Oleh: Dwi Arisetia
Kelas : I (Satu)
Kompetensi
Inti :
KI 1
|
:
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaanTuhan dan
kegiatannya, dan enda-benda yang dijumpainya di rumah an di sekolah
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Membiasakan mengucapkan salam agama
Hindu
1.2
Membiasakan mengucapkan Dainika
Upasana (doa sehari-hari).
|
|||||
2.1
Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi
ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).
2.2
Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang
Widhi.
|
|||||
3.1.Memahami
ajaran Tri Kaya Parisudha sebagai tuntunan hidup
|
Tri Kaya parisduha
|
Mengamati
·
Menyimak dengan seksama paparan
pengertian Tri
Kaya Parisudha.
·
Peserta
didik mengamati gambar perilaku Tri Kaya Parisudha yang
tertuang dalam komik Ramayana.
·
Peserta
didik mengamati gambar perilaku Tri Kaya Parisudha yang
tertuang dalam komik Mahabharata.
Menanya
· Menanyakan bagian-bagian dari Tri
Kaya Parisudha.
· Menanyakan
perilaku Wacika, Manacika, dan Kayika Parisudha dalam kisah Ramayana.
· Menanyakan
perilaku Wacika, Manacika, dan Kayika Parisudha dalam kisah Mahabharata.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Melakukan
wawancara
(bertanya) di lingkungan
terdekat (teman, orang tua, kakak), manfaat melakukan Tri Kaya Parisudha.
·
Melakukan
wawancara
(bertanya) kepada orang tua contoh-contoh perbuatan Tri
Kaya Parisudha.
Mengasosiasikan
· Membuat
katagori (mengelompokkan) contoh perilaku Kayika, Wacika dan Manacika
Parisudha.
·
Merangkum (mengumpulkan) contoh perilaku Tri Kaya
Parisudha.
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan pengertian Tri Kaya Parisudha
· Menceritakan
perbuatannya yang terkait ajaran Tri Kaya Parisudha.
|
Tugas:
Peserta didik diminta mewarnai contoh gambar perilaku
Tri Kaya Parisudha.
Tes
Pendidik menanyakan kepada peserta didik apa pengertian Tri Kaya
Parisudha.
Observasi:
Peserta didik diminta melakukan pengamatan diluar kelas terkait
perilaku
Tri Kaya Parisudha dan menceritakan kembali hasil pengamatannya.
Portofolio
Pendidik meminta peserta didik membuat kliping
(menempel gambar-gambar terkait Tri Kaya Parisudha).
|
5 X 4 Jp
|
· Buku
Teks pelajaran Agama Hindu
· Buku Cerita
Tantri Kamandaka.
· Buku Komik
Ramayana
· Buku Komik
Mahabharata.
|
4.1
Mengamalkan Tri Kaya
Parisudha
|
|||||
3.2Mengenal Subha dan Asubha
Karma
|
Subha dan Asubha Karma
|
Mengamati:
·
Membaca buku teks pelajaran terkait pengertian, Subha dan
Asubha karma.
·
Mendengarkan secara seksama pengertian subha dan
asubha karma.
Menanya:
·
Menanyakan pengertian Subha dan Asubha Karma.
·
Menanyakan perilaku
Subha
Karma dan Asubha
Karma pada
Pendidik.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mengumpulkan ciri-ciri perbuatan Asubha Karma dalam cerita
Ramayana
dan Mahabharata.
·
Mengumpulkan ciri-ciri perbuatan Subha Karma dalam cerita
Ramayana
dan Mahabharata.
Mengasosiasikan
·
Mengelompokkan tokoh-tokoh dalam kitab Ramayana yang
tergolong tokoh baik dan tokoh tidak baik.
·
Mengelompokkan tokoh-tokoh dalam kitab Mahabharata
yang tergolong tokoh baik dan tokoh tidak baik.
Mengomunikasikan
· Menunjukkan
Video
Ramayana dan Mahabharata
yang berkaitan dengan perilaku Subha dan Asubha Karma.
·
Menyebutkan tokoh-tokoh penting dalam
kitab Ramayana dan kitab
Mahabharata.
|
Tugas:
Membuat
cerita tentang perbuatan yang tergolong Subha Karma.
Tes
Pendidik memberikan soal-soal tentang sejarah
perkembangan agama Hindu di Indonesi ajaran Subha dan asubha
Karma.
Observasi:
Melihat
perilaku teman yang tergolong Subha, dan Asubha karma, serta mencatatnya.
Portofolio
Peserta didik diminta membuat gambar orang berbuat baik.
|
5 X 4 Jp
|
· Buku
Teks pelajaran Agama Hindu
· Buku
Cerita Tantri
· Komik
Mahabharata
· Komik Ramayana
· VCD
Ramayana,
· VCD Mahabharata
|
4.2.Mempraktikkan perilaku jujur melalui ajaran
Subha Karma dan memperkecil ajaran Asubha Karma
|
|||||
3.3 Memahami Kitab suci Veda
|
Kitab Suci Veda
|
Mengamati
·
Membaca
buku teks pelajaran tentang pengertian antara kitab suci Veda dan buku biasa.
· Menyimak kitab suci
agama-agama yang ada di Indonesia, melalui visualisasi gambar.
Menanya
· Menanya
perbedaan antara Kitab Suci dengan buku biasa.
· Menanyakan
isi kitab suci Veda pada pendidik.
.Mengeksperimen/mengeksplorasikan
· Mengumpulkan
foto-foto atau gambar-gambar kitab suci agama-agama di Indonesia.
· Mengumpulkan
gambar-gambar buku
pelajaran, buku tulis, dan buku lainnya selain kitab suci
Mengasosiasikan
· Menyimpulkan
perbedaan
antara kitab suci dengan buku biasa.
· Merangkum
jenis-jenis buku
yang tergolong wahyu.
.
Mengomunikasikan
·
Menunjukkan buku-buku yang tergolong dalam kitab
suci.
·
Menyebutkan nama kitab suci agama-agama di Indonesia.
·
Menjelaskan
perbedaan buku biasa dengan kitab
suci.
|
Tugas
Peserta didik diminta mengerjakan latihan pada buku teks pelajaran
agama Hindu
Tes
Pendidik bertanya secara lisan dan tertulis terkait materi kitab suci Veda.
Observasi:
Peserta didik diminta mencatat nama-nama kitab suci Hindu yang ada di
Rumahnya.
Portofolio
Peserta didik diminta mewarnai gambar buku-buku kitab suci Veda.
|
5 X 4 Jp
|
· Buku
Teks pelajaran Agama Hindu
· Gambar-gambar
kitab suci.
· Gambar-gambar buku
biasa.
· Buku Upadesa
|
4.3
Menunjukkan perbedaan kitab-kitab suci agama Hindu, kitab-kitab suci agama di
Indonesia, dan buku biasa.
|
|||||
3.4
Memahami Dharmagita
|
Dharmagita
|
Mengamati:
· Membaca
buku teks pelajaran terkait materi Dharmagita
·
Menyimak dengan seksama pengertian Dharmagita
Menanya
·
Mempertanyakan
cara menghafalkan,dan melafalkan
lagu-lagu keagamaan.
·
Menanyakan cara belajar melafalkan Dharmagita.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
· Mengumpulkan
jenis-jenis lagu daerah untuk anak-anak.
·
Mencari informasi tentang berbagai jenis lagu anak - anak.
.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan
pentingnya dharmagita dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengelompokkan
antara lagu-lagu keagamaan dengan lagu
biasa.
Mengomunikasikan
· Menyebutkan
jenis-jenis Dharmagita
· Menyanyikan lagu
Sekar Rare.
· Menyebutkan
jenis-jenis lagu keagamaan dalam agama Hindu.
|
Tugas
Peserta didik diminta melafalkan salah satu lagu keagamaan di rumah.
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan secara lisan dan tertulis terkait
materi Dharmagita
Observasi
Peserta didik diminta mendengarkan dan mengamati orang yang sedang
melantunkan Dharmagita.
Portofolio
Peserta didik diminta membuat kliping lagu-lagu dolanan
anak daerah se Indonesia.
|
5 X 4 Jp
|
· Buku
Teks pelajaran Agama Hindu
· Buku
kidung panca Yadnya
· VCD Dolanan anak nusantara.
· Buku Upadesa
|
4.4
Mempraktikkan Dharmagita atau lagu keagamaan
Hindu
|
|||||
3.5
Memahami Mantram-mantram
agama Hindu
|
Mengenal Mantra dalam agama Hindu
|
Mengamati:
·
Membaca buku teks pelajaran agama
Hindu terkait dengan materi mantram-mantram.
·
Mendengarkan lafal mantra makan
·
Mendengarkan lafal mantra Gayatri
Menanya
·
Menanyakan
kepada pendidik manfaat mantra-mantra Dainika Upasana.
·
Menyakan kepada pendidik manfaat
Gayatri Puja.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Peserta didik menulis mantra makan
dalam agama Hindu.
·
Peserta didik menulis mantra Gayatri
Puja dalam agama Hindu.
·
Peserta didik menulis mantra belajar
dalam agama Hindu.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan dampak positip dari
pengucapan mantra-mantra dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyimpulkan pentingnya penggunaan mantra-mantra
dalam kehidupan sehari-hari.
Mengomunikasikan
·
Mencontohkan
tentang pelafalan mantra Gayatri.
·
Mendemontrasikan
lafal mantra makan.
|
Tugas
Peserta didik diminta menghafalkan salah satu mantram agama Hindu di
rumah.
Tes
Peserta didik ditanya secara lisan pengertian mantram dalam agama
Hindu.
Observasi
Memperhatikan teman yang sedang melafalkan
mantra Makan dan mantra Gayatri, kemudian
memberikan komentar.
|
5 X 4 Jp
|
· Buku
Teks pelajaran Agama Hindu
· Buku
doa sehari-hari
· Buku Upadesa
· VCD
cara berdoa dan sembahyang
|
4.5 Mendemontrasikan mantram-
mantram
agama Hindu
|
|||||
3.6
Memahami jenis
ciptaan Sang Hyang Widhi
|
Ciptaan Sang Hyang Widhi
|
Mengamati
·
Membaca
buku teks pelajaran terkait materi ciptaan Sang Hyang Widhi
·
Melihat
jenis-jenis benda-benda: batu, kerikil, pemandangan alam, tanaman, binatang
di sekitar lingkungan sekolah.
·
Mengamati
benda-benda ciptaan Sang Hyang Widhi dan benda buatan manusia.
Menanya
·
Menanyakan
perbedaan antara benda hidup, dan benda mati.
·
Menanyakan
ciptaan Sang Hyang Widhi yang tergolong benda mati dan makhluk hidup.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mengumpulkan contoh-contoh benda mati ciptaan Sang Hyang
Widhi yang ada di lingkungan sekolah.
·
Mengumpulkan
gambar-gambar atau foto benda hidup ciptaan Sang Hyang Widhi yang ada di sekitar rumah.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan kelebihan manusia dengan mahkluk yang
lain.
·
Menyimpulkan perbedaan makhluk hidup dan benda mati.
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan
benda-benda mati ciptaan Sang Hyang Widhi yang ada di sekitar lingkungan
sekolah atau rumah.
·
Menyebutkan makhluk hidup ciptaan Sang Hyang Widhi yang ada
di sekitar lingkungan sekolah atau rumah..
·
Menyebutkan
benda-benda yang merupakan hasil karya manusia yang ada disekitar kita.
|
Tugas
Peserta didik diminta membuat cerita terkait ciptaan
Sang Hyang Widhi.
Observasi
Peserta didik melakukan pengamatan diluar
kelas benda-benda
ciptaan Sang Hyang Widhi.
Portofolio
Peserta didik diminta membuat kliping ciptaan Sang Hyang Widhi.
|
5 X 4 Jp
|
· Buku
Teks pelajaran Agama Hindu
· Gambar-gambar
mahluk hidup.
· Gambar-gambar
benda mati.
|
4.6 Mencontohkan ciptaan Sang Hyang Widhi dan karya manusia, benda mati
dan makhluk hidup.
|
|||||
3.7.Memahami
kisah dan perjalanan orang suci Hindu
ke Bali
|
Kisah perjalan orang Suci ke
Bali
|
Mengamati
· Membaca
buku teks pelajaran terkait materi perjalanan orang suci Hindu ke Bali.
· Membaca
buku sejarah Mpu Kuturan. Membaca buku sejarah Dang Hyang Nirartha.
.
Menanya
·
Menanyakan
sejarah kedatangan Mpu Kuturan dan Dang
Hyang Nirartha ke Bali.
·
Menanyakan
bukti-bukti peninggalan Mpu Kuturan dan Dang Hyang Nirartha di Bali.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mengumpulkan bukti-bukti peninggalan Mpu Kuturan.
·
Mengumpulkan bukti-bukti peninggalan Dang Hyang Niratha di Bali.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan manfaat
kedatangan
Mpu Kuturan bagi perkembangan agama Hindu di Bali.
·
Menyimpulkan manfaat
kedatangan
Dang Hyang Niratha
bagi perkembangan agama Hindu di Bali.
Mengomunikasikan
·
Meyebutkan peninggalan-peninggalan Mpu
Kuturan.
·
Meyebutkan peninggalan-peninggalan
Dang Hyang Nirartha.
|
Tugas
Peserta didik diminta meringkas cerita perjalanan Mpu Kuturan dan Dang Hyang
Nirartha ke Bali.
Portofolio
Peserta
didik membuat kliping peninggalan-peninggalan Mpu Kuturan
dan Dang Hyang Nirartha ke Bali.
|
5 X 4 Jp
|
· Buku
Teks pelajaran Agama Hindu
· Gambar-gambar peninggalan
Mpu Kuturan.
· Gambar-gambar peninggalan
Dang Hyang Nirartha.
|
4.7 Menceritrakan kisah dan perjalanan orang suci Hindu ke Bali
|
SILABUS MATA PELAJARAN: AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI UNTUK SD
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas : II (Dua)
Kompetensi
Inti :
KI 1
|
:
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaanTuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Membiasakan
mengucapkan salam agama Hindu
1.2
Membiasakan
mengucapkan Dainika Upasana (doa sehari-hari).
|
|||||
2.1
Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi
ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).
2.2
Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang
Widhi.
|
|||||
3.1
Memahami Atma sebagai sumber hidup
|
Atma
|
Mengamati
·
Membaca
buku teks pelajaran agama Hindu tentang pengertian Atma.
·
Mengamati
mahkluk hidup yang ada di sekitar rumah.
Menanya
·
Menanyakan
kepada pendidik tentang sifat-sifat
dari Atma.
·
Menanyakan kepada pendidik bagaimana makhluk hidup bisa
tumbuh berkembang biak.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Menggali
informasi tentang
sumber Atma dalam agama Hindu.
·
Mencari informasi bagaimana atma merasuki setiap makhluk
hidup, sehingga mahkluk hidup itu bisa bersuara, bisa tumbuh.
Mengasosiasikan
· Merangkum
fungsi dan sifat atma dalam kehidupan.
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan sifat-sifat Atma
dalam agama Hindu.
·
Menunjukkan contoh fungsi atma dalam diri manusia.
|
Tugas
Peserta didik diminta mengerjakan latihan soal
pada buku teks pelajaran di rumah.
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik secara lisan
dan tertulis tentang Atma.
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta
didik melakukan pengamatan fungsi atma dalam diri di rumah.
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat cerita tentang
fungsi atma dalam diri.
|
6 X 4 Jp
|
·
Buku
teks pelajaran Agama Hindu.
·
Artikel-artikel terkait materi Atma
|
4.1
Mencontohkan Atma / Sang Jiwa berada pada setiap makhluk hidup.
|
|||||
3.2.
Memahami Ajaran Tri Murti
|
Tri Murti
|
Mengamati
·
Mendengar
dengan seksama paparan pendidik tentang Tri Murti.
·
Melihat film terkait ajaran Tri Murti.
Menanya
·
Menanyakan
nama-nama Dewa yang tergolong Tri Murti.
·
Menanyakan kepada pendidik dimana Tri Murti dipuja.
·
Menanyakan
kepada pendidik tugas-tugas
dari dewa
Tri Murti dan Sakti-Nya.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Menggali
informasi
tentang
Tri Murti dengan sakti-Nya.
·
Menggali informasi terkait tugas dari Tri Murti.
Mengasosiasikan
· Menyimpulkan
bahwa Kahyangan
Tiga, merupakan tempat pemujaan dewa Tri Murti.
· Menyimpulkan
tugas-tugas masing-masing dewa Tri Murti.
Mengomunikasikan
· Menyebutkan
tugas
Dewa-dewa Tri Murti
· Menyebutkan
nama-nama sakti dari masing-masing dewa Tri Murti.
|
Tugas
Peserta didik diminta membuat gambar-gambar Tri
Murti.
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik secara lisan
dan tertulis tentang Tri Murti.
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta
didik melakukan pengamatan, wawancara tentang tugas dan simbol-sombol Tri Murti.
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat kliping terkait
Tri Murti.
|
6 X 4 Jp
|
·
Buku
teks pelajaran Agama Hindu.
·
VCD terkait Tri Murti.
·
Gambar-gambar Dewa Tri Murti.
|
4.2 Mencontohkan pemujaan kepada Tri Murti
|
|||||
3.3.Memahami ajaran Tri Mala dalam kehidupan
|
Tri Mala
|
Mengamati
·
Mendengar
paparan pendidik
tentang ajaran Tri Mala.
·
Membaca
buku teks pelajaran agama Hindu terkait ajaran
Tri Mala.
·
Melihat film Mahabharata terkait ajaran Tri Mala.
Menanya
· Menanyakan
kembali kepada pendidik mengenai ajaran Tri Mala dalam kehidupan sehari-hari.
· Menanyakan
kepada pendidik akibat dari melakukan perilaku Tri Mala.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mengumpulkan bukti-bukti perilaku Tri mala di
lingkungan sekolah.
·
Mengadakan wawancara cara menghindar dari
perilaku
Tri Mala
di lingkungan sekolah, dan
rumah.
Mengasosiasikan
· Merangkum
cara menghindari
perilaku Trimala baik di sekolah, di ruma.
·
Menyimpulkan tidak melakukan perilaku Tri Mala dapat
meningkatkan
tali persaudaraan dengan saudara, orang tua, teman sekolah dan lingkungan
rumah.
.Mengomunikasikan
·
Menunjukkan perilaku Tri Mala dapat menghancurkan
pertemanan.
·
Menyebutkan upaya-upaya menghindari
perbuatan tergolong Tri Mala.
|
Tugas
Peserta didik diminta membuat cerita upaya
menghindar dari perilaku Tri Mala.
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik secara lisan
dan tertulis tentang Tri Mala.
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta
didik melakukan pengamatan, wawancara tentang perilaku Tri Mala di masyarakat, kemudian
membuat catatannya.
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat gambar perilaku
Tri Mala.
|
6 X 4 Jp
|
·
Buku
teks pelajaran Agama Hindu.
·
VCD Ramayana
·
VCD Mahabharata.
·
Buku Ceritra Tantri Kamndaka.
|
4.3
Mencontohkan perilaku
Tri Mala
|
|||||
3.4
Memahami ajaran Catur Paramitha dalam kehidupan
|
Catur
Paramitha
|
Mengamati
·
Membaca
buku teks pelajaran agama Hindu tentang Catur Paramitha.
·
Melihat tayangan VCD Mahabharata terkait Catur
Paramitha.
·
Melihat tayangan VCD Ramayana
terkait Catur Paramitha.
Menanya
·
Menanyakan kepada pendidik tentang
bagian-bagian Catur Paramitha.
·
Menanyakan contoh perilaku Catur paramitha di
lingkungan sekolah, dan rumah.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mencari informasi contoh perilaku Maitri,
Mudita, Karuna, dan Upeksa di lingkungan sekolah, dan rumah.
·
Mengumpulkan gambar alat peraga
yang berkait perilaku Maitri, Mudita, Karuna, dan Upeksa.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan bagian-bagian Catur Paramitha
·
Membuat katagori perilaku Maitri, Mudita, Karuna, dan
Upeksa.
Mengomunikasikan
·
Menunjukkan perilaku sesuai ajaran Catur paramita.
·
Menyebutkan upaya-upaya melaksanakan ajaran Catur Paramitha.
|
Tugas
Peserta didik diminta menceritakan kembali
cerita Ramayana.
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik secara lisan
dan tertulis tentang Catur Paramitha.
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta
didik melakukan pengamatan tentang perilaku Catur Paramitha di masyarakat, kemudian mencatatnya.
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat kliping terkait
perilaku Tri Parartha dalam masyarakat.
|
6 X 4 Jp
|
·
Buku
teks pelajaran Agama Hindu.
·
VCD Ramayana
·
VCD Mahabharata.
·
Buku Ceritra Tantri Kamandaka.
|
4.4
Mempraktikkan Catur Paramitha dalam kehidupan
|
|||||
3.5
Meneladani tokoh-tokoh dalam cerita Ramayana
|
Ramayana
|
Mengamati
·
Membaca
buku teks pelajaran
tentang Kanda-kanda
dalam Ramayana.
·
Melihat film Ramayana terutama tentang kesetiaan
Dewi Sita.
.Menanya
·
Menanyakan
tokoh
yang termasuk tokoh Dharma dalam cerita
Ramayana.
·
Menanyakan
tokoh
yang termasuk tokoh Adharma dalam cerita
Ramayana.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mengadakan wawancara kepada orang tua, terkait tokoh-tokoh baik dan
jahat dalam cerita
Ramayana.
·
Mengumpulkan nama-nama tokoh-tokoh dalam cerita
Ramayana.
.Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan sejauhmana kesetian Dewi Sita terhadap
Rama dapat
dijadikan teladan bagi wanita.
·
Menyimpulkan bagaimana pengabdian Hanoman dapat
dijadikan contoh dalam kehidupan.
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan contoh-contoh kesetiaan Dewi Sita kepada
Rama.
·
Menunjukkan contoh pengabdian hanoman, dalam
cerita Ramayana.
|
Tugas
Peserta didik diminta menceritakan kembali
cerita Ramayana.
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik secara lisan
dan tertulis tentang tokoh Dharma dan Adharma dalam cerita Ramayana.
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta
didik melakukan wawancara tentang perilaku tokoh-tokoh dalam cerita Ramayana.
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat daftar nama-nama
tokoh-tokoh dalam cerita Ramayana.
|
6 X 4 Jp
|
·
Buku
teks pelajaran Agama Hindu.
·
Buku komik Ramayana
·
VCD Ramayana.
|
4.5 Menunjukkan
tokoh Dharma dan Adharma dalam cerita
Ramayana
|
|||||
3.6 Mengenal sejarah lahirnya kawitan Bali Aga
|
Sejarah Bali Aga
|
Mengamati
·
Membaca
buku teks pelajaran agama Hindu tentang silsilah Kawitan Bali Aga.
·
Mendengar
paparan pendidik terkait kelompok
kawitan Bali Aga.
.Menanya
· Menanyakan
kepada guru asal mula orang Bali Aga.
· Menanyakan
sejarah kawitan Bali Aga pada pendidik.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mencari informasi terkait Kelompok Kawitan Bali Aga
yang disebut Panca Rsi.
·
Mencari informasi tentang Ida
Mpu Driya Akah, Ida
Mpu Kayu Selem,
Ida Mpu Tarunyan, Ida Mpu Celagi, Ida Mpu Kayuan.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan penyebaran Bali Aga dari keseluruh pelosok pulau Bali.
·
Menyimpulkan pengelompokkan kawitan Bali Aga.
.
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan kelompok bali Aga yang dinamakan panca Rsi
sebagai cikal bakal kelompok Bali Aga.
·
Menyebutkan peninggalan-peninggalan kelompok Bali
Aga.
|
Tugas
Peserta didik diminta melakukan diskusi terkait
kawitan Bali Aga, kemudian menyajikannya.
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik secara lisan
dan tertulis tentang silsilah kawitan Bali Aga.
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta
didik melakukan pengamatan, wawancara tentang sejarah Bali Aga.
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat bagan silsilah
kawitan Bali Aga.
|
6 X 4 Jp
|
·
Buku
teks pelajaran Agama Hindu.
·
Babad Bali Aga.
·
Prasasti Bali Aga
|
4.6 Menceritakan
sejarah lahirnya
kawitan
Bali Aga
|
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI UNTUK
SD
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas : III (Tiga)
Kompetensi
Inti :
KI 1
|
:
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Membiasakan mengucapkan salam agama Hindu
1.2.Membiasakan
mengucapkan Dainika Upasana (doa sehari-hari).
|
|||||
2.1
Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi
ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).
2.2
Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang
Widhi.
|
|||||
3.1 Memahami ajaran Tri Parartha
|
Tri Parartha
|
Mengamati
·
Membaca
buku teks pelajaran agama Hindu tentang materi Tri Parartha.
·
Melihat
perilaku Asih, Punia, dan Bhakti di lingkungan keluarga.
Menanya
· Menanyakan
kepada pendidik bagian-bagian
ajaran Tri Parartha.
·
Menanyakan kepada pendidik contoh perilaku
Tri Parartha yang
dapat
di terapkan teman sepermainan.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mencari informasi sikap menyayangi (asih)
dalam
lingkungan terdekat (sekolah, rumah).
·
Mencari informasi sikap memberi (punia)
dalam
lingkungan terdekat (sekolah, rumah).
·
Mencari informasi sikap menghormati dan menghargai (bhakti)
dalam
lingkungan terdekat (sekolah, rumah).
Mengasosiasikan
· Menganalisis
hubungan berperilaku
Asih, Punia, dan Bhakti pada seseorang
menyebabkan dihormati dan dihargai.
· Menyimpulkan
dampak dari pelaksanaan Tri Parartha dalam diri.
Mengomunikasikan
· Menyebutkan
bagian-bagian yang terdapat dalam Tri Pararta.
· Menunjukkan
contoh aplikasi
Tri Parartha dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tugas
Peserta didik diminta memberikan sumbangan
kepanti asuhan, dan menunjukkan foto-foto bukti memberikan sumbangan.
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik secara lisan
dan tertulis tentang Tri Parartha.
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta
didik melakukan pengamatan, wawancara tentang perilaku Tri Parartha di masyarakat.
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat kliping terkait
perilaku Tri Parartha dalam masyarakat.
|
7 X 4 Jp
|
·
Buku
teks pelajaran Agama Hindu.
·
Buku Ceritra Tantri Kamndaka.
·
VCD Ramayana
·
VCD Mahabharata.
|
4.1
Mempraktikkan ajaran Tri Parartha
|
|||||
3.2
Memahami ajaran Daiwi Sampad dan Asuri Sampad dalam kitab Bhagavadgita
|
Daiwi Sampad dan Asuri Sampad
|
Mengamati
·
Menyimak
dengan seksama paparan pendidik mengenai arti Daiwi Sampad dan Asuri
Sampad.
·
Mengamati
perilaku Daiwi dan Asuri Sampad sesuai kitab Bhagavadgita di lingkungan sekolah.
Menanya
·
Menanyakan
kepada pendidik percakapan
Krisna
dengan Arjuna terkait
ajaran
Daiwi Sampad dan Asuri Sampad.
·
Menanyakan
kepada pendidik
contoh perilaku Daiwi Sampad dan Asuri Sampad.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mengumpulkan sloka-sloka yang terkait dengan ajaran
Daiwi Sampad dan Asuri Sampad dalam kitab Bhagavadgita.
·
Mencari informasi mengenai arti yang tersirat dan tersurat sloka-sloka
dalam kitab Bhagavadgita
mengenai ajaran
Daiwi
Sampad dan Asuri Sampad.
Mengasosiasikan
·
Menganalisis (mencari nilai yang terkandung)
sloka-sloka dalam kitab Bhagavadgita yang tergolong kedalam ajaran Daiwi
Sampad.
·
Menyimpulkan upaya mengendalikan diri dari perilaku
Asuri Sampad.
Mengomunikasikan
·
Mendemontrasikan
pembacaan sloka Bhagavadgita yang berkaitan dengan Daiwi Sampad
dan
Asuri Sampad.
·
Menyebutkan sloka-sloka yang termasuk ajaran Daiwi
Sampad dan Asuri Sampad.
·
Menunjukkan perbedaan perilaku Daiwi Sampad
dan Asuri
sampad dalam kehidupan.
|
Tugas
Peserta didik diminta mengerjakan latihan pada
buku teks pelajaran di rumah.
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik secara lisan
dan tertulis tentang Daiwi Sampad dan Asuri Sampad.
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta
didik melakukan pengamatan, wawancara tentang perilaku Daiwi Sampad dan Asuri Sampad
dalam masyarakat.
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat slogan-slogan
untuk menghindari perilaku Asuri Sampad dan melaksanakan perilaku Daiwi
Sampad.
|
7 X 4 Jp
|
·
Buku
teks pelajaran Agama Hindu
·
Kitab Bhagavadgita
·
Buku Etika dan Susila Hindu.
|
4.2.Mencontohkan ajaran Daiwi Sampad dan
Asuri Sampad dalam kitab Bhagavadgita
|
|||||
3.3
Mengamati tokoh-tokoh utama dalam cerita Mahabharata
|
Cerita Mahabharata
|
Mengamati
·
Membaca buku teks pelajaran agama Hindu tentang
materi cerita Mahabharata.
·
Menyimak
dengan seksama materi cerita
Mahabharata.
Menanya
·
Menanyakan
kepada pendidik dan teman nama-nama keluarga Panca Pandawa.
·
Menanyakan
kepada pendidik dan teman nama-nama keluarga Kaurawa.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mencari informasi dilingkungan sekolah dan rumah
tentang cerita Mahabharata.
·
Mencari informasi tentang Karna yang
dalam cerita Mahabharata.
·
Mencari informasi sebab terjadinya perpecahan
keluarga Bharata dalam cerita Mahabharata.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan keserakahan Duryudhana dibawah asuhan Sakuni.
·
Merangkum kisah kesedihan Maharsi Bhisma sebelum
menemui ajalnya.
·
Merangkum kisah perjalanan Pandawa pada masa
pembuangan di hutan.
Mengomunikasikan
·
Menceritrakan
kembali kelahiran Panca Pandawa
·
Menyebutkan kesetian dan ketulusan Dewi Kunti kepada Bhagawan Srawana sehingga
mendapat
mantra rahasia.
·
Menunjukkan contoh perilaku Panca Pandawa yang
dapat diteladani.
|
Tugas
Peserta didik diminta menceitakan kembali di
depan kelas sekilas tentang cerita Mahabharata.
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik secara lisan tokoh-tokoh yang terdapat
dalam cerita Mahabharata.
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta
didik melakukan wawancara tentang tokoh utama dalam cerita Mahabharata.
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat ringkasan tentang
cerita Mahabharata.
|
7 X 4 Jp
|
·
Buku
teks pelajaran Agama Hindu
·
VCD Mahabharata.
·
Gambar-gambar tokoh Mahabharata
·
Buku Mahabharata
|
4.3
Menceritakan tokoh-tokoh utama dalam cerita Mahabharata
|
|||||
3.4
Mengenal nama-nama planet
dalam tata surya Hindu
|
Astronomi
dalam Veda
|
Mengamati
·
Membaca
buku teks pelajaran agama Hindu tentang pengertian Astronomi dalam
agama Hindu.
·
Membaca
buku teks pelajaran
tentang nama-nama bulan dan hari dalam tata
surya.
Menanya
·
Menanyakan kepada
pendidik
nama-nama hari dalam astronomi Hindu.
·
Menanyakan kepada pendidik terkait sasih dan wuku dalam astronomi
Hindu.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mengadakan wawancara kepada tokoh Hindu terkait
dengan Astronomi Hindu.
·
Melakukan pengamatan dilingkungan sekolah, dan
menuliskan benda-benda alam semesta yang tergolong dalam tata surya.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan Astronomi
Hindu sebagai petunjuk menentukan baik dan buruknya waktu (hari,
bulan/sasih).
·
Merangkum Astronomi Hindu sebagai acuan mengatur hidup dan
kehidupan.
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan contoh tentang baik dan buruknya
waktu sesuai ajaran Astronomi Hindu.
·
Menyebutkan nama-nama bulan dalam astronomi Hindu.
·
Menyebutkan nama-nama hari dalam astronomi Hindu.
|
Tugas
Peserta didik diminta mengerjakan latihan pada
buku teks pelajaran di rumah.
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik secara lisan
dan tertulis tentang astronomi Hindu.
Observasi
Pendidik meminta peserta didik mewawancarai tokoh
Hindu tentang astronomi Hindu, kemudian membuat laporannya.
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat gambar tata surya.
|
7 X 4 Jp
|
·
Buku
teks pelajaran Agama Hindu
·
Buku Astronomi dalam Veda
·
Buku Wariga dan padewasaan
·
VCD Astronomi
|
4.4 Mengenal
kembali tentang nama-nama planet dalam tata surya
|
|||||
3.5.Memahami tari profan dan tari sakral dalam kegiatan
keagamaan
|
Tari
Keagamaan
|
Mengamati
·
Membaca
buku teks pelajaran agama Hindu tentang pengetian budaya, tari sakral, dan tari profan.
·
Menyimak
dengan seksama asal
usul adanya tari
sakral
dan tari profan.
Menanya
·
Menanyakan
kepada pendidik
perbedaan tari sakral
dan tari profan.
·
Menanyakan
kepada pendidik contoh
tari sakral
dan tari profan.
·
Menanyakan kepada pendidik fungsi tari sakral dan
tari profan.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
· Mencari
informasi jenis-jenis tari Sakral yang berkaitan dengan kegiatan Dewa Yadña.
· Melakukan
wawancara tentang tari-tari yang bersifat hiburan.
· Mengumpulkan
foto-foto terkait pementasi tari-tari sakral dan profan.
Mengasosiasikan
· Menyimpulkan
tari sakral hanya dipentaskan berkaitan dengan upacara keagamaan.
· Menyimpulkan
tari profan hanya dipentaskan dan berkemabang sesuai kreativitas penciptanya
dan bersifat menghibur.
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan upacara keagamaan khususnya dewa Yadña selalu diiringi pementasan tari
sakral.
·
Menunjukkan tari profan
yang bersifat hiburan dan tidak mengiringi kegiatan upacara keagamaan.
|
Tugas
Peserta didik diminta mengerjakan latihan pada
buku teks pelajaran di rumah.
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik secara lisan
dan tertulis tentang tari keagamaan Hindu.
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta
didik melakukan pengamatan, wawancara tentang seni tari agama HIndu, kemudian membuat laporannya.
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat cerita
pengalamanya dalam menyaksikan seni tari agama Hindu.
|
7 X 4 Jp
|
·
Buku
teks pelajaran Agama Hindu
·
VCD Tari Sakaral
·
VCD Tari Profan.
|
4.5 Menunjukkan contoh tari profan dan tari sakral
|
SILABUS
MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAM HINDU DAN BUDI PEKERTI UNTUK SD
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas : IV (Empat)
Kompetensi
Inti :
KI 1
|
:
|
Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli,
danpercayadiridalamberinteraksidengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
|
KI 3
|
:
|
Memahamipengetahuanfaktualdengancara
mengamati danmenanyaberdasarkan rasa ingintahutentangdirinya,
makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda yang dijumpainya di rumah,
di sekolah dan tempat bermain.
|
KI 4
|
:
|
Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang
mencerminkananaksehat, dandalamtindakan yang
mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Membiasakan
mengucapkan salam agama Hindu
1.2
Membiasakan
mengucapkan Dainika Upasana (doa sehari-hari).
|
|||||
2.1 Toleran terhadap sesama, keluarga, dan
lingkungan dengan cara menyayangi ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).
2.2 Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan
menghormati (Tat Tvam Asi) makhluk
ciptaan Sang Hyang Widhi.
|
|||||
3.1
Mengenal ajaran Punarbhawa sebagai bagian dari Sraddha.
|
Punarbhava
|
Mengamati :
·
Membaca pengertian Punarbhava pada buku teks pelajaran agama Hindu.
·
Menyimak paparan tentang Surga Çyuta dan Neraka Çyuta.
·
Mengamati lingkungan sekitar orang kelahiran Surga Çyuta dan Neraka Çyuta.
Menanya :
· Menanyakan
pengertian Surga Çyuta dan Neraka Çyuta.
· Menanyakan ciri-ciri kelahiran Surga Çyuta dan Neraka
Çyuta.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
·
Mencari informasi tentang ciri-ciri kelahiran Surga Çyuta dan Neraka Çyuta dalam kitab suci.
·
Mengumpulkan gambar-gambar kelahiran Surga Çyuta dan Neraka Çyuta.
Mengasosiasikan :
·
Mengelompokkan ciri-ciri kelahiran Surga Çyuta dan Neraka Çyuta.
·
Menyimpulkan akibat perbuatan kita menjadi sebab terjadinya Punarbhava.
Mengomunikasikan :
·
Mengungkapkan pengertian Punarbhawa.
·
Menceritakan secara singkat kelahiran Surga.
·
Menceritakan secara singkat kelahiran Neraka.
·
Meyebutkan ciri-ciri kelahiran Surga (Surga Çyuta).
·
Meyebutkan ciri-ciri kelahiran
kelahiran Neraka (Neraka Çyuta).
|
Tugas
Peserta didik diminta mengerjakan latihan pada
buku teks pelajaran di rumah.
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik secara lisan
dan tertulis tentang ciri-ciri Surga Çyuta dan Neraka Çyuta.
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta
didik melakukan pengamatan, wawancara tentang ciri-ciri Surga Çyuta dan Neraka Çyuta, kemudian membuat laporannya.
Portofolio
Peserta didik diminta untuk berkunjung ketempat
wisata, kemudian membuat laporan pengalamannya.
|
6 X 4 Jp
|
· Buku
Teks pelajaran Agama Hindu
· Kitab Bhagavata Purana.
· Kitab Sarasamuscaya
· Buku Slokantara
|
4.1
Menceritakan ciri-ciri kelahiran Surga dan kelahiran Neraka.
|
|||||
3.2
Mengenal orang suci agama Hindu yang patut dihormati.
|
Orang Suci
|
Mengamati :
· Mendengarkan pengertian orang suci menurut agama Hindu.
· Mengamati gambar-gambar orang suci agama Hindu.
· Membaca syarat-syarat menjadi orang suci agama Hindu.
· Menyimak larangan-larangan menjadi orang suci.
· Membaca upaya-upaya menghormati orang suci.
Menanya :
· Menanyakan orang suci dalam agama Hindu.
· Menanyakan syarat-syarat menjadi orang suci.
· Menanyakan larangan-larangan menjadi orang suci.
· Menanyakan upaya-upaya menghormati orang suci.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
· Mengumpulkan gambar-gambar orang suci agama Hindu.
· Mencari informasi syarat-syarat menjadi orang suci
dalam agama Hindu.
· Mencari informasi larangan-larangan menjadi orang suci.
· Melakukan wawancara kepada tokoh Hindu tentang upaya-upaya
menghormati orang suci.
Mengasosiasikan :
· Mengelompokkan gambar-gambar orang suci tergolong eka
jati dan dwi jati.
· Menyimpulkan syarat-syarat menjadi orang suci agama
Hindu.
· Menganalisis larangan-larangan menjadi orang suci.
· menyimpulkan upaya-upaya menghormati orang suci.
Mengomunikasikan :
·
Menyebutkan perilaku menghargai
orang suci.
·
Menyebutkan jasa-jasa orang suci agama Hindu.
· Menyebutkan syarat-syarat menjadi orang suci agama
Hindu.
· Menyebutkan larangan-larangan menjadi orang suci.
·
Menunjukkan upaya-upaya menghormati orang suci.
|
Tugas
Peserta didik diminta mengerjakan soal-soal
latihan pada buku teks pelajaran, di rumah.
Tes
Pendidik meminta kepada peserta didik menyebutkan kelompok orang suci dari golongan eka
jati dan dwi jati.
Observasi
Pendidik meminta
kepada peserta didik melakukan wawancara,
kepada sulinggih kemudian melaporkan hasil wawancaranya.
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat cerita
pengalamannya bertemu dengan orang suci agama Hindu.
|
6 X 4 Jp
|
· Buku
Teks pelajaran Agama Hindu
· Contoh
Gambar-gambar orang suci
|
4.2
Menunjukkan cara menghargai orang suci agama Hindu yang patut
dihormati.
|
|||||
3.3
Mengenal empat
jenis dosa (Catur Pataka) yang harus dihindari.
|
Catur Pataka
|
Mengamati :
· Menyimak
pengertian Catur Pataka yang harus dihindari.
· Membaca
buku teks pelajaran agama Hindu terkait
materi Catur Pataka.
· Mengamati contoh perilaku Catur Pataka dilingkungan
Rumah.
Menanya :
·
Menayakan cara menghindari ajaran Catur Pataka dalam kehidupan.
·
Menanyakan dampak yang ditimbulkan dari perilaku Catur Pataka.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
·
Mencari cara menghindari ajaran Catur Pataka dalam kehidupan.
· Mencari
artikel contoh perilaku Catur Pataka.
· Mengumpulkan bukti-bukti dampak yang ditimbulkan dari
perilaku Catur Pataka.
Mengasosiasikan :
·
Menyimpulkan cara menghindari ajaran Catur Pataka dalam kehidupan.
·
Menyimpulkan dampak yang ditimbulkan dari perilaku Catur Pataka.
·
Mengelompokkan contoh perilaku Catur Pataka dalam kehidupan.
Mengomunikasikan :
·
Menyebutkan bagian-bagian Catur Pataka.
·
Menunjukkan contoh-contoh perilaku
Catur Pataka dalam kehidupan.
·
Menyebutkan upaya-upaya mengindari
perilaku catur pataka dalam kehidupan.
.
|
Tugas
Peserta didik diminta mencatat mengamati
perilaku-perilaku Catur Pataka yang ada di lingkungan sekolah dan rumah,
kemudian menuliskan hasilnya.
Tes
Pendidik memberikan soal-soal yang terkait dengan
materi Catur Pataka.
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta
didik melakukan pengamatan, dan mengumpulkan data terkait cara menghindari
perilaku Catur Pataka.
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat kliping cara
menhindari perilaku Catur Pataka
|
6 X 4 Jp
|
· Buku
Teks pelajaran Agama Hindu
· Contoh
Gambar-gambar perilaku Catur Pataka
· Kitab
Sarasamuscaya
· Buku Slokantara
|
4.3. Menunjukkan contoh empat jenis dosa (Catur
Pataka) yang harus dihindari.
|
|||||
3.4
Mengenal Maharsi
penerima wahyu dan penyusun kitab suci Veda.
|
Sapta Rsi
Penerima wahyu
|
Mengamati :
· Menyimak pengertian Sapta Rsi penerima wahyu Sang Hyang
Widhi.
· Membaca uraian perilaku Maharsi-maharsi penerima wahyu
Sang Hyang Widhi.
· Menyimak paparan Maharsi penulis catur Veda.
Menanya :
· Menanyakan Sapta Rsi penerima wahyu Sang Hyang Widhi.
· Menanyakan perilaku Maharsi-maharsi penerima wahyu Sang
Hyang Widhi.
· Menanyakan Maharsi –maharsi penulis kitab Catur Veda.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
· Mengamati
foto-foto atau gambar-gambar Maharsi penerima wahyu Sang Hyang Widhi.
· Mencari
gambar-gambar Maharsi penerima wahyu Sang Hyang Widhi.
· Melakukan
wawancara kepada teman tentang Maharsi penerima wahyu Sang Hyang Widhi.
Mengasosiasikan :
· Mengelompokkan
Maharsi-maharsi penyusun kitab Catur Veda dengan Maharsi penerima
wahyu Sang Hyang Widhi.
· Menganalisis
nilai-nilai budhi pekerti yang dapat
di ambil dari perilaku Maharsi.
Mengomunikasikan :
·
Menyebutkan nama-nama Maharsi penerima wahyu Sang Hyang Widhi.
· Menyebutkan Maharsi-maharsi penyusun kitab Catur Veda.
· Menceritakan perilaku-perilaku para Maharsi dalam agama
Hindu.
|
Tugas
Peserta didik diminta mengerjakan latihan pada
buku teks pelajaran di rumah.
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik secara lisan
dan tertulis tentang Sapta Rsi dan Maharsi penyusun Catur Veda.
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta
didik melakukan pengamatan, dan membaca materi Sapta Rsi, kemudian membuat rangkuman.
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat kliping
tentang Sapta Rsi penerima wahyu Sang Hyang Widhi.
|
6 X 4 Jp
|
· Buku
Teks pelajaran Agama Hindu
· Gambar-gambar
Maharsi
· Kitab
Catur Veda
|
4.4 Menunjukkan perilaku Maharsi penerima wahyu
dan penyusun kitab suci Veda.
|
|||||
3.5. Mengenal hari-hari suci agama Hindu.
|
Hari Suci
Agama Hindu
|
Mengamati :
· Mendengarkan paparan tentang hari-hari suci keagamaan
Hindu.
· Menyimak jenis-jenis hari suci agama Hindu.
· Mengamati pelaksanaan hari suci dilingkungan rumah.
Menanya :
· Menanyakan jenis-jenis hari suci agama Hindu.
· Menanyakan pelaksanaan hari suci agama Hindu.
· Menanyakan aturan-aturan yang harus dilakukan saat
merayakan hari suci.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
· Mencari
informasi tentang jenis-jenis hari suci agama Hindu di daerah setempat.
· Mengambil
gambar-gambar saat pelaksanaan hari suci agama Hindu.
· Mencari
informasi aturan-aturan melaksanakan hari suci agama Hindu.
Mengasosiasikan :
·
Mengelompokkan hari suci berdasarkan sasih dan wuku.
·
Membuat laporan pengalaman merayakan hari suci
Mengomunikasikan :
·
Menyebutkan hari-hari suci keagamaan Hindu.
·
Menyebutkan hari suci sesuai dengan kelompoknya.
·
Menceritakan pengalaman merayakan hari suci.
·
Menunjukkan contoh pelaksanaan hari suci.
|
Tugas
Peserta didik diminta datang ketempat suci pada saat Hari Raya, kemudian
melakukan wawancara kepada umat yang lain dan membuat laporan.
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan kepada peserta
didik, tentang makna yang dalam hari suci agama Hindu.
Observasi
Pendidik meminta peserta didik melakukan observasi
di lingkungan rumah, pada saat hari raya agama Hindu, kemudian membuat
laporan hasil observasinya.
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat kartu ucapan hari raya agama Hindu.
|
6 X 4 Jp
|
· Buku
Teks pelajaran Agama Hindu
· Foto-foto
pelaksanaan hari suci agama Hindu
· Contoh kartu-kartu ucapan Hari raya Hindu
|
4.5
Menceritakan prosesi melaksanakan hari suci agama Hindu.
|
|||||
3.6
Memahami sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia secara singkat
|
Sejarah
perkembangan agama Hindu
|
Mengamati :
· Mendengarkan paparan sejarah perkembangan agama Hindu
di Indonesia.
· Mengamati peta perkembangan agama Hindu di Indonesia.
· Membaca materi sejarah agama Hindu di Indonesia pada
buku teks pelajaran agama Hindu.
· Menyimak bukti-bukti peninggalan agama Hindu di
Indonesia.
Menanya :
· Menanyakan sejarah perkembangan agama Hindu di
Indonesia.
· Menanyakan sejarah kejayaan agama Hindu di Indonesia.
· Menanyakan sejarah keruntuhan agama Hindu di Indonesia.
· Menanyakan bukti-bukti perkembangan agama Hindu di
Indonesia.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
· Mengumpulkan
bukti-bukti peninggalan agama Hindu di Indonesia.
· Mencari
informasi tentang keruntuhan agama Hindu di Indonesia.
· Melakukan
wawancara pada tokoh-tokoh sejarah, yang mengetahui perkembangan agama Hindu
di Indonesia.
Mengasosiasikan :
· Menganalisis
bukti-bukti peninggalan agama Hindu di Indonesia.
· Menyimpulkan
kejayaan agama Hindu di Indonesia.
· Menilai akibat keruntuhan agama Hindu di Indonesia
Mengomunikasikan :
· Menunjukkan bukti-bukti kejayaan Agama Hindu di
Indonesia.
·
Menceritakan sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia.
·
Menceritakan cerita kejayaan agama Hindu di Indonesia.
· Menceritakan keruntuhan agama Hindu di Indonesia.
|
Tugas
Peserta didik diminta melakukan kunjungan
ketempat-tempat peninggalan Hindu saat liburan, kemudian membuat laporan.
Tes
Pendidik memberikan
soal-soal tentang sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia.
Observasi
Pendidik meminta kepada peserta didik untuk
melakukan wawancara dengan tokoh setempat tentang peninggalan-peninggalan
agama Hindu.
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat laporan
tertulis dalam bentuk cerita pengalaman melakukan kunjungan ketempat-tempat
peninggalan agama Hindu.
|
6 X 4 Jp
|
· Buku
Teks pelajaran Agama Hindu
· Buku
Sejarah
· Foto-foto
peninggalan-peninggalan agama Hindu
|
4.6. Menceritakan sejarah
perkembangan agama Hindu di Indonesia secara singkat.
|
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAM HINDU DAN BUDI PEKERTI UNTUK SD
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas : V (Lima)
Kompetensi
Inti :
KI 1
|
:
|
Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli,
danpercayadiridalamberinteraksidengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
serta cinta tanah air
|
KI 3
|
:
|
Memahamipengetahuanfaktual
dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Membiasakan
mengucapkan salam agama Hindu
1.2
Membiasakan
mengucapkan Dainika Upasana (doa sehari-hari).
|
|||||
2.1
Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi
ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).
2.2
Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang
Widhi.
|
|||||
3.1
Memahami ajaran Moksha dalam ajaran
agama Hindu
|
Moksha
|
Mengamati
·
Menyimak
pengertian dan jenis-jenis
Moksha.
·
Membaca
komik Ramayana tentang
perjalanan Moksha Dewi Sobari
·
Melihat film Ramayana tentang ajaran Nawa Bhakti.
Menanya
·
Menanyakan
penjelasan ajaran Nawa Bhakti dalam cerita Ramayana.
·
Menanyakan
jenis-jenis
Moksha dalam agama Hindu
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mengadakan wawancara kisah perjalanan Dewi Sobari
mencapai
Moksha.
·
Mengadakan wawancara perjalanan Yudistira menuju
Surga.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan upaya-upaya melaksanakan ajaran Nawa Bhakti untuk
mencapai
moksha.
·
Merangkum cerita perjalanan Yudistira mencapai
Surga.
Mengomunikasikan
·
Menceritakan
kisah perjalan Dewi Sobari mencapai Moksha.
·
Menyebutkan jalan-jalan
mencapai moksha dalam kitab Ramayana.
·
Menceritakan
perjalanan Yudistira
mencapai Surga.
·
Menunjukkan sebab-sebab
Arjuna, Bima, Drupadi, Nakula, dan Sahadewa
meninggal terlebih dahulu.
|
Tugas
Peserta didik diminta membaca komik Ramayana,
kemudian membuat ringkasannya.
Tes
Pendidik menanyakan kepada peserta
didik terkait jenis-jenis Moksha.
Observasi
Pendidik meminta kepada peserta didik untuk
melakukan wawancara dengan tokoh setempat tentang perjalanan Dewi Sobari
mencapai Moksha dan mencatatnya.
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat ringkasan
cerita perjalanan Yudistira menunju Surga.
|
7 X 4Jp
|
·
Buku
Teks pelajaran Agama Hindu
·
Buku Komik
Ramayana
·
Buku Komik Mahabharta.
·
VCD Ramayana.
·
VCD Mahabharata
·
Buku Upadesa.
|
4.1
Menceritrakan Moksa dalam konsep agama Hindu
|
|||||
3.2.Memahami ajaran Tri Hita Karana
|
Tri Hita
Karana
|
Mengamati
·
Membaca
materi
Tri Hita Karana pada buku teks pelajaran agama Hindu.
·
Mengamati
aplikasi ajaran Tri Hita Karana dalam kehidupan sehari-hari.
Menanya
·
Menanyakan
kepada pendidik bagian-bagian
Tri Hita
Karana
·
Menanyakan kepada pendidik contoh-contoh ajaran Tri
Hita Karana dalam kehidupan.
·
Menanyakan
hubungan
yang selaras dan harmoni, antara manusia, lingkungan dan Sang Hyang Widhi.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Melakukan wawancara kepada teman (sekolah, dan
rumah) contoh
hubungan yang selaras dan harmoni dalam kehidupan.
·
Mengumpulkan data (gambar, foto, dan artikel)
contoh-contoh perilaku yang tergolong Tri Hita Karana.
Mengasosiasikan
· Menyimpulkan
upaya menjaga keselarasan dan keharmonisan alam
semesta.
· Menilai akibat ketidak selarasan dan ketidak keharmonian hubungan dengan sesama manusia dilingkungan
terdekat kita.
Mengomunikasikan
·
Menunjukkan
contoh perilaku yang
tergolong ajaran Tri Hita Karana.
·
Menceritakan
akibat yang ditimbulkan karena ketidakselarasan alam semesta.
|
Tugas
Peserta didik diminta melakukan kegiatan bersih-bersih
kelas sebagai wujud menjaga keharmonisan.
Tes
Pendidik memberikan
soal-soal tentang contoh perbuatan yang tergolong Tri Hita Karana.
Observasi
Pendidik meminta kepada peserta didik untuk
melakukan wawancara upaya menjalankan ajaran Tri Hita Karana dan mencatat
hasilnya.
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat slogan-slogan yang terkait
dengan materi Tri Hita Karana.
|
7 X 4Jp
|
·
Buku
Teks pelajaran Agama Hindu
·
Buku Upadesa.
·
Buku Sembahyang dan Berdoa.
|
4.2.Mempraktikkan ajaran Tri Hita Karana
|
|||||
3.3.Memahami
ajaran Catur Guru.
|
Catur Guru
|
Mengamati
·
Membaca buku
teks pelajaran agama Hindu terkait dengan materi Catur Guru.
·
Mengamati
contoh-contoh perilaku Catur
Guru dalam kehidupan.
Menanya
·
Menanyakan
kepada pendidik bagian-bagian Catur Guru.
·
Menanyakan kepada pendidik upaya-upaya menghormati
Catur Guru.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mencari
informasi pahala bhakti kepada Guru Rupaka.
·
Mencari informasi mengenai cara menghormati dan
menghargai Catur Guru.
·
Melakukan wawancara kepada tokoh Hindu bagaimana cara menghormati Guru
Swadhyaya.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan contoh-contoh Alpaka Guru Rupaka tidak akan
memperoleh Yasa (nama baik), Kerthi (kesejahteraan),
Bala (kekuatan), Yusa (umur panjang).
·
Menyimpulkan upaya-upaya menghormati Catur Guru.
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan bagian-bagian Catur Guru.
·
Menyebutkan contoh-contoh perilaku yang tergolong
kedalam Catur Guru.
·
Menyebutkan upaya-upaya untuk menghormati Catur Guru
dalam agama Hindu.
|
Tugas
Peserta didik diminta melakukan kunjungan kerumah-rumah temannya,
dan mencatat bagaimana temannya melakukan penghormatan kepada Catur Guru.
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan kepada peserta
didik secara lisan bagaimana cara menghormati Catur Guru.
Observasi
Pendidik meminta kepada peserta didik untuk
melakukan pengamatan dilingkungan sekitar rumah terkait perilaku orang terhadap
Catur Guru, dan mencatat hasil pengamatannya.
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat kartu atau poster terkait
cara menghormati Catur Guru.
|
7 X 4Jp
|
·
Buku
Teks pelajaran Agama Hindu
·
Buku Upadesa.
·
Kitab Sarasamuccaya
·
Kitab Veda Smrti.
·
Kitab Bhagavadgita
|
4.3
Mempraktikkan pelaksanaan ajaran Catur Guru
|
|||||
3.4.Mengamati
tempat-tempat suci dalam agama Hindu
|
Tempat Suci
|
Mengamati
·
Membaca buku
teks pelajaran terkait materi
pengertian Tempat Suci.
·
Mendengar
dengan seksama paparan pendidik mengenai jenis-jenis dan
fungsi Tempat
Suci.
·
Mengamati tempat-tempat Suci agama Hindu yang
terdapat dilingkungan (sekolah, dan rumah).
Menanya
·
Menanyakan
kepada pendidik struktur
tempat suci.
·
Menanyakan
kepada pendidik
nama-nama bangunan yang terdapat pada tempat suci.
·
Menanyakan kepada pendidik upaya menjaga tempat suci.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mencari
informasi pelinggih
pokok tempat
suci
bedasarkan jensi dan fungsinya.
·
Melakukan wawancara kepada tokoh Hindu tentang sejarah tempat suci
Hindu di lingkungan terdekat.
·
Mencari informasi syarat-syarat memasuki tempat suci.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan fungsi-fungsi dari tempat suci agama
Hindu.
·
Menyimpulkan upaya-upaya dalam melestarikan tempat
suci.
Mengomunikasikan
·
Menceritakan
jenis-jenis
tempat suci Hindu.
·
Menyebutkan fungsi tempat suci agama
Hindu
dalam kehidupan.
·
Menyebutkan upaya-upaya melestarikan tempat suci.
|
Tugas
Peserta didik diminta melakukan kunjungan
ketempat-tempat suci Hindu,
kemudian membuat laporan.
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan lisan kepada
peserta didik terkait struktur tempat suci.
Observasi
Pendidik meminta kepada peserta didik untuk melakukan
wawancara dengan orang suci Hindu terkait
tempat suci, dan mencatat hasilnya.
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat gambar tempat suci.
|
7 X 4Jp
|
·
Buku
Teks pelajaran Agama Hindu
·
Buku Upadesa.
·
Kitab Sarasamuccaya
·
Kitab Veda Smrti.
·
Kitab Bhagavadgita
·
Buku Bhisama Parisada
|
4.4
Menceritakan kembali jenis
dan fungsi tempat suci dalam agama Hindu.
|
|||||
3.5
Memahami
kitab Suci Veda sebagai sumber hukum Hindu
|
Kitab Suci
Veda
|
Mengamati
·
Membaca buku
teks pelajaran agama Hindu
tentang pengertaian kitab suci Veda.
·
Mengamati
bagan kodifikasi
Veda.
Menanya
·
Menanyakan
kitab yang tergolong
ke dalam Veda Sruthi.
·
Menanyakan
kitab yang tergolong
ke dalam Veda Smerti.
·
Menanyakan kepada pendidik kitab suci yang tergolong
ke dalam kelompok Nibandha.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mencari
informasi tentang kelompok Veda Sruthi.
·
Mencari
informasi tentang kelompok Veda Smerti.
·
Mencari
informasi tentang kelompok Nibandha.
Mengasosiasikan
·
Membuat
katagori kitab yang tergolong kelompok Veda Sruthi.
· Membuat katagori
kitab yang tergolong kelompok Veda Smerti.
· Membuat katagori
kitab yang tergolong kelompok kitab Nibandha.
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan bagian-bagian dari Veda Sruthi
·
Menyebutkan bagian-bagian dari Veda Smrti
·
Menyebutkan orang-orang yang berjasa dalam menulis
kitab suci Veda.
|
Tugas
Peserta didik diminta membuat ringkasan salah
satu isi kitab suci Veda.
Tes
Pendidik memberikan
soal-soal tentang kitab suci Veda.
Observasi
Pendidik meminta kepada peserta didik untuk
melakukan wawancara dengan tokoh setempat tentang kitab suci Veda.
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat bagan kodifikasi kitab
suci Veda.
|
7 X 4Jp
|
·
Buku
Teks pelajaran Agama Hindu
·
Buku Peta Jalan Veda
·
Kitab Sarasamuccaya
·
Kitab Veda Smrti.
·
Kitab Ramayana
·
Kitab Mahabharata
·
Kitab Bhagavadgita
|
4.5 Menunjukkan contoh-contoh kitab suci Veda
Sruthi dan Smerti
sebagai sumber hukum Hindu
|
|||||
SILABUS
MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAM HINDU DAN BUDI PEKERTI UNTUK SD
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas : VI (Enam)
Kompetensi
Inti :
KI 1
|
:
|
Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah
air
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaanTuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Membiasakan
mengucapkan salam agama Hindu
1.2
Membiasakan
mengucapkan Dainika Upasana (doa sehari-hari).
|
|||||
2.1
Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi
ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).
2.2
Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang
Widhi
|
|||||
3.1 Memahami ajaran Tri Rna sebagai hutang
manusia yang dibawa sejak lahir.
|
Tri Rna
|
Mengamati
·
Menyimak paparan konsep Tri Rna sebagai hutang manusia.
·
Mengamati perilaku Tri Rna dilingkungan rumah
Menanya
· Menanyakan kepada pendidik
tentang bagian-bagian Tri Rna.
· Menanyakan
hak dan kewajiban dalam melaksanakan Tri Rna
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Melakukan wawancara kepada orang tua tentang penerapan Tri Rna.
·
Mengumpulkan data-data terkait contoh penerapan Tri Rna dalam kehidupan
sehari-hari
Mengasosiasikan
·
Merangkum secara singkat materi Tri Rna dalam agama
Hindu.
·
Menyimpulkan tujuan melaksanakan Tri Rna
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan contoh pelaksanaan Tri Rna dalam Kehidupan.
·
Mendemontrasikan contoh membayar Tri Rna dalam kehidupan.
|
Tugas
Peserta didik diminta mengerjakan latihan pada
buku teks pelajaran di rumah.
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik secara lisan
dan tertulis tentang ajaran Tri Rna
Observasi
Mengamati perilaku meleksanakan ajaran Tri Rna
Portofolio
Mengumpulkan gambar, laporan tertulis dari media (koran, dan majalah) yang berkaitan dengan Tri Rna
|
7 mg x 4Jp
|
· Buku
Teks pelajaran Agama Hindu
· Buku
Panca Yajñā
· Gambar-gambar
pelaksanaan Panca Yajñā
|
4.1 Mempraktikkan ajaran Tri Rna sebagai hutang manusia
yang dibawa sejak lahir.
|
|||||
3.2 Memahami ajaran Tat Twam Asi. dalam cerita
Itihasa.
|
Tat Twam Asi.
|
Mengamati
·
Mendengarkan hakekat ajaran Tat Twam Asi.
·
Membaca cerita-cerita terkait Tat Twam
Asi
dalam Itihasa.
· Membaca artikel-artikel yang terkait
dengan ajaran Tat Twam Asi.
Menanya
· Menanyakan
pada pendidik dimana
penerapan Tat Twam Asi.
· Menanyakan kepada orang tua contoh perilaku Tat Twam
Asi.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
· Mengumpulkan data terkait pelaksanaan ajaran Tat
Twam Asi dalam kehidupan.
· Mengadakan wawancara kepada masyarakat sekitar
contoh perilaku Tat Twam Asi.
Mengasosiasikan
· Merangkum secara singkat terkait dengan ajaran Tat
Twam Asi.
· Menyimpulkan
manfaat ajaran Tat Twam Asi dalam
kehidupan.
Mengomunikasikan
·
Membuat laporan
dalam bentuk tulisan perilaku pengamalan ajaran Tat Twam
Asi
dalam kehidupan.
|
Tugas
Peserta didik diminta mengerjakan soal-soal
latihan pada buku teks pelajaran, di rumah.
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik secara lisan
dan tertulis tentang ajaran Tat Twam Asi dalam kehidupan
Observasi
Mengamati dan mengumpulan data dampak pengaruh
penerapan Tat Twam Asi sebagai nilai universal.
Portofolio
Membuat laporan tertulis dan dalam bentuk Gambar /
foto sikap hidup Tat Twam Asi sebagai apresiasi kepada semua makhluk.
|
7 X 4
Jp
|
· Buku
Teks pelajaran Agama Hindu
· Gambar-gambar
perilaku manusia pengamalan Tat Twam Asi
· VCD Ramayana
· VCD Mahabharata
· Kitab Bhagavadgita
· Kitab Sarasamuscaya
|
4.2 Mengenal Tat Twam Asi dalam cerita Itihasa.
|
|||||
3.3.Memahami ajaran Sad Ripu sebagai perilaku
yang patut dihindari.
|
Sad Ripu
|
Mengamati
·
Mendengarkan paparan ajaran Sad Ripu yang patut dikendalikan.
· Membaca buku teks pelajaran
mengenai Sad Ripu.
· Membaca cerita-cerita yang
terkait dengan Sad Ripu
Menanya
·
Menanyakan kepada pendidik bagian-bagian Sad Ripu.
·
Menanyakan kepada teman dan orang tua contoh perilaku
Sad Ripu.
·
Menanyakan akibat perilaku yang dipengaruhi Sad Ripu.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
· Mengadakan wawancara dengan tokoh Hindu terkait
dengan ajaran Sad Ripu.
· Mengumpulkan
data dampak buruk pengaruh Sad
Ripu
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan secara singkat terkait materi Sad Ripu
dalam agama Hindu.
·
Menyimpulkan
pengaruh Sad Ripu baik untuk diri pribadi dan orang lain.
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan bagian-bagian Sad Ripu dalam agama Hindu.
·
Menyebutkan contoh-contoh perilaku Sad Ripu dalam
kehidupan.
|
Tugas
Mengerjakan soal dan meringkas materi Sad Ripu .
Tes
Pendidik memberikan soal-soal kepada peserta didik terkait
materi Sad Ripu.
Observasi
Mengamati dan mencatat dampak negative pengaruh
Sad Ripu dalam diri seseorang dan masyarakat
Portofolio
Membuat laporan tertulis baik berupa gambar / foto pengaruh Sad Ripu
|
7 X 4
Jp
|
· Buku
Teks pelajaran Agama Hindu
· Gambar-gambar
perilaku Sad Ripu
· Kitab Bhagavadgita
· Kitab Sarasamuscaya
|
4.3 Mempraktikkan ajaran Sad Ripu
sebagai perilaku yang patut dihindari.
|
|||||
3.4 Memahami ajaran Panca Sraddha sebagai
penguat keyakinan.
|
Panca
Sraddha
|
Mengamati
·
Mendengarkan paparan Panca Sraddha sebagai keyakinan Agama Hindu.
· Membaca buku teks berkaitan
dengan pengertian Panca Sraddha.
· Mengamati contoh pelaksanaan Panca Sraddha dalam
kehidupan
Menanya
· Menanyakan kepada teman, orang tua dan pendidik
terkait materi Panca Sraddha.
· Menanyakan
bentuk sikap dan perilaku menerapkan Panca Sraddha.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
· Mengumpulkan
data contoh-contoh Panca Sraddha.
· Mengadakan wawancara kepada tokoh Hindu terkait
dengan upaya-upaya menjalankan Panca Sraddha.
Mengasosiasikan
· Menyimpulkan
Panca Sraddha
sebagai dasar keyakinan
· Merangkun materi Panca Sraddha sesuai pemahaman
peserta didik masing-masing.
Mengomunikasikan :
·
Menyebutkan bagian-bagian Panca Sraddha dalam agama
Hindu.
·
Menyebutkan bagaimana masyarakat Hindu menerapkan Panca
Sraddha dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tugas
Peserta didik diminta mengerjakan latihan pada
buku teks pelajaran di rumah.
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik secara lisan
dan tertulis bagian-bagian dan contoh-contoh pelaksanaan Panca Sraddha
Observasi
Pendidik meminta kepada
peserta didik melakukan wawancara kepada tokoh Hindu terkait ajaran Panca Sraddha dalam agama Hindu dan mencatatnya.
Portofolio
Peserta didik diminta
untuk menulis laporan tentang pelaksanaan Panca Sraddha dalam kehidupan.
|
7 X 4
Jp
|
· Buku
Teks pelajaran Agama Hindu
· Buku
Panca Sraddha
· Buku Upadesa
|
4.4 Mempraktikkan Panca Sraddha sebagai penguat keyakinan
dalam beragama.
|
|||||
3.5
Memahami
isi pokok kitab suci Bhagavadgita sebagai Pancama Veda.
|
Bhagavadgita
|
Mengamati
· Mengamati buku Bhagavadgita dengan seksama.
· Mendengarkan paparan nilai yang terkandung dalam kitab Bhagavadgita.
· Membaca isi dari kitab suci Bhagavadgita.
· Membaca sloka-sloka yang terdapat
dalam Bhagavadgita.
Menanya :
· Menanyakan kepada pendidik manfaat
kitab Bhagavadgita dalam kehidupan.
· Menanyakan kepada teman dan orang
tua isi dari kitab Bhagavadgita.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
· Mengumpulkan sloka-sloka yang termasuk dalam
Bhagavadgita.
· Mengadakan wawancara kepada tokoh Hindu tentang isi
kitab Bhagavadgita.
Mengasosiasikan
· Menyimpulkan isi kitab Bhagavadgita.
· Menyimpulkan
makna yang terkandung dalam sloka-sloka Karma Marga
Mengomunikasikan :
·
Menyebutkan bab-bab dalam kitab Bhagavadgita.
·
Mendemontrasikan sloka-sloka dalam kitab Bhagavadgita.
|
Tugas
Peserta didik diminta membaca sloka-sloka kitab Bhagavadgita
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik secara lisan
dan tertulis tentang Bhagavadgita
Observasi
Pendidik meminta kepada
peserta didik untuk mengamati masyarakat
dalam membaca Sloka-sloka
Bhagawdgita dan menuliskan hasil pengamatannya.
Portofolio
Peserta didik diminta
membuat cerita pengalamannya dalam melafalkan sloka-sloka Bhagavadgita.
|
7 X 4
Jp
|
· Buku
Teks pelajaran Agama Hindu
· Kitab Bhagavadgita
· Buku
Komik Mahabharata
|
4.5 Melantunkan sloka-sloka dalam Bhagavadgita.
|
Sumber : Materi Workshop Peningkatan SDM Pengelola Pasrama Se-Jawa Barat Oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, 4-6 Juli 2014 di Lembang Bandung.
Komentar
Posting Komentar