Langsung ke konten utama

SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI UNTUK SMA/SMK SESUAI KURIKULUM 2013



Satuan Pendidikan         :   SMA

Kelas                               :  X

Kompetensi Inti              : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1   Membiasakan mengucapkan salam agama Hindu
1.2  Membiasakan mengucapkan dainika upasana (doa sehari-hari).





2.1  Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).
2.2  Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati  (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang Widhi





3.1   Memahami hakekat dan nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam kitab Ramayana
4.1  Mempraktikkan pelaksanaan yadnya menurut kitab Ramayana dalam kehidupan

Nilai-nilai Yadnya dalam Ramayana
Mengamati:
·    Peserta didik mengamati pelaksanaan Yadnya dan nilai-nilai yang terkandung dalam  kitab Ramayana
·    Peserta didik membaca sumber-sumber atau sloka yang mewajibkan melaksanakan Yadnya

Menanya:
·    Peserta didik menanyakan  jenis-jenis Yadnya yang terdapat dalam  kitab Ramayana
·    Pendidik menunjukkan sarana yang bisa dipakai sebagai Yadnya

Mengeksplorasi:
·    Peserta didik menuliskan  macam-macam Yadnya yang terdapat dalam kitab Ramayana
·    Pendidik mencontohkan yadnya yang sesuai yang terdapat dalam Ramayana

Mengasosiasi:
·    Peserta didik menyimpulkan pelaksanaan yadnya dalam kitab Ramayana
·    Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam pemahaman Yadnya dalam kitab Ramayana

Mengomunikasikan:
·    Peserta didik menyampaikan dalam bentuk tulisan bentuk  pelaksanaan Yadnya dalam kitab Ramayana
·    Membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto kegiatan pelaksanaan Yadnya, menonton film Ramayana
·         
Tugas:
Membuat ringkasan  materi Yajňa yang terkandung dalam kitab Ramayana

Observasi:
Mengumpulkan hasil mengamati pelaksanaan  Yajňa yang terkandung dalam kitab Ramayana dan dalam masyarakat

Portofolio:
Membuat laporan  pelaksanaan Yajňa yang terkandung dalam kitab Ramayana di masyarakat

Tes
tertulis , lisan nilai-nilai Yadnya
6 mg x 3 jp
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab Ramayana

3.2 Menyebutkan ajaran Upaveda sebagai tuntunan hidup

4.2 Menalar Upaveda sebagai tuntunan hidup
Ajaran Upaweda
Mengamati:
·    Peserta didik mendengarkan dengan seksama penjelasan Upaweda
·    Peserta didik mengamati penerapan Upaweda dalam kehidupan

Menanya:
·    Peserta didik menayakan bagian-bagian Upaweda
·    Pendidik menunjukkan pentingnya penerapan Upaweda dalam kehidupan

Mengeksplorasi:
·    Peserta didik membuat  struktur dalam bentuk peta konsep bagian-bagian Upaweda
·    Pendidik mencontohkan sari-sari Itihasa yang berkaitan dengan kehidupan

Mengasosiasi:
·    Peserta didik membuat  Sipnosis cerita Ramayana dan Mahabharata bagian dari Upaweda  
·    Peserta didik mengenal tokoh-tokoh yang Dharma  dan Adharma dalam Itihasa

Mengomunikasikan:
·    Peserta didik menyampaikan dalam bentuk tulisan bermain peran seperti tokoh-tokoh yang terdapat dalam Ramayana dan Mahabharata
·    Membuat dalam bentuk gambar-gambar, peta Konsep, Diagram bagian-bagian dari Upaweda

Tugas:
Membuat ringkasan dan peta konsep Upaveda

Observasi:
Menuliskan hasil mengamati pelaksanaan  Upaveda dalam masyarakat Hindu setempat

Portofolio:
Membuat laporan  pelaksanaan dan penerapan Upaveda dalam masyarakat


Tes:
 tertulis , lisan materi Upaweda
6 mg x 3 jp
§ Kitab Weda
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Dharmasastra
3.3   Menjelaskan hakekat Padewasan (wariga) dalam kehidupan umat Hindu.
4.3  Mempraktekkan cara menentukan padewasan (wariga) dalam kehidupan umat Hindu
Hakekat Padewasan
Mengamati:
·    Peserta didik menyimak penjelaskan hakekat Padewasan dalam kehidupan masyarakat
·    Peserta didik mengamati klender Hindu dalam rangka pemahaman penerapan Padewasan (Wariga)

Menanya:
·    Peserta didik menanyakan cara-cara menentukan Pedewasan agar segala sesuatu yang dikerjakan berhasil dengan baik
·    Peserta didik menanya dampak baik dan negative terhadap penerapan Padewasan (Wariga)
·         
Mengeksplorasi:
·    Peserta didik mengumpulkan data macam-macam pedewasan, baik untuk Upacara keagamaan maupun dalam kegiatan kemasyarakatan
·    Mengumpulkan data-data untuk mendukung penerapan Padewasan (Wariga)

Mengasosiasi:
·    Peserta didik menentukan manfaat Padewasan dan akibat baik dan buruknya dalam pelaksanaanya
·    Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Padewasan (Wariga)

Mengomunikasikan:
·    Peserta didik menyampaikan  hasil belajar  dalam bentuk tulisan dampak positf dan negative dalam pelaksanaan Padewasan
·    Membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto kegiatan yang dilakukan sesuai dengan Penerapan Padewasan
Tugas:
·   Membuat ringkasan  Padewasan (wariga)
·   Menulisakan Pawukon dan Sasih secara berurutan

Observasi:
Menuliskan hasil mengamati pelaksanaan  Padewasan (wariga) dalam masyarakat Hindu sesuai dengan daerah setempat

Portofolio:
Membuat laporan  pelaksanaan Padewasan (wariga) dalam masyarakat Hindu sesuai dengan daerah setempat

Tes:
 tertulis , lisan materi Wariga / padewasan
6 mg x 3 jp
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§  Kitab Wariga
§  Kelender Hindu
3.4   Menjelaskan ajaran Dharsana dalam agama Hindu
4.4   Menalar ajaran Dharsana sabagai bagian dalam filsafat Hindu


Ajaran Dharsana
Mengamati:
·    Peserta didik menyimak dengan saksama penjelasan Dharsana
·    Peserta didik mendengarkan pendidik menjelaskan  yang ditonjolkan masing-masing bagian Dharsana

Menanya:
·    Peserta didik menanyakan bagian-bagian Dharsana
·    Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyebutkan tokoh-tokoh utama dari Dharsana

Mengeksplorasi:
·    Peserta didik mengumpulkan data tokoh-tokoh utama yang  berperan dalam Dharsana
·    Mengumpulkan sumber-sumber sastra untuk mendukung Dharsana

Mengasosiasi:
·    Peserta didik mendiskusikan persamaan dan perbedaan pandangan dalam ajaran Dharsana
·    Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam ajaran Dharsana

Mengomunikasikan:
·    Peserta didik menyampaikan dalam bentuk tulisan hakekat ajaran Dharsana berkaitan dengan Sradha dalam Agama Hindu
·    Membuat dalam bentuk bagan yang memuat hal-hal yang ditonjolkan dari masing-masing Sad Dharsana
Tugas:
Peserta didik membuat ringkasan  Dharsana

Observasi:
Membuat hasil mengamati pemahaman  Dharsana dalam masyarakat Hindu

Portofolio:
Membuat laporan  pandangan  Dharsana dan tanggangapannya terhadap Weda sebagai ajaran Hindu

Tes:
tertulis , lisan Filsafat Dharsana
6 mg x 3 jp
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Dharmasastra
§ Kitab Dharsana
3.5   Menjelaskan ajaran Catur Asrama
4.5  Mempraktekkan manfaat
  menjalani ajaran Catur Asrama    
  dalam kehidupan
Catur Asrama
Mengamati:
·    Peserta didik menyimak dengan seksama penjelasan ajaran Catur Asrama
·    Peserta didik membaca manfaat menjalani tahapan hidup dalam Catur Asrama

Menanya:
·    Peserta didik menanyakan bagian-bagian Catur Asrama
·    Pendidik memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik kewajiban yang harus dilakukan terhadap orang yang melaksanakan tahapan hidup sesuai dengan ajaran Catur Asrama

Mengeksplorasi:
·    Peserta didik mengungkapkan contoh kewajiban dari masing-masing bagian Catur Asrama
·    Mengumpulkan data-data dimasyarakat pelaksanaan ajaran Catur Asrama

Mengasosiasi:
·    Mendiskusikan kewajiban dan tanggung jawab dalam bagian-bagian Catur Asrama  bila dihubungkan dengan budaya, adat istiadat, dalam kehidupan global
·    Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Catur Asrama dalam masyarakat

Mengomunikasikan:
·    Peserta didik menyampaikan dalam bentuk tulisan manfaat dan tanggungjawab masing-masing bagian Catur Asrama
·    Membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto kegiatan yang dilakukan sesuai dengan swadharma masing-masing tahapan hidup dalam Catur Asrama

Tugas:
·   Peserta didik membuat ringkasan  Catur Asrama
·   Peserta didik menuliskan hak dan kewajiban sesuai denga masa Brahmacaria

Observasi:
Membuat hasil mengamati pemahaman dan pelaksanaan  Catur Asrama dalam masyarakat Hindu sesuai dengan budaya Hindu daerah setempat

Portofolio:
Membuat laporan  pelaksanaan   Catur Asrama berkaitan dengan hak dan kewajiban sebagai umat Hindu  dalam masyarakat setempat, dan bagian dari hidup berbangsa dan bernegara

Tes
Tertulis , lisan Catur Asrama
6 mg x 3 jp
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Manawadharmasastra
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita

3.6   Menjelaskan perilaku gotong royong dan kerjasama, serta berinteraksi secara efektif  dengan menjalankan ajaran Catur Warna sesuai sastra Hindu
4.6 Menyaji masing-masing fungsi  Catur Warna dalam masyarakat
Catur Warna
Mengamati:
·    Peserta didik menyimak dengan seksama ajaran Catur Warna
·    Peserta didik mendengarkan pendidik menjelaskan peran Catur Warna dalam fungsi dan tugasnya dalam masyarakat

Menanya:
·    Peserta didik menanyakan penjelasan bagian-bagian Catur Warna
·    Pendidik memberikan kesempatan untuk memjawab perbedaan Catur Warna dengan Catur Kasta

Mengeksplorasi:
·    Mengungkapkan contoh kewajiban dari masing-masing bagian Catur Warna
·    Mengumpulkan data-data pendukung pelaksanaan Catur Warna dalam kehidupan 

Mengasosiasi:
·    Mendiskusikan hubungan peran masing-masing Warna menurut agama Hindu bila dihubungkan dengan budaya adat istiadat, dan kehidupan global
·    Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Catur Warna dalam masyarakat

Mengomunikasikan:
·    Peserta didik menyampaikan dalam bentuk tulisan peranan dan tanggungjawab masing-masing Warna sesuai ajaran Catur Warna dalam masyarakat, adat budaya, hidup berbangsa dan bernegara
·    Membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto kegiatan yang dilakukan sesuai dengan swadharma masing-masing Warna

Tugas:
·   Peserta didik membuat ringkasan  Catur Warna
·   Peserta didik mengidentipikasi pelaksanaan Catur Warna dalam masyarakat dan dalam hubungan hidup berbangsa dan bernegara

Observasi:
Membuat hasil mengamati pemahaman dan pelaksanaan  Catur Warna dalam masyarakat Hindu dalam kerangka tegaknya NKRI

Portofolio:
Membuat laporan  pelaksanaan   Catur Warna dan tanggangapannya dalam masyarakat


Tes: 
tertulis , lisan materi Catur Warna
6 mg x 3 jp
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Manawadharmasastra
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita



SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SMA/SMK

Satuan Pendidikan         :  SMA

Kelas                               :  XI

Kompetensi Inti              : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1  Membiasakan mengucapkan salam agama Hindu
1.2 Membiasakan mengucapkan dainika upasana (doa sehari-hari).






2.1 Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).
2.2 Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati  (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang Widhi






3.1 Menjelaskan pengertian dan pelaksanaan Yoga menurut Sastra Hindu.
4.1 Mempraktikkan sikap-sikap yoga
Yoga menurut Agama Hindu
Mengamati:
·    Peserta didik mendengarkan pendidik menjelaskan Astangga Yoga
·    Pendidik menunjukkan contoh sikap-sikap Yoga dan peserta didik menirukan atau memperagakan dengan benar

Menanya:
·    Peserta didik menanyakan manfaat Hatta Yoga dan Yoga Asanas dalam kehidupan
·    Pendidik memberikan kesempatan secara bergantian memperagakan Astangga Yoga

Mengeksplorasi:
·    Peserta didik mempresentasikan  bebarapa bagian tahapan Astangga Yoga
·    Mengumpulkan data-data manfaat melaksanakan Astangga Yoga dalam kehidupan

Mengasosiasi:
·    Mengungkapkan contoh masing-masing bagian dalam Astangga Yoga
·    Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Astangga Yoga maupun dalam praktek-praktek Yoga

Mengomunikasikan:
·    Peserta didik membuat hasil laporan dan kesimpulan manfaat melaksanakan Yoga terhadap kesehatan jasmani dan rohani
·    Peserta didik membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto kegiatan latihan Yoga

Tugas:
·   Membuat ringkasan materi Yoga
·   Mempraktekkan Yoga dan meditasi dalam kehidupan sehari-hari

Observasi:
Mengumpulkan hasil pengamatan pelaksanaan  praktek Yoga dan Meditasi dalam masyarakat

Portofolio:
Peserta didik membuat laporan  manfaat latihan Yoga dan tanggapan negative terhadap ajaran Yoga

Tes:
tertulis , lisan materi Yoga
4 mg x 3 jp
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab Yoga Patanjali

3.2 Memahami hakekat dan nilai-nilai Yajňa yang terkandung dalam kitab Mahabharata
4.2 Mempraktikkan pelaksanaan yadnya menurut kitab Mahabharata dalam kehidupan.
Nilai-nilai yadnya dalam Mahabharata
Mengamati:
·    Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik tentang Yadnya dalam Mahabharata
·    Peserta didik mendengarkan cuplikan singkat cerita Mahabharata berkaitan dengan pelaksanaan Yadnya

Menanya:
·    Peserta didik menanyakan nilai-nilai Yadnya yang terkandung dalam  Mahabharata
·    Pendidik memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik hubungan panca yadnya dengan Pelaksanaan yadnya dalam zaman Mahabharata

Mengeksplorasi:
·    Peserta didik mempresentasikan tentang Yadnya dalam kitab  Mahabharata
·    Mengumpulkan data-data pelaksanaan Yadnya yang ada kaitannya dengan Mahabharata

Mengasosiasi:
·   Peserta didik menganilsis hubungan  panca Yadnya dengan Yadnya dalam Mahabharata
·   Menyimpulkan hasil analisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam pelaksanaan Yadnya

Mengomunikasikan:
·    Peserta didik menyapaikan hasil belajar dalam bentuk tulisan persamaan dan perbedaan Panca yadnya dengan Yadnya dalam Mahabharata
·    Peserta didik membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto kegiatan upacara Yadnya
Tugas:
·   Peserta didik membuat ringkasan ajaran   Yadnya dalam Mahabharata
·   Peserta didik membuat sarana Yadnya sesuai dengan daerah setempat

Observasi:
Mengumpulkan kliping yang berkaitan dengan Panca Yadnya hasil mengamati  pelaksanaan Yadnya dimasyarakat

Portofolio:
Membuat laporan pelaksanaan  Yadnya  sesuai dengan kondisi masyarakat setempat

Tes:
tertulis , lisan materi Yadnya dalam Mahabharata
4 mg x 3 jp
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab Mahabharatha

3.3 Memahami ajaran Catur Marga sebagai jalan berhubungan dengan Sang Hyang Widhi
4.3 Mempraktikan sikap melaksanakan Catur Marga
Catur Marga
Mengamati:
·     Peserta didik mencermati Pendidik menjelaskan  Catur Marga Yoga
·     Pendidik memberikan contoh bentuk perbuatan / kerja dalam Catur Marga Yoga

Menanya:
·     Peserta didik mengungkapkan contoh masing-masing bagian dari Catur Marga Yoga
·     Pendidik memberikan pertanyaan kepada peserta didik nama orang yang menjalani masing-masing bagian dari Catur Marga

Mengeksplorasi:
·     Peserta didik mempresentasikan tentang Catur Marga Yoga
·     Mengumpulkan data-data untuk mendukung pelaksanaan Catur Marga dalam kehidupan masyarakat Hindu

Mengasosiasi:
·    Peserta didik melihat disekitarnya perilaku masyarakat yang melaksanakan ajaran Catur Marga
·    Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam pengamalan Catur Marga Yoga oleh masyarakat Hindu

Mengomunikasikan:
·    Peserta didik menyapaikan hasil belajar secara tertulis penerapan  ajaran Catur Marga dalam kehidupan bermasyarakat
·    Peserta didik membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto kegiatan pengamalan Catur Marga Yoga
Tugas:
·   Membuat ringkasan  Catur Marga
·   Mengumpulkan dalam bentuk gambar/foto masing-masing bagian catur Marga

Observasi:
Mengumpulkan hasil mengamati pelaksanaan  Catur Marga  dalam masyarakat

Portofolio:
Membuat laporan pelaksanaan  Catur Marga dalam masyarakat sesuai dengan budaya, adat istiadat setempat


Tes:
tertulis , lisan Catur Marga
4 mg x 3 jp
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab Manawadharmasastra

3.4 Menjelaskan ajaran Wibuthi Marga dalam kehidupan
4.4 Menyaji ajaran Wibuthi Marga dalam kehidupan
Wibuthi Marga
Mengamati:
·    Peserta didik mengamati penjelaskan pendidik  ajaran  Wibhuti  Marga
·    Peserta didik mendengar peserta didik lainnya membaca Wibhuti Marga

Menanya:
·    Peserta didik menanyakan hakekat  Wibhuti  Marga dalam kehidupan
·    Pendidik memberikan contoh penerapan Wibhuti Marga dalam kehidupan sehari-hari
                    
Mengeksplorasi:
·     Peserta didik mempresentasikan manfaat  melaksanakan Wibhuti Marga
·     Mengumpulkan data-data untuk mendukung penerapan Wibhuti Marga dalam kehidupan

Mengasosiasi:
·     Memberikan contoh kongkrit penerapan Wibhuti Marga dalam kehidupan
·     Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Wibhuti Marga oleh masyarakat Hindu

Mengomunikasikan:
·     Peserta didik menyampaikan  hasil belajar  dalam bentuk tulisan hasil penerapan  Wibhuti Marga dalam kehidupan sehari-hari
·     Membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto hasil pengamalan Wibuthi Marga dalam kehidupan
Tugas:
Membuat ringkasan  materi Wibhuti Marga

Observasi:
Mengumpulkan hasil mengamati pelaksanaan  Wibhti Marga dalam masyarakat

Portofolio:
Membuat laporan  pelaksanaan dan manfaat Wibhuti Marga dalam masyarakat

Tes
tertulis , lisan ajaran Wibuthi Marga
4 mg x 3 jp
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab Manawadharmasastra

3.5 Menjelaskan kitab Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu
4.5 Mempraktikan ajaran Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu
Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu

Mengamati:
·    Peserta didik mendengar pembacaan kitab Manawadharmasastra sebagai kitab hokum Hindu
·    Peserta didik mengamati pembacaan sloka kitab Manawadharmasastra sebagai kitab hokum Hindu

Menanya:
·    Pendidik menanyakan kepada peserta didik sumber-sumber hokum Hindu
·    Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik menjelaskan termasuk dalam sumber Hukum Hindu

Mengeksplorasi:
·     Peserta didik mempresentasikan Hukum Hindu dalam kitab Dharmasastra
·     Mengumpulkan data-data dalam penerapan hokum Hindu untuk terwujudnya masyarakat yang damai, adil dan makmur

Mengasosiasi:
·   Peserta didik menganalisis perbedaan kualitas Hukum Hindu dengan hokum  buatan Manusia
·   Menyimpulkan dari hasil analisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Manawa Dharma Sastra sebagai kitab Hukum Hindu

Mengomunikasikan:
·    Peserta didik menyampaikan  hasil secara lisan dan bergantian kualitas Hukum Hindu dengan hokum  buatan Manusia
·    Peserta didik membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto upaya mematuhi atau taat terhadap Hukum Hindu maupun Hukum Nasional
Tugas:
·   Peserta didik membuat ringkasan materi Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu
·   Menuliskan beberapa sloka yang berhubungan dengan Hukum Hindu

Observasi:
Membuat hasil mengamati penerapan Manawadharmasastra sebagai  Hukum Hindu

Portofolio:
Membuat laporan penerapan Manawadharmasastra sebagai Hukum Hindu dalam masyarakat setempat

Tes:
tertulis , lisan Manawa Dharma Sastra sebagai kitab hukum Hindu

6 mg x 3 jp
§  Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§  Kitab Sarasamuscaya
§  Kitab Bhagavadgita
§  Kitab Manawadharmasastra

3.6 Menjelaskan nilai-nilai ajaran Niwerti dan Prawerti Marga dalam kehidupan
4.6 Menalar nilai-nilai ajaran Niwerti dan Prawerti Marga dalam kehidupan
Niwerti dan Prawerti Marga
Mengamati:
·   Peserta didik mendengarkan pembacaan ajaran Niwerti dan Prawerti Marga
·   Peserta didik menyimak pembacaan Niwerti dan Prawerti Marga  

Menanya:
·    Peserta didik menanyakan bagian-bagian ajaran Niwerti dan Prawerti Marga
·    Peserta didik menanyakan persamaan dan perbedaan Niwerti dan Prawerti Marga

Mengeksplorasi:
·    Peserta didik melakukan observasi berkaitan ajaran Niwerti dan Prawerti Marga di Sekolah
·    Mengumpulkan data-data untuk mendukung  pelaksanaan Niwerti dan Prawerti Marga di masyarakat

Mengasosiasi:
·     Peserta didik menganalisis dampak sesudah dan sebelum memahami ajaran  Niwerti dan Prawerti Marga
·     Menyimpulkan dari  hasil analisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Niwerti Marga dan Prawerti Marga

Mengomunikasikan:
·     Peserta didik menyimpulkan hasil  kualitas sikap hidup masyarakat dalam penerapan Niwerti dan Prawerti Marga
·     Membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto contoh penerapan Niwerti dan Prawerti Marga
Tugas:
Peserta didik membuat ringkasan materi Niwerti dan Prawerti Marga

Observasi:
Membuat hasil pengamatan penerapan Niwerti dan Prawerti Marga dalam kehidupan

Portofolio:
Membuat laporan penerapan Niwerti dan Prawerti Marga dalam masyarakat Hindu sesuai dengan budaya dan adat daerah setempat

Tes:
tertulis , lisan  Niwerti dan Prawerti Marga

5 mg x 3 jp
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Kitab Manawadharmasastra

3.7 Memahami hakekat ajaran Catur Purusarta dalam kehidupan sehari-hari
4.7 Mempraktekan perilaku jujur, disiplin, peduli dan ramah dengan menjalankan ajaran Catur Purusarta dalam kehidupan sehari-hari
Catur Purusartha
Mengamati:
·     Peserta didik mengamati pembacaan ajaran Catur Purusartha
·     Peserta didik menyimak pembacaan Catur Purusartha  

Menanya:
·     Peserta didik mengungkapkan contoh masing-masing bagian Catur Purusa Artha
·     Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan contoh masing-masing bagian Catur Purusartha

Mengeksplorasi:
·    Peserta didik mempresentasikan ajaran Catur Catur Purusarta
·    Mengumpulkan data-data untuk mendukung  terwujudnya pengamalan Catur Purusartha dalam kehidupan


Mengasosiasi:
·     Peserta didik menganlisis hubungan masing-masing bagian Catur Purusartha dalam praktek kehidupan
·     Menyimpulkan hasil dari analisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Catur Purusartha
dalam kehidupan

Mengomunikasikan:
·      Peserta didik menyampaikan  hasil   belajar dalam bentuk tulisan menerapkan Catur Purusartha dalam kehdidupan 
·      Membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto contoh penerapan Catur Purusartha
Tugas:
Peserta didik membuat ringkasan materi Catur Purusarta

Observasi:
Membuat hasil mengamati pelaksanaan Catur Purusartha dalam masyarakat untuk mencapai kebahagiaan jasmani dan rohani

Portofolio:
Membuat laporan hakekat Catur Purusartha dalam masyarakat dan terwujudnya Moksartham jagadhita ya ca iti Dharma

Tes:
tertulis , lisan materi Catur Purusarta

4 mg x 3 jp
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Manawadharmasastra

3.8 Menjelaskan perilaku bertanggungjawab, peduli, santun dan cinta damai, untuk menciptakan keluarga yang rukun bahagia dan sejahtera sesuai ajaran wiwaha.
4.8 Menyaji perilaku bertanggungjawab, peduli, santun dan cinta damai, untuk menciptakan keluarga yang rukun bahagia dan sejahtera sesuai ajaran wiwaha.
Wiwaha.
Mengamati:
·     Peserta didik melihat gambar-gambar bentuk Wiwaha ( perkawinan ) sesuai dengan budaya Hindu daerah setempat
·     Menyimak pembacaan wiwaha dengan saksama sehingga dengan mudah untuk memahaminya

Menanya:
·    Peserta didik menanyakan bagiamana bentuk-bentuk wiwaha sesuai dengan budaya daerah setempat
·   Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan contoh bentuk-bentuk wiwaha


Mengeksplorasi:
·    Peserta didik mempresentasikan  Wiwaha    (Perkawinan)
·    Mengumpulkan data-data untuk mendukung  terwujudnya perkawinan yang harmonis, bahagia dan sejahtera dan langgeng dalam keluarga

Mengasosiasi:
·      Peserta didik menganalisis masing-masing kewajiban suami,istri dan anak dalam Wiwaha (Perkawinan)
·      Menyimpulkan hasil analisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam Wiwaha (Perkawinan)

Mengomunikasikan:
·      Peserta didik menyampaikan  hasil belajar dalam bentuk tulisan  manfaat melaksanakan Wiwaha
·      Membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto hidup bahagia dan sejahtera dalam membina keluarga
Tugas:
·   Peserta didik membuat ringkasan materi Wiwaha.
·   Peserta didik membuat konsep upaya menjaga perkawinan yang harmonis, langgeng dan saling mencintai

Observasi:
Mengumpulkan hasil mengamati pelaksanaan Wiwaha.antara daerah sesuai dengan budaya setempat

Portofolio:
Membuat laporan baik dan buruk yang terjadi  dalam Wiwaha pada kehidupan tradisional dengan masyarakat modern

Tes:
tertulis , lisan materi  Wiwaha.
5 mg x 3 jp
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita
§ Manawadharmasastra
§ Kitab Undang-Undang Perkawinan





SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SMA/SMK

Satuan Pendidikan         :  SMA

Kelas                               :  XII

Kompetensi Inti              : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1 Membiasakan mengucapkan salam agama Hindu
1.2 Membiasakan mengucapkan dainika upasana (doa sehari-hari).





2.1 Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).
2.2 Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati  (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang Widhi





3.1 Menjelaskan  ajaran Moksha dalam Susastra Veda
4.1 Menyaji Astangga Yoga untuk mencapai Moksa
Pengertian Moksa


Astangga Yoga
Mengamati:
·     Peserta didik menyimak peserta lain membaca buku yang menjelaskan Moksha
·     Mengamati pembacaan ajaran Moksha dan Astangga Yoga   

Menanya:
·    Peserta didik menanyakan contoh upaya menuju Moksha dan contoh ciri-ciri orang yang mencapai Moksha
·    Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan contoh orang-orang suci yang mencapai Moksha

Mengeksplorasi:
·    Peserta didik mempresentasikan hakekat Moksa baik dalam kehidupan nyata dan sesudah meninggal
·    Mengumpulkan data-data untuk mendukung  terwujudnya Moksartham Jagadhita ya ca Iti Dharma

Mengasosiasi:
·      Peserta didik menganalisis macam-macam Moksha
·      Menyimpulkan dari hasil analisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam upaya mencapai Moksha

Mengomunikasikan:
·     Menyampaikan  hasil   dalam bentuk tulisan   hakekat Moksha
·     Membuat karikatur atau dalam bentuk gambar-gambar dalam pelaksanaan Astangga Yoga
Tugas:
Peserta didik berlatih meditasi,   dan  berlatih sikap-sikap Yoga

Observasi:
Mengumpulkan hasil mengamati manfaat Yoga baik secara jasmani dan rohani

Portofolio:
Mengumpulkan gambar-gambar sikap Yoga

Tes:
 tes tertulis , lisan materi Moksha dan Astangga Yoga
4 mg x 3 jp
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Bhagawadgita
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Yoga Patanjali
3.2 Menyebutkan  sumber-sumber Hukum  Hindu  dalam Susastra Veda
4.2 Melantunkan sloka-sloka yang terkait dengan sumber hukum Hindu
Sumber-sumber Hukum Hindu


Mengamati:
·    Mengamati peserta didik membaca  sumber-sumber hukum Hindu
·    Menyimak pembacaan sumber-sumber Hukum Hindu   

Menanya:
·    Peserta didik menanyakan termasuk sumber-sumber hukum Hindu dan sumber hokum nasional
·    Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan contoh penerapan hokum Hindu di masyarakat

Mengeksplorasi:
·    Peserta didik mengobservasi aplikasi hukum Hindu dalam kehidupan dan budaya Hindu sesuai dengan budaya dan adat istiadat daerah setempat
·    Mengumpulkan data-data untuk mendukung  terwujudnya pelaksanaan Hukum Hindu dalam kehidupan masyarakat

Mengasosiasi:
·    Peserta didik menganalisis letak persamaan dan perbedaan hokum Hindu dengan hokum Nasional
dalam rangka menciptakan rasa keadilan dan kedamaian masyarakat
·    Menyimpulkan dari hasil analisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Hukum Hindu

Mengomunikasikan:
·    Peserta didik menyampaikan hasil belajar  dalam bentuk tulisan upaya menghormati dan mentaati semua produk Hukum yang berlaku
·   Membuat dalam bentuk gambar / foto pembacaan sloka-sloka yang berkaitan dengan hukum Hindu

Tugas:
Peserta didik membuat ringkasan contoh pelaksanaan Hukum Hindu dalam masyarakat Hindu setempat

Observasi:
 Mengumpulkan hasil mengamati pelaksanaan Hukum Hindu dalam masyarakat

Portofolio:
Membuat laporan pelaksanaan Hukum Hindu dan Hukum nasional  dalam masyarakat agar terwujudnya keadilan dan kedamaian

Tes:
Tes tertulis , lisan sumber-sumber Hukum  Hindu
4 mg x 3 jp
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Manawa Dharmasastra
§ Kitab Slokantara
3.3 Menjelaskan kebudayan Prasejarah dan Sejarah,  toeri-teori masuknya agama Hindu di Indonesia
4.3 Menyaji bukti-bukti prasejarah dan sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia
·    Kebudayaan prasejarah dan Sejarah
·    Teori masuknya Agama Hindu
·    Bukti-bukti sejarah perkembangan Agama Hindu
Mengamati:
·    Peserta didik menyimak, pembaca buku  pelajaran dan sejarah kebudayaan.
·    Peserta didik mengamati dengan saksama peninggalan Prasejarah dan sejarah agama Hindu.

Menanya:
·    Peserta didik mengidentifikasi  bukti-bukti  tertulis maupun monumental dari sejrah agama Hindu dan sejarah Nasonal
·    Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan contoh-contoh bukti prasejarah dan sejarah perkembangan agama Hindu

Mengeksplorasi:
·    Mempresentasikan bukti-bukti dan perkembangan pengaruh Hindu dari India ke Indonesia
·    Mengumpulkan data-data untuk mendukung  perkembangan agama Hindu di Indonesia

Mengasosiasi:
·    Peserta didik menganalisis perkembangan sebelum dan sesudah masuknya agama Hindu dan perkembangannya di zaman sekarang ini
·    Menyimpulkan hasil analisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam mendapatkan bukti-bukti masuknya dan peradaban sejarah agama Hindu di Indonesia

Mengomunikasikan:
·   Menyampaikan hasil belajar  dalam bentuk tulisan pengaruh perkembangan agama Hindu dan peran serta masyarakat Hindu terhadap pembangunan Nasional
·   Peserta didik membuat dalam bentuk gambar-gambar/ foto bukti peninggalan Agama Hindu

Tugas:
Peserta didik membuat ringkasan Prasejarah dan sejarah masuknya agama Hindu di indonesia

Observasi:
Mengumpulkan hasil mengamati  letak perbedaan prasejarah dengan sejarah

Portofolio:
Buat laporan tertulis bukti-bukti sejarah perkembangan agama Hindu baik berupa sastra dan monumental yang menjadi warisan budaya Dunia

Tes:
tes tertulis , lisan kebudayan Prasejarah dan Sejarah,  toeri-teori  dan  bukti-bukti masuknya agama Hindu
4 mg x 3 jp
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Buku Sejarah Nasional

3.4 Menjelaskan ajaran Yantra, Tantra dan Mantra
4.4 Mempraktekkan ajaran Yantra, Tantra dan Mantra dalam kehidupan
Yantra,,Tantra dan Mantra
Mengamati:
·   Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik tentang  Yantra, Tantra dan Mantra
·   Peseta didk mengamati berbagai macam bentuk gambar-gambar Yantra

Menanya:
·   Peserta didik menanyakan manfaat Yantra, Tantra dan Mantra dalam kehidupan baik dalam kaitan dengan upacara keagamaan dan kehidupan social
·   Pendidik membimbing peserta didik membuat bentuk-bentuk Yantra dan Tantra
Mengeksplorasi:
·   Peserta didik dapat menggambar macam-macam Yanta dan Tantra , Mantra
·   Mengumpulkan sumber data untuk mendukung  terwujudnya pengamalan Yanta dan Tantra , Mantra dalam kehidupan

Mengasosiasi:
·    Peserta didik menyimpulkan hubungan Yantra, Tantra dan Mantra
·    Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam pemahaman ajaran Yantra, Tantra dan Mantra

Mengomunikasikan:
·    Menyampaikan hasil belajar  dalam bentuk tulisan manfaat mempelajari Yantra, Tantra dan Mantra dalam keidupan
·    Peserta didik membuat Gambar-gambar Yantra, Tantra serta mantra sebagai sarana mendekatkan diri kepada Sang Hyang Widhi

Tugas:
Peserta didik membuat ringkasan dan Gambar Yantra, Tantra dan Mantra

Observasi:
Mengumpulkan hasil melihat contoh-contoh Yantra, Tantra dan Mantra

Portofolio:
Buat laporan manfaat Tantra, Yantra dan Mantra bagi masyarakat Hindu dan masyarakat umumnya

Tes:
 Tes tertulis , lisan materi Yantra, Tantra dan Mantra

5 mg x 3 jp
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Buku Yantra, Tantra, dan Mantra

3.5 Menjelaskan  ajaran  Nawa Widha  Bhakti
4.5 Mempraktekkan ajaran Nawa Widha  Bhakti sebagai ajaran sikap hidup yang positif dalam kehidupan
Nawa Widha Bhakti
Mengamati:
·    Peserta didik mengamati peserta lainya membacakan ajaran Nawa Widha Bhakti
·    Peserta didik menyimak Pendidik menjelaskan Nawa Widha Bhakti

Menanya:
·    Peserta didik menayakan  hakekat ajaran Nawa Widha Bhakti dalam kehidupan
·    Pendidik memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik tujuan ajaran Nawa Widha Bhakti

Mengeksplorasi:
·    Peserta didik mempresetasikan bagian-bagian Nawa Widha Bhakti
·    Menganalisis hakekat ajaran Nawa Widha Bhakti

Mengasosiasi:
·    Menyimpulkan pengaruh positif ajaran Nawa Widha Bhakti
·    Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan ajaran Nawa Widha Bhakti

Mengomunikasikan:
·   Peserta didik menyampaikan hasil belajar  dalam bentuk tulisan hakekat ajaran Nawa Widha Bhakti menurut ajaran agama Hindu
·   Membuat Gambar-gambar atau foto hasil penerapan Nawa Widha Bhakti
Tugas:
Peserta didik membuat ringkasan ajaran Widha Bhakti
Observasi:
Mengumpulkan data hasil mengamati  manfaat ajaran Widha Bhakti

Portofolio:
Buat laporan tertulis manfaat Nawa Widha Bhakti dalam kehidupan

Tes:
Tes tertulis , lisan ajaran Nawa Widha  Bhakti
4 mg x 3 jp
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Sarasamuscaya
§ Kitab Bhagavadgita

3.6 Menjelaskan ajaran Tri Purusha
4.6 Menalar ajaran Tri Purusha sebagai manifestasi Ida Sang Hyang Widhi
Tri Purusha

Mengamati:
·     Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik dari ajaran  Tri Purusa
·     Peserta didik membaca Tri Purusa dan memahami ajaran Tri Purusa

Menanya:
·     Peserta didik menanyakan bagian-bagian Tri Purusa
·     Pendidik memberikan kesempatan menjawab perbedaan masing bagaian Tri Purusa

Mengeksplorasi:
·      Peserta didik mempresentasikan Tri Purusa manifestasi  Sang Hyang Widhi yang Tunggal
·      Mengumpulkan sumber-sumber kitab yang menjelaskan Tri Purusa

Mengasosiasi:
·   Menghubungkan kekuasaan masing-masing bagian Tri Purusa
·   Peserta didik menyimpulkan Kekuasan Sang Hyang Widhi sebagai Tri Purusa

Mengomunikasikan:
·    Peserta didik menyampaikan hasil belajar  dalam bentuk tulisan fungsi masing-masing bagian Tri Purusa yang merupakan Kekuasaan Sang Hyang Widhi
·    Peserta didik membuat Gambar-gambar menggambarkan kekuasaan dan keesaan Sang Hyang Widhi
Tugas:
Peserta didik meringkas materi Tri Purusha

Observasi:
Mengumpulkan hasil mengamati hakekat masing-masing bagian Tri Purusa

Portofolio:
Peserta didik membuat laporan tertulis perbedaan dari bagian-bagian Tri Purusha yang merupakan perwujudan Sang Hyang Widhi yang Esa

Tes:
tes tertulis, lisan Tri Purusha
4 mg x 3 jp
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Widhi Tatwa

3.7 Menerapkan sikap disiplin, peduli dan bertanggungjawab sesuai dengan ajaran Dasa Yama Bratha
4.7 Mempraktekan  ajaran Dasa Yama Bratha dalam kehidupan sehari-hari
Dasa Yama Bratha
Mengamati:
·    Peserta didik menyimak paparan ajaran Dasa Yama Bratha
·    Peserta didik mengamati sikap perilaku temannya yang sesuai dengan Dasa Yama Bratha

Menanya:
·    Peserta didik menanyakan penjelasan bagian-bagian Dasa Yama Bratha
·    Pendidik memberikan kesempatan menjawab hakekat Ahimsa dalam upaya menjaga keseimbangan dan kedamaian dalam kehidupan

Mengeksplorasi:
·   Mengumpulkan data contoh sikap hidup sesuai dengan Dasa Yama Bratha
·   Mengumpulkan sumber-sumber / kitab untuk mendukung  terwujudnya Dasa Yama Bratha

Mengasosiasi:
·      Menyimpulkan manfaat ajaran Dasa Yama Bratha
·      Menganalisis berbagai macam hal yang dihadapi dalam penerapan Dasa Yama Bratha

Mengomunikasikan:
·      Peserta didik menyampaikan hasil belajar  dalam bentuk tulisan tujuan masing-masing bagian Dasa Yama Bratha
·       Membuat karikatur pengamalan ajaran Dasa Yama Brathha

Tugas:
Peserta didik membuat ringkasan materi Dasa Yama Bratha

Observasi:
Mengumpulkan hasil pengamatan  penerapan Dasa  Yama Bratha dalam kehidupan

Portofolio:
Membuat laporan contoh penerapan Dasa Yama Bratha dalam pembentukan kepribadian

Tes:
tes tertulis dan lisan
 Dasa Yama Bratha
5 mg x 3 jp
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Bhagawadgita
§ Kitab sarasamuscaya

3.8 Menerapkan sikap disiplin, peduli dan bertanggungjawab sesuai dengan ajaran Dasa Nyama Bratha
4.8 Mempraktekan  ajaran Dasa Nyama Bratha dalam kehidupan sehari-hari
Dasa Nyama Bratha
Mengamati:
·     Peserta didik menyimak paparan ajaran Dasa Nyama Bratha
·     Peserta didik mengamati sikap perilaku temannya yang sesuai dengan Dasa Nyama Bratha

Menanya:
·     Peserta didik menanyakan bagian-bagian Dasa Nyama Bratha
·     Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan contoh masing-masing bagian Dasa Nyama Bratha

Mengeksplorasi:
·    Mengumpulkan data contoh sikap hidup sesuai dengan Dasa Nyama Bratha
·    Mengumpulkan sumber-sumber / kitab untuk mendukung  terwujudnya Dasa Nyama Bratha dalam kehidupan

Mengasosiasi:
·     Menyimpulkan manfaat ajaran Dasa Nyama Bratha dalam pembentukan kerakter dan kepribadian sebagai umat Hindu
·     Menganalisa hubungan Dasa Nyama Bratha  dengan pembentukan kerakter

Mengomunikasikan:
·     Peserta didik menyampaikan hasil belajar  dalam bentuk tulisan tujuan masing-masing bagian Dasa Nyama Bratha
·     Membuat karikatur pengamalan ajaran Dasa Nyama Brathha

Tugas:
Peserta didik membuat ringkasan materi Dasa Nyama Bratha

Observasi:
Mengumpulkan hasil mengamati penerapan Dasa  Nyama Bratha dalam kehidupan

Portofolio:
Membuat laporan contoh penerapan Dasa Nyama Bratha dalam pembentukan mental spritual

Tes:
tes tertulis dan lisan
Dasa  Nyama Bratha

4 mg x 3 jp
§ Buku teks Pelajajaran Agama Hindu
§ Kitab Bhagawadgita
§ Kitab Sarasamuscaya




Sumber :  Materi Workshop Peningkatan SDM Pengelola Pasraman Se-Jawa Barat Oleh Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barata 5 Juli 2014, Lembang, Bandung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Antara Kesenian dan Agama

            Einstein menyatakan bahwa antara agama, seni dan ilmu memiliki keterkaitan dalam membangun hidup dan kehidupan manusia secara utuh. Agama mengarahkan hidup manusia, seni menghaluskan hidup, dan ilmu bertujuan memudahkan hidup manusia. Ketiga hal ini merupakan landasan budaya bagi setiap masyarakat yang religius atau mendasarkan dirinya pada nilai-nilai agama. Hal ini sejalan dengan definisi kebudayaan sebagaimana disampaikan oleh Koentjaraningrat (2002:9) bahwa kebudayaan adalah keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakan dengan belajar, beserta keseluruhan dari hasil budi dan karyanya itu. Kebudayaan memang merupakan sesuatu hal yang kompleks sehingga terlalu sulit untuk didefinisikan, bahkan beberapa orang mengidentikkan antara kebudayaan dan kesenian. Dalam kehidupan masyarakat Hindu di Bali, antara agama dan kesenian atau seringkali dikatakan dengan kebudayaannya sangat sulit untuk dibedakan...

Weda Sebagai Sumber Hukum Hindu

A. Pengertian Weda Weda merupakan kitab suci agama Hindu. Weda terbagi atas dua kelompok besar / samhita, yakni kitab Sruti dan Smerti. Kitab Weda Struti terbagi atas tiga kelompok yang terdiri atas kitab Mantra, Brahmana dan Upanisad. Masing-masing kelompok ini dibagi lagi atas sub-kelompok kitab. Kitab sub-kelompok Catur Samhita Weda yang paling dikenal oleh umat Hindu yakni Rg Weda, Sama Weda, Yajur Weda dan Atharwa Weda terdapat di dalam kelompok kitab Mantra Sruti. Kitab Weda Sruti Brahmana terbagi lagi dalam sub kelompok kitab Aitareya, Kausitaki, Tandya, Taittirya, Satapatha, Gopatha, dll. Kitab Weda Sruti Upanisad terdiri dari atas sub kelompok kitab Prashna, Mandukya, Chandogya, Kathawali, Isawasya, Pasupata dan lain-lain. Kitab Weda Smerti terbagi atas tiga sub kelompok juga, yakni kitab Wedangga, Upaweda dan Agama. Kitab Smerti Wedangga terdiri dari enam buah kitab, yakni kitab Siksha, Vyakarana, Chanda, Nirukta, Jyotisha, dan Kalpa. Kitab Smerti Upaweda terdiri atas ...

CARA MENGURUS AKTA PERKAWINAN BAGI UMAT HINDU

Bagaimana mengurus akta perkawinan bagi umat Hindu? Pertama, mohon Surat Pengantar RT/RW sesuai alamat KTP. Syaratnya cukup fotokopi KTP dan KK sebanyak dua rangkap. Satu rangkap untuk diserahkan ke RT, dan satu rangkap ke RW. Perlu juga disiapkan alamat dimana pencatatan perkawinan akan dilangsungkan, karena akan ditulis dalam maksud/keperluan dalam kolom pada surat pengantar dimaksud. Pastikan ada tanda tangan dan stempel RT dan RW. Kedua, mohon Surat Keterangan ke Kelurahan sesuai alamat KTP. Syaratnya : 1. KTP asli dan fotokopi 2. KK asli dan fotokopi 3. Akta Kelahiran asli dan fotokopi 4. Surat Pengantar RT/RW 5. Surat Pernyataan Belum Menikah 6. Surat Pernyataan Asal Usul 7. Materai 6000 8. Fotokopi KK dan KTP orangtua. Blangko Surat Pernyataan Belum Menikah disiapkan kelurahan, tinggal diisi datanya dan ditandatangani di atas materai 6000. Setelah ditandatangani lalu difotokopi, nanti yang diminta kelurahan hanya fotokopinya satu lembar. Kalau Surat Pernyataan As...