tujuan ajaran Nawa Widha Bhakti
Mengeksplorasi:
· Peserta
didik mempresetasikan bagian-bagian Nawa
Widha Bhakti
· Menganalisis
hakekat ajaran Nawa Widha Bhakti
Mengasosiasi:
· Menyimpulkan
pengaruh positif ajaran Nawa Widha Bhakti
· Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan ajaran Nawa Widha Bhakti
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik menyampaikan
hasil belajar dalam bentuk tulisan
hakekat ajaran Nawa Widha Bhakti menurut
ajaran agama Hindu
·
Membuat
Gambar-gambar atau foto hasil penerapan Nawa
Widha Bhakti
|
Tugas:
Peserta
didik membuat ringkasan ajaran Widha Bhakti
Observasi:
Mengumpulkan
data hasil mengamati manfaat ajaran Widha
Bhakti
Portofolio:
Buat
laporan tertulis manfaat Nawa Widha Bhakti dalam kehidupan
Tes:
Tes
tertulis , lisan ajaran Nawa Widha
Bhakti
|
4
mg x 3 jp
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
|
|
3.6 Menjelaskan
ajaran Tri Purusha
4.6 Menalar
ajaran Tri Purusha sebagai manifestasi Ida Sang Hyang Widhi
|
Tri
Purusha
|
Mengamati:
· Peserta
didik menyimak penjelasan Pendidik dari
ajaran Tri Purusa
· Peserta
didik membaca Tri Purusa dan memahami ajaran Tri Purusa
Menanya:
·
Peserta didik menanyakan
bagian-bagian Tri Purusa
·
Pendidik memberikan
kesempatan menjawab perbedaan masing bagaian Tri Purusa
Mengeksplorasi:
· Peserta
didik mempresentasikan Tri
Purusa manifestasi Sang Hyang Widhi
yang Tunggal
· Mengumpulkan
sumber-sumber kitab yang menjelaskan Tri Purusa
Mengasosiasi:
·
Menghubungkan
kekuasaan masing-masing bagian Tri Purusa
·
Peserta didik
menyimpulkan Kekuasan Sang Hyang Widhi sebagai Tri Purusa
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik menyampaikan
hasil belajar dalam bentuk tulisan
fungsi masing-masing bagian Tri Purusa yang merupakan Kekuasaan Sang Hyang
Widhi
·
Peserta didik
membuat Gambar-gambar menggambarkan kekuasaan dan keesaan Sang Hyang Widhi
|
Tugas:
Peserta
didik meringkas materi Tri Purusha
Observasi:
Mengumpulkan
hasil mengamati hakekat masing-masing bagian Tri Purusa
Portofolio:
Peserta
didik membuat laporan tertulis perbedaan dari bagian-bagian Tri Purusha yang
merupakan perwujudan Sang Hyang Widhi yang Esa
Tes:
tes
tertulis, lisan Tri Purusha
|
4
mg x 3 jp
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab
Widhi Tatwa
|
|
3.7 Menerapkan
sikap disiplin, peduli dan bertanggungjawab sesuai dengan ajaran Dasa Yama
Bratha
4.7 Mempraktekan ajaran Dasa Yama Bratha dalam kehidupan sehari-hari
|
Dasa
Yama Bratha
|
Mengamati:
· Peserta
didik menyimak paparan ajaran Dasa Yama
Bratha
· Peserta
didik mengamati sikap perilaku temannya yang sesuai dengan Dasa Yama Bratha
Menanya:
· Peserta
didik menanyakan penjelasan bagian-bagian Dasa
Yama Bratha
· Pendidik
memberikan kesempatan menjawab hakekat Ahimsa dalam upaya menjaga
keseimbangan dan kedamaian dalam kehidupan
Mengeksplorasi:
·
Mengumpulkan data
contoh sikap hidup sesuai dengan Dasa Yama Bratha
·
Mengumpulkan
sumber-sumber / kitab untuk mendukung terwujudnya
Dasa Yama Bratha
Mengasosiasi:
· Menyimpulkan
manfaat ajaran Dasa Yama Bratha
· Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam
penerapan Dasa Yama Bratha
Mengomunikasikan:
· Peserta
didik menyampaikan hasil belajar dalam
bentuk tulisan tujuan masing-masing bagian Dasa
Yama Bratha
· Membuat
karikatur pengamalan ajaran Dasa Yama Brathha
|
Tugas:
Peserta
didik membuat ringkasan materi Dasa Yama Bratha
Observasi:
Mengumpulkan
hasil pengamatan penerapan Dasa Yama Bratha dalam kehidupan
Portofolio:
Membuat
laporan contoh penerapan Dasa Yama Bratha dalam pembentukan kepribadian
Tes:
tes
tertulis dan lisan
Dasa Yama Bratha
|
5
mg x 3 jp
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab
Bhagawadgita
§ Kitab
sarasamuscaya
|
|
3.8 Menerapkan
sikap disiplin, peduli dan bertanggungjawab sesuai dengan ajaran Dasa Nyama
Bratha
4.8 Mempraktekan ajaran Dasa Nyama Bratha dalam kehidupan
sehari-hari
|
Dasa
Nyama Bratha
|
Mengamati:
· Peserta
didik menyimak paparan ajaran Dasa Nyama Bratha
· Peserta
didik mengamati sikap perilaku temannya yang sesuai dengan Dasa Nyama Bratha
Menanya:
· Peserta
didik menanyakan bagian-bagian Dasa Nyama
Bratha
· Pendidik
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan contoh
masing-masing bagian Dasa Nyama Bratha
Mengeksplorasi:
·
Mengumpulkan data
contoh sikap hidup sesuai dengan Dasa Nyama Bratha
·
Mengumpulkan
sumber-sumber / kitab untuk mendukung
terwujudnya Dasa Nyama Bratha dalam kehidupan
Mengasosiasi:
· Menyimpulkan
manfaat ajaran Dasa Nyama Bratha dalam
pembentukan kerakter dan kepribadian sebagai umat Hindu
· Menganalisa hubungan Dasa Nyama Bratha dengan pembentukan kerakter
Mengomunikasikan:
· Peserta
didik menyampaikan hasil belajar dalam
bentuk tulisan tujuan masing-masing bagian Dasa
Nyama Bratha
· Membuat
karikatur pengamalan ajaran Dasa Nyama Brathha
|
Tugas:
Peserta
didik membuat ringkasan materi Dasa Nyama Bratha
Observasi:
Mengumpulkan
hasil mengamati penerapan Dasa Nyama
Bratha dalam kehidupan
Portofolio:
Membuat
laporan contoh penerapan Dasa Nyama Bratha dalam pembentukan mental spritual
Tes:
tes
tertulis dan lisan
Dasa Nyama Bratha
|
4
mg x 3 jp
|
§ Buku
teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab
Bhagawadgita
§ Kitab
Sarasamuscaya
|
Sumber : Materi Workshop Peningkatan SDM Pengelola Pasraman Se-Jawa Barat Oleh Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barata 5 Juli 2014, Lembang, Bandung.
Komentar
Posting Komentar