Satuan Pendidikan : SMP
Kelas : VII
Kompetensi Inti :
|
KI 1
|
:
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1
Membiasakan mengucapkan
salam agama Hindu.
1.2
Membiasakan
mengucapkan Dainika Upasana (doa sehari-hari).
|
|
|
|
|
|
|
2.1.
Toleran terhadap
sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi ciptaan Sang Hyang
Widhi (Ahimsa).
2.2.
Berperilaku jujur
(Satya), menghargai dan menghormati (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang
Widhi.
|
|
|
|
|
|
|
3.1.
Memahami konsepsi
Avatara, Deva, dan Bhatara dalam agama Hindu.
4.1
Menceritakan
konsepsi Avatara, Deva, dan Bhatara dalam agama Hindu.
|
Avatara,
Deva,dan Bhatara
|
Mengamati :
· Menyimak paparan asal semua makhluk (sarwa bhutesu).
· Mendengarkan konsep Avatara sebagai penjelmaan Sang Hyang Widhi.
· Membaca materi Avatara, Deva dan Bhatara sebagai pelindung dan
pemberi sinar kepada seluruh makhluk
hidup
pada buku teks pelajaran agama Hindu.
· Menyimak dengan seksama paparan
dari
pendidik mengenai tugas Avatara, Deva dan
Bhatara.
Menanya :
· Menanyakan kembali kepada pendidik
asal mula semua mahkluk hidup.
· Menanyakan kembali kepada pendidik, fungsi Avatara sebagai
penjelmaan Sang Hyang Widhi.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
· Peserta didik mengumpulkan gambar-gambar tentang Dasa
Avatara.
· Peserta didik mengumpulkan bukti-bukti tentang Dasa Avatara.
· Peserta didik mengumpulkan bukti-bukti Deva dan Bhatara.
Mengasosiasikan :
· Merangkum
tugas dan fungsi Avatara.
· Menyimpulkan tugas serta wewenang Deva dan Bhatara.
· Menyimpulkan sejauhmana kemahakuasaan Sang Hyang Widhi sebagai
penguasa makhluk hidup.
Mengomunikasikan :
· Peserta didik menyebutkan tugas-tugas dari Deva sebagai sinar suci Sang Hyang
Widhi.
· Peserta didik menyebutkan tugas-tugas dari Bhatara sebagai pelindung.
· Peserta didik menyebutkan tugas-tugas dari Avatara sebagai penyeimbang dharma
atas adharma.
|
·
Tugas
Peserta didik diminta mengerjakan
latihan pada buku teks pelajaran di rumah.
·
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik
secara lisan dan tertulis sesuai materi yang diajarkan.
·
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada
peserta didik melakukan pengamatan, menyimak, membaca materi Avatara, Deva dan
Bhatara, kemudian membuat kesimpulan.
·
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat
kliping tentang Avatara, Deva dan Bhatara.
|
4 x 3Jp
|
· Buku Teks pelajaran Agama Hindu
· Gambar Acintya dan
Dewa-dewa
· Gambar-gambar Avatara.
· Buku Upadesa
· Kitab Bhagavadgita
|
|
3.2.
Memahami ajaran
Karmaphala Tattva sebagai bagian dari Sraddha.
4.2
Menunjukkan contoh
Karmaphala Tattva dalam kehidupan.
|
Karmaphala
|
Mengamati :
·
Peserta didik membaca
materi Karmaphala pada buku teks pelajaran agama Hindu.
·
Menyimak dengan seksama illustrasi
ajaran
Karmaphala
· Peserta didik membaca jenis-jenis Karmaphala.
· Mendengarkan contoh perilaku Karmaphala dalam kehidupan.
Menanya :
·
Peserta didik menanyakan kembali
pengertian Karmaphala yang telah diajarkan pada pendidik atau teman.
·
Menanyakan jenis-jenis Karmaphala
dalam agama Hindu.
·
Menanyakan akibat-akibat dari
perilaku kita pada pendidik.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
· Peserta didik mengadakan wawancara kepada orang-orang sekitar tentang
Karmaphala.
· Peserta didik mengumpulkan contoh-contoh perilaku-perilaku orang di lingkungan
sekolah dan rumah.
· Peserta didik mengumpulkan artikel-artikel yang terkait dengan materi
Karmaphala.
Mengasosiasikan :
·
Menyimpulkan pengertian Karmaphala dalam
agama Hindu.
·
Menyimpulkan
pengertian masing-masing jenis Karmaphala.
·
Merangkum
contoh perilaku-perilaku orang di lingkungan sekolah.
Mengomunikasikan :
·
Peserta didik menunjukkan Karmaphala
sebagai penentu kelahiran mendatang.
·
Peserta didik menyebutkan
contoh-contoh perilaku orang-orang di lingkungan sekolah dan rumah.
·
Peserta didik menunjukkan
akibat-akibat perilaku tidak baik terhadap orang lain.
·
Peserta didik menyebutkan dampak
perilaku baik seseorang dalam kehidupannya.
|
·
Tugas
Peserta didik diminta mencatat
perilaku-perilaku orang yang ada di lingkungan sekolah dan rumah.
·
Tes
Pendidik memberikan soal-soal yang
terkait dengan materi Karmaphala.
·
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada
peserta didik melakukan pengamatan, mengumpulkan data terkait perilaku orang.
·
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat
karangan mengenai perilaku orang.
|
4 x 3Jp
|
· Buku Teks pelajaran Agama Hindu
· Kitab
Sarasamuscaya
· Kitab
Bhagavadgita
· Buku Upadesa
· Gambar-gambar terkait Karmaphala
|
|
3.3 Memahami
Mantram dan Sloka Veda sebagai penyelamat manusia.
4.3
Melantunkan Mantram
dan Sloka Veda sebagai penyelamat manusia.
|
Dharmagita
|
Mengamati :
·
Mendengarkan Mantram-mantram Veda.
·
Peserta didik membaca mantram-mantram
dalam kitab suci Veda.
· Mengamati tanda baca dalam mantram-mantram Hindu.
Menanya :
· Menanyakan cara yang baik melantunkan mantram.
· Menanyakan fungsi dan makna tanda baca pada mantram.
· Menanyakan pengaruh mantram pada kehidupan.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
· Mengumpulkan mantram-mantram sehari-hari.
· Melakukan wawancara kepada sulinggih mengenai tujuan dari sebuah
mantram.
· Menyebarkan angket terkait dampak mantram-mantram Veda dalam
kehidupannya.
Mengasosiasikan :
·
Mengelompokkan mantram-mantram
sehari-hari dan pada waktu-waktu tertentu.
· Merangkum sloka-sloka
dalam Bhagavadgita sebagai tuntunan manusia.
Mengomunikasikan :
·
Menunjukkan sloka-sloka penuntun
kehidupan.
·
Berlatih mengucapkan
mantram-mantram Veda.
|
·
Tugas
Peserta didik diminta mencari
mantram-mantram dalam Veda yang tetap untuk dirinya, kemudian dikumpulkan.
·
Tes
Pendidik meminta kepada peserta didik
melantunkan salah satu mantram-mantram dalam Veda.
·
Observasi
Pendidik meminta kepada peserta didik
melakukan wawancara kepada sulinggih manfaat mantram-mantram Veda dalam hidup.
·
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat
laporan hasil wawancara dan pengamatan di tempat suci terkait mantram-mantram
Veda.
|
5 x 3Jp
|
· Buku Teks pelajaran Agama Hindu
· Kitab
Sarasamuscaya
· Kitab
Bhagavadgita
· Buku Veda Walaka
|
|
3.4 Memahami
ajaran Sad Atatayi sebagai perbuatan yang
harus dihindari.
4.4 Menceritakan
perilaku Sad Atatayi yang harus dihindari.
|
Sad
Atatayi
|
Mengamati :
· Menyimak dengan seksama paparan pengertian Sad Atatayi.
· Membaca materi Sad Atatayi pada buku teks pelajaran agama Hindu.
· Melihat di lingkungan sekolah orang yang melakukan perilaku Sad
Atatayi.
· Membaca bagian-bagian Sad Atatayi dalam agama Hindu
Menanya :
· Menanyakan pada pendidik dan teman sebab orang melakukan perilaku Sad
Atatayi.
· Menanyakan pada pendidik bagian-bagian Sad
Atatayi.
· Menanyakan pada pendidik dan teman dampak yang dihasilkan
dari perilaku Sad Atatayi.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
· Mengumpulkan bukti-bukti contoh perilaku Agnida.
· Mengumpulkan bukti-bukti contoh perilaku Atharwa.
· Mengumpulkan bukti-bukti contoh perilaku Sastragna.
Mengasosiasikan :
·
Merangkum artikel terkait contoh
perilaku Agnida dalam Sad Atatayi.
·
Merangkum artikel terkait contoh
perilaku Atharwa dalam Sad Atatayi.
·
Merangkum artikel terkait contoh
perilaku Sastragna dalam Sad Atatayi.
·
Mengelompokkan contoh-contoh
pertilaku dari bagian-bagian Sad Atatayi.
Mengomunikasikan :
·
Peserta didik menyebutkan
bagian-bagian Sad Atatayi.
·
Menunjukkan bukti-bukti perilaku
Sad Atatayi.
·
Menunjukkan perilaku toleransi antar sesama.
·
Mendemontrasikan cara menghindari
perilaku Sad Atatayi.
|
·
Tugas
Peserta didik diminta melakukan
pengamatan dan wawancara di lingkungan rumah dan sekolah tentang perilaku Sad
Atatayi.
·
Tes
Pendidik memberikan tes paper kepada peserta didik untuk
dikerjakan.
·
Observasi
Pendidik meminta peserta didik
kelapangan sekolah untuk mengadakan observasi dan membuat laporan hasil
observasinya.
·
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat
kliping cara menghindarkan diri dari perilaku Sad Atatayi.
|
5 x 3Jp
|
· Buku Teks pelajaran Agama Hindu
· Kitab
Sarasamuscaya
· Koran, dan Majalah
|
|
3.5 Memahami
ajaran Sapta Timira sebagai perilaku yang harus dihindari.
4.5
Menceritkan
perilaku Sapta Timira yang harus dihindari.
|
Sapta Timira
|
Mengamati :
·
Menyimak dengan seksama penjelasan pengertian Sapta
Timira.
·
Peserta didik membaca materi terkait ajaran Sapta
Timira.
·
Mendengarkan cerita contoh perilaku Sapta Timira dalam
kehidupan.
·
Menyimak bagian-bagian Sapta
Timira.
Menanya :
· Menanyakan pada pendidik contoh
perilaku Sapta Timira dalam kehidupan.
· Menanyakan dampak yang ditimbulkan dari perilaku Sapta Timira.
· Menanyakan pada pendidik upaya-upaya
menghindar dari perilaku Sapta Timira.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
· Melakukan wawancara kepada teman dan orang tua contoh perilaku
Sapta Timira.
· Mengumpulkan foto-foto, gambar-gambar, artikel-artikel tentang
perilaku Sapta Timira.
·
Mencari Sloka-sloka pendukung
Sapta Timira.
Mengasosiasikan :
·
Menyimpulkan dampak yang
ditimbulkan dari perilaku Sapta Timira.
·
Merangkum kisah-kisah perilaku
Sapta Timira yang terjadi.
Mengomunikasikan :
·
Menyebutkan bagian-bagian Sapta
Timira.
·
Menunjukkan contoh perilaku yang menunjukkan saling
menghargai, toleransi dan tenggang rasa.
·
Menyebutkan dampak perilaku Sapta
Timira dalam kehidupan.
·
Menyebutkan upaya menghindar dari
perilaku Sapta Timira.
|
·
Tugas
Peserta didik diminta mengerjakan
latihan pada buku teks pelajaran di rumah.
·
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik
secara lisan dan tertulis sesuai materi yang diajarkan.
·
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada
peserta didik melakukan pengamatan, menyimak, membaca materi Sapta Timira
kemudian membuat kesimpulan.
·
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat
kliping tentang Sapta Timira.
|
4 x 3Jp
|
· Buku Teks pelajaran Agama Hindu
· Kitab
Sarasamuscaya
|
|
3.6 Memahami
ajaran Yajñā dan kualitas Yajñā.
4.6
Menyebutkan contoh
Yajñā yang bersifat Sātvika, Rajasika, dan Tamasika.
|
Yajñā
|
Mengamati :
· Menyimak dengan seksama paparan tentang pengertian
Yajñā.
· Membaca jenis-jenis Yajñā pada buku teks pelajaran agama Hindu.
· Membaca materi Yajñā pada buku teks pelajaran.
· Mendengarkan penjelasan Yajñā yang bersifat Sātvika.
· Membaca
Yajñā yang bersifat Rajasika dalam
agama Hindu.
· Menyimak Yajñā
yang bersifat Tamasika dalam kehidupan.
Menanya :
· Menanyakan jenis-jenis Yajñā dalam ajaran agama Hindu.
· Menanyakan contoh-contoh Yajñā yang dilaksanakan di masyarakat.
· Menanyakan dampak pelaksanaan Yajñā dalam kehidupan sehari-hari.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
· Mencari bukti-bukti pelaksanaan Yajñā dalam masyarakat.
· Mengumpulkan data-data terkait pelaksanaan Yajñā yang Sātvika.
· Mengumpulkan data-data terkait pelaksanaan Yajñā yang Rajasika.
· Mengumpulkan data-data terkait pelaksanaan Yajñā yang Tamasika.
· Melakukan wawancara pada sulinggih terkait Yajñā dalam agama
Hindu.
Mengasosiasikan :
· Menyimpulkan proses pelaksanaan Yajñā.
· Menyimpulkan dampak pelaksanaan Yajñā dalam kehidupan.
· Merangkum contoh pelaksanaan Yajñā yang Satvika.
Mengomunikasikan :
· Menyebutkan jenis-jenis Yajñā dalam agama Hindu.
· Menunjukkan dampak pelaksanaan Yajñā dalam diri.
· Melaporkan data hasil wawancara terkait Yajñā dalam agama Hindu.
|
·
Tugas
Peserta didik diberikan
tugas ketempat suci, untuk menuliskan Yajñā yang sering dilaksanakan di tempat suci tersebut.
·
Tes
Pendidik memberikan soal-soal terkait Yajñā untuk dikerjakan peserta didik.
·
Observasi
Pendidik meminta kepada peserta didik
untuk melakukan wawancara dengan tokoh setempat mengenai makna pelaksanaan Yajñā.
·
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat laporan
tertulis dalam bentuk makalah makna dan fungsi dan kwalitas Yajñā.
|
5 x 3Jp
|
· Buku Teks pelajaran Agama Hindu
· Buku Panca Yajñā
|
|
3.7
Memahami konsep
ketuhanan dalam agama Hindu.
4.7
Menceritakan
konsepsi ketuhanan dalam agama Hindu.
|
Konsep ketuhanan dalam agama
Hindu
|
Mengamati :
· Menyimak paparan ketuhanan dalam agama Hindu
· Membaca materi ketuhanan dalam agama Hindu pada buku teks
pelajaran.
· Menyimak pengertian ketuhanan Monotheisme dan Polytheisme.
Menanya :
· Menanyakan konsep
ketuhanan Monotheisme.
· Menanyakan konsep ketuhanan Polytheisme.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
· Melakukan wawancara kepada teman tentang pemahamannya akan
ketuhanan dalam agama Hindu.
·
Mengumpulkan
artikel-artikel terkait dengan konsep ketuhanan Monotheisme dan
Polytheisme.
· Mencari sloka-sloka
terkait ketuhanan dalam agama Hindu.
Mengasosiasikan :
· Menyimpulkan konsep ketuhanan dalam agama Hindu.
· Menyimpulkan konsep ketuhanan Monotheisme dan
Polytheisme.
Mengomunikasikan :
·
Menyebutkan konsep ketuhanan
Monotheisme dan Polytheisme.
· Menunjukkan
sloka-sloka yang terkait dengan konsep ketuhanan dalam Veda.
|
·
Tugas
Peserta didik diminta mengumpulkan sloka-sloka terkait ketuhanan dalam agama
Hindu.
·
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik
secara lisan dan tertulis tentang konsep ketuhanan agama Hindu.
·
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada
peserta didik melakukan pengamatan, membaca materi ketuhanan dalam agama
Hindu kemudian membuat kesimpulan.
·
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat
makalah tentang konsep ketuhanan dalam agama Hindu.
|
3 x 3Jp
|
· Buku Teks pelajaran Agama Hindu
· Kitab Suci Veda
|
|
3.8
Memahami Veda dan
batang tubuh Veda.
4.8
Mengelompokkan Veda
dan batang tubuh Veda.
|
Kitab Suci Veda
|
Mengamati :
· Menyimak paparan materi kitab suci Veda dan
batang tubuh Veda.
· Membaca pengertian kitab suci Veda dan
bagian-bagian Veda.
· Membaca bagian-bagian batang tubuh Veda.
Menanya :
· Menanyakan pengertian kitab suci Veda.
· Menanyakan bagian-bagian kitab suci Veda.
· Menanyakan bagian-bagian batang tubuh Veda.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
· Mengumpulkan buku-buku yang termasuk kitab suci Veda.
· Mencari informasi kepada teman, orang tua, dan sulinggih
buku-buku yang termasuk kitab suci Veda.
Mengasosiasikan :
· Menyimpulkan buku-buku yang termasuk kitab suci Veda.
· Meringkas salah satu isi dari kitab suci
Veda.
Mengomunikasikan :
· Menyebutkan bagian kitab-kitab Sruti.
· Menyebutkan bagian kitab-kitab Smerti.
· Menyebutkan kitab-kitab Vedangga.
· Menyebutkan nama-nama Maharsi penyusun Catur Veda.
|
·
Tugas
Peserta didik diminta mengerjakan
latihan pada buku teks pelajaran di rumah.
·
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik
secara lisan dan tertulis tentang kitab suci Veda.
·
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada
peserta didik melakukan pengamatan, menyimak, membaca materi kitab suci Veda,
kemudian membuat kesimpulan.
·
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat
bagan kodifikasi kitab suci Veda.
|
5 x 3Jp
|
· Buku Teks pelajaran Agama Hindu
· Kitab Catur Veda
|
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas : VIII
Kompetensi Inti :
|
KI 1
|
:
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
|
KI 3
|
:
|
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1
Membiasakan
mengucapkan salam agama Hindu.
1.2
Membiasakan
mengucapkan Dainika Upasana (doa sehari-hari).
|
|
|
|
|
|
|
2.1.
Toleran terhadap
sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi ciptaan Sang Hyang
Widhi (Ahimsa).
2.2.
Berperilaku jujur
(Satya), menghargai dan menghormati (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang
Widhi.
|
|
|
|
|
|
|
3.1.
Memahami Sad Ripu sebagai aspek diri yang harus
dihindari.
4.1
Menceritakan perilaku Sad Ripu dalam kehidupan yang
harus dihindari.
|
Sad Ripu
|
Mengamati :
· Menyimak pemaparan materi Sad Ripu.
· Membaca materi Sad Ripu pada buku teks pelajaran agama Hindu.
· Melihat di lingkungan sekolah orang yang melakukan perilaku Sad
Ripu.
· Membaca bagian-bagian Sad Ripu dalam agama Hindu.
Menanya :
· Menanyakan sebab orang melakukan Sad Ripu.
· Menanyakan bagian-bagian Sad Ripu.
· Menanyakan dampak yang dihasilkan dari perilaku Sad Ripu.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
· Mengumpulkan bukti-bukti contoh perilaku Krodha.
· Mengumpulkan bukti-bukti contoh perilaku Lobha.
· Mengumpulkan bukti-bukti contoh perilaku Mada.
Mengasosiasikan :
·
Merangkum artikel contoh perilaku
Krodha dalam Sad Ripu.
·
Merangkum artikel contoh perilaku
Lobha dalam Sad Ripu.
·
Merangkum artikel contoh perilaku
Mada dalam Sad Ripu.
·
Mengelompokkan contoh-contoh perilaku
dari bagian-bagian Sad Ripu.
Mengomunikasikan :
·
Menyebutkan bagian-bagian Sad Ripu.
·
Menunjukkan bukti-bukti perilaku
Sad Ripu.
·
Menunjukkan perilaku toleransi antar sesama.
·
Mendemontrasikan cara menghindari
perilaku Sad Ripu.
|
·
Tugas
Peserta didik diminta melakukan
pengamatan dan wawancara di lingkungan rumah dan sekolah tentang perilaku Sad
Ripu.
·
Tes
Pendidik memberikan paper tes kepada
peserta didik untuk dikerjakan.
·
Observasi
Pendidik meminta peserta didik
kelapangan sekolah untuk mengadakan observasi dan membuat laporan hasil
observasinya.
·
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat
kliping cara memnghindarkan diri dari perilaku Sad Ripu.
|
6 x 3Jp
|
· Buku Teks pelajaran Agama Hindu
· Kitab
Bhagavadgita
· Kitab
Sarasamuscaya
|
|
3.2.
Memahami
sifat-sifat Tri Guna dalam diri.
4.2
Menunjukkan
sifat-sifat Tri Guna dalam diri.
|
Tri Guna
|
Mengamati :
· Menyimak paparan pengertian Tri Guna sebagai sifat dasar
manusia.
· Memdengarkan sifat-sifat Tri Guna dalam diri.
· Membaca materi pelajaran tentang Tri Guna.
Menanya :
· Menanyakan sifat-sifat satwam dalam diri manusia.
· Menanyakan sifat-sifat rajasika dalam diri manusia.
· Menanyakan sifat-sifat tamas dalam diri manusia.
· Menanyakan dampak dari ketidak seimbangan Tri Guna dalam diri.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
· Mengumpulkan contoh sifat satwam dalam
masyarkat.
· Mengumpulkan contoh sifat rajas dalam
masyarakat.
· Mengumpulkan contoh sifat tamas dalam
masyarkat.
· Menggali sumber-sumber sastra berkaitan dengan Tri Guna.
Mengasosiasikan :
· Menyimpulkan perilaku-perilaku yang tergolong sifat satwam.
· Menyimpulkan perilaku-perilaku yang tergolong sifat rajas.
· Menyimpulkan perilaku-perilaku yang tergolong sifat tamas.
Mengomunikasikan :
· Menyebutkan bagian-bagian Tri Guna.
· Menceritakan salah satu contoh seorang yang memiliki sifat
Satwam.
· Menyebutkan dampak dari ketidakseimbangan Tri Guna dalam diri
manusia.
|
·
Tugas
Peserta didik diminta mengerjakan
latihan pada buku teks pelajaran di rumah.
·
Tes
Pendidik mengadakan tes harian dengan
memberikan soal-soal.
·
Observasi
Pendidik mengarahkan peserta didik
untuk mengumpulkan foto-foto, gambar-gambar, dan artikel-artikel yang
termasuk dalam Tri Guna
·
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat
kliping tentang Tri Guna dalam masyarakat.
|
5 x 3Jp
|
· Buku Teks pelajaran Agama Hindu
· Kitab
Sarasamuscaya
|
|
3.3
Memahami Atman
sebagai sumber hidup.
4.3
Menceritakan Atman
sebagai sumber hidup makhluk hidup.
|
Atma
|
Mengamati :
· Menyimak dengan seksama paparan Atma sebagai sumber hidup.
· Membaca literatur tentang Atma dalam Bhagavadgita.
· Membaca materi sifat-sifat atma pada buku teks
pelajaran agama Hindu.
Menanya :
· Menanyakan fungsi atma dalam diri manusia.
· Menanyakan sifat-sifat atma dalam agama Hindu.
· Menanyakan sloka-sloka yang terkait dengan sifat-sifat atma.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
·
Mengumpulkan
sloka-sloka yang terkait dengan Atma.
·
Mencari
literatur tentang Atma dalam Bhagavadgita.
Mengasosiasikan :
· Menyimpulkan fungsi Atma dalam diri manusia.
· Menyimpulkan sifat Atma dangan sifat Brahman.
· Menyimpulkan hubungan Atma dengan Brahman.
Mengomunikasikan :
· Menyebutkan sifat-sifat Atma dalam kitab
suci Bhagavadgita
· Mengungkapkan hubungan Atma dengan Brahman.
|
·
Tugas
Peserta didik diminta mecari artikel
di Koran, majalah, selebaran tentang atma.
·
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik
secara lisan dan tertulis sesuai materi yang diajarkan.
·
Observasi
Pendidik meminta peserta didik
melakukan wawancara pada sulinggih dan tokoh tentang hubungan Atma dengan
Brahman.
·
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat
makalah tentang hubungan Atma dengan Brahman.
|
6 x 3Jp
|
· Buku Teks pelajaran Agama Hindu
· Buku Panca Sraddha
· Kitab
Bhagavadgita
|
|
3.4
Memahami Panca Maha
Bhuta sebagai unsur pembentuk alam semesta.
4.4
Mempraktikkan cara
melestarikan alam semesta.
|
Panca Maha Bhuta
|
Mengamati :
· Menyimak dengan seksama paparan Panca Maha Bhuta.
· Membaca bagian-bagian Panca Maha Bhuta.
· Menyimak contoh-contoh Panca Maha Bhuta pada bhuana Agung.
· Membaca contoh Panca Maha Bhuta pada bhuana Alit.
Menanya :
· Menanyakan bagian-bagian Panca Maha Bhuta dalam agama Hindu.
· Menanyakan contoh Panca Maha Bhuta pada bhuana Agung.
· Menanyakan contoh Panca Maha Bhuta pada bhuana Alit.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
· Mengadakan wawancara dengan orang tua contoh Panca Maha Bhuta
pada bhuana alit.
· Mecari di lingkungan sekolah benda-benda yang dibentuk oleh
Panca Maha Bhuta.
· Mengumpulkan gambar benda-benda yang dibentuk oleh unsur Panca
Maha Bhuta.
Mengasosiasikan :
· Menyimpulkan benda-benda ciptaan Sang Hyang Widhi yang dibentuk
unsur Panca Maha Bhuta.
· Menyimpulkan organ-organ tubuh manusia yang dibentuk oleh unsur
Panca Maha Bhuta.
Mengomunikasikan :
·
Menyebutkan bagian-bagian Panca Maha Bhuta.
· Menyebutkan contoh-contoh Panca Maha Bhuta pada bhuana Agung.
· Menyebutkan contoh-contoh Panca Maha Bhuta pada bhuana Alit.
|
·
Tugas
Peserta didik diminta mengerjakan
latihan pada buku teks pelajaran di rumah.
·
Tes
Pendidik mengadakan tanya jawab
tentang unsur pembentuk alam semesta.
·
Observasi
Pendidik mengajak peserta didik ke
lapangan dan meminta peserta didik mengadakan pengamatan dan menuliskan hasil
terkait dengan materi Panca Maha Bhuta.
·
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat
kliping benda-benda ciptaan Sang Hyang Widhi yang dibentuk oleh unsur Panca
Maha Bhuta.
|
6 x 3Jp
|
· Buku Teks pelajaran Agama Hindu
· Buku Adi Parwa
· Buku Aji Sangkya
|
|
3.5
Memahami dan
menerapkan ajaran Rsi Yajñā dan Pitra Yajñā.
4.5
Mempraktikan Rsi
Yajñā dan Pitra Yajñā dalam kehidupan.
|
Rsi
Yajñā dan Pitra Yajñā
|
Mengamati :
·
Menyimak dengan seksama paparan
pengertian Rsi Yajñā.
·
Menyimak dengan seksama paparan
pengertian Pitra Yajñā.
·
Membaca
contoh-contoh Rsi Yajñā dan Pitra Yajñā pada buku teks pelajaran.
·
Membaca
dampak-dampak pelaksanaan Rsi Yajñā dan Pitra Yajñā dalam kehidupan.
·
Membaca upaya-upaya
menghormati orang suci, orang tua, dan leluhur.
Menanya :
·
Menanyakan
contoh-contoh Rsi Yajñā dan Pitra Yajñā dalam kehidupan.
·
Menanyakan
dampak-dampak pelaksanaan Rsi Yajñā dan Pitra Yajñā dalam kehidupan.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
·
Mengumpulkan gambar
contoh pelaksanaan
Rsi Yajñā dan Pitra Yajñā.
·
Mengadakan
wawancara dampak pelaksanaan Rsi Yajñā dan Pitra Yajñā dalam kehidupan.
·
Mencari sloka-sloka
yang berhubungan dengan Rsi Yajñā dan Pitra Yajñā dalam kitab suci.
Mengasosiasikan :
· Menyimpulkan dampak pelaksanaan Rsi Yajñā dan Pitra Yajñā dalam
kehidupan.
· Merangkum salah satu contoh pelaksanaan Rsi Yajñā dan Pitra
Yajñā.
· Menyimpulkan upaya-upaya menghormati orang suci dan orang tua.
Mengomunikasikan :
·
Menyebutkan
contoh-contoh perilaku bhakti kepada
Rsi.
·
Menyebutkan contoh-contoh
perilaku bhakti kepada Orang tua.
·
Menunjukkan cara
menghormati orang suci atau Rsi.
·
Menunjukkan cara
menghormati orang tua dan leluhur.
|
·
Tugas
Peserta didik diminta berkunjung
ketempat tinggal orang suci, kemudian menuliskan pengalamannya.
·
Tes
Pendidik bertanya manfaat melaksanakan
Rsi Yajñā dan Pitra Yajñā.
·
Observasi
Pendidik meminta peserta didik
mengadakan wawancara dan berkunjung ketempat tinggal orang suci, kemudian
mencatat hasilnya.
·
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat karangan
dari pengalamannya berkunjung ketempat orang suci.
|
6 x 3Jp
|
· Buku Teks pelajaran Agama Hindu
· Buku Panca Yajñā
· Kitab Bhagavadgita
· Kitab Sarasamuscaya
|
|
3.6
Memahami
perkembangan agama Hindu di Asia.
4.6
Menceritakan perkembangan agama Hindu di Asia.
|
Sejarah Perkembangan Agama Hindu di Asia
|
Mengamati :
· Menyimak sejarah perkembangan agama Hindu di Asia Selatan.
· Membaca buku teks pelajaran terkait dengan materi sejarah
perkembangan agama Hindu di Asia.
· Menyimak bukti-bukti peninggalan agama Hindu di Asia.
Menanya :
· Menanyakan perjalanan sejarah agama Hindu di Asia.
· Menanyakan bukti-bukti peninggalan agama Hindu di Asia.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
· Mengumpulkan bukti-bukti peninggalan agama Hindu di Asia.
· Mencari artikel-artikel terkait sejarah perkembangan agama Hindu
di Asia.
· Melakukan wawancara kepada orang tua tentang sejarah
perkembangan agama Hindu di Asia.
Mengasosiasikan :
· Menyimpulkan secara singkat sejarah perkembangan agama Hindu di
Asia.
· Merangkum perjalanan sejarah agama Hindu di Asia.
Mengomunikasikan :
· Menyebutkan bukti-bukti peninggalan agama Hindu di Asia.
· Menunjukkan dalam peta
wilayah-wilayah India, Nepal, Banglades, Srilanka, serta yang lainnya.
· Menceritakan sejarah perjalanan agama Hindu di Asia.
|
·
Tugas
Peserta didik diminta merangkum
sejarah perkembangan agama Hindu di Asia.
·
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik
secara lisan dan tertulis tentang sejarah perkembangan agama Hindu di Asia.
·
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan peserta
didik untuk mencari artikel-artikel, baik di koran, majalah, dan internet
yang terkait dengan sejarah perkembangan agama Hindu Asia.
·
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat
kliping tentang sejarah perkembangan agama Hindu di Asia.
|
7 x 3Jp
|
· Buku Teks pelajaran Agama Hindu
· Buku Sejarah
|
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN
AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas : IX
Kompetensi Inti :
|
KI 1
|
:
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
|
KI 3
|
:
|
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1
Membiasakan
mengucapkan salam agama Hindu.
1.2
Membiasakan
mengucapkan Dainika Upasana (doa sehari-hari).
|
|
|
|
|
|
|
2.1.
Toleran terhadap
sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi ciptaan Sang Hyang
Widhi (Ahimsa).
2.2.
Berperilaku jujur
(Satya), menghargai dan menghormati (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang
Widhi.
|
|
|
|
|
|
|
3.1. Memahami kemahakuasaan Sang Hyang Widhi
sebagai Asta Aiswarya.
4.1 Menceritakan kemahakuasaan Sang Hyang Widhi
sebagai Asta Aiswarya.
|
Asta Aiswarya
|
Mengamati :
· Menyimak delapan
kemahakuasaan Hyang Widhi (Asta Aiswarya).
· Membaca bagian-bagian Asta Aiswarya pada buku teks pelajaran agama Hindu.
· Mendengarkan cerita kemahakuasaan Sang Hyang Widhi.
Menanya :
· Menanyakan kemahakuasaan Sang Hyang Widhi sebagai Asta Aiswarya
· Menanyakan bagian-bagian Asta Aiswarya
· Menanyakan contoh-contoh kemahakuasaan Sang Hyang Widhi.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
· Mengumpulkan contoh-contoh kemahakuasaan Sang Hyang Widhi.
· Mencari sloka-sloka yang terkait dengan kemahakuasaan Sang Hyang
Widhi.
· Mengumpulkan artikel-artikel terkait kemahakuasaan Sang Hyang
Widhi.
Mengasosiasi :
· Menganalisis sloka-sloka yang terkait kemahakuasaan Sang Hyang
Widhi.
· Membuat rangkuman terkait artikel-artikel tentang kemahakuasaan
Sang Hyang Widhi.
Mengomunikasikan :
· Menyebutkan bagian-bagian dari Asta Aiswarya.
· Menyebutkan
sloka-sloka tentang kemahakuasaan Sang Hyang Widhi.
· Menceritakan
contoh kemahakuasaan Sang Hyang Widhi dalam kehidupan.
|
·
Tugas
Peserta didik diminta mengerjakan
latihan pada buku teks pelajaran di rumah.
·
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik
secara lisan dan tertulis bagian-bagian Asta Aiswarya.
·
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk melakukan pengamatan di lingkungan sekolah tentang
kemahakuasaan Sang Hyang Widhi, dan memberikan laporan tertulis kepada
pendidik.
·
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat
kliping tentang kemahakuasaan Sang Hyang Widhi sebagai wujud keyakinan kita
kepada Tuhan.
|
5 x 3Jp
|
· Buku Teks pelajaran Agama Hindu
· Kitab Bhagavadgita
· Kitab Sarasamuscaya
|
|
3.2. Memahami ajaran Panca Yama dan Nyama Bratha
sebagai ajaran Susila.
4.2 Menunjukkan contoh Panca Yama dan Nyama
Bratha dalam kehidupan.
|
Panca Yama dan Nyama Bratha
|
Mengamati :
· Menyimak dengan seksama penjelasan Panca Yama Bratha.
· Menyimak dengan seksama penjelasan Panca Nyama Bratha.
· Membaca materi Panca
Yama dan Nyama Bratha.
· Menyimak paparan
bagian-bagian Panca Yama dan Nyama Bratha.
Menanya :
· Menanyakan pengertian Panca
Yama Bratha sebagai pengendalian diri tahap awal.
· Menanyakan pengertian Panca Nyama Bratha
sebagai pengendalian diri tahap lanjut.
· Menanyakan
bagian-bagian Panca Yama dan Nyama Bratha.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
· Mencari contoh pelaksanaan Panca Yama Bratha di lingkungan
sekolah dan rumah.
· Mencari contoh pelaksanaan Panca Nyama Bratha di lingkungan
sekolah dan rumah.
· Mengumpulkan gambar-gambar perilaku orang yang menjalankan
ajaran Panca Yama dan Nyama Bratha di lingkungan rumah.
Mengasosiasi :
· Menyimpulkan contoh-contoh pelaksanaan Panca Yama Bratha.
· Menyimpulkan contoh-contoh pelaksanaan Panca Nyama Bratha.
· Menganalisis dampak yang diakibatkan dalam melaksanakan Panca
Yama dan Nyama Bratha.
Mengomunikasikan :
· Mengungkapkan bagian-bagian Panca Yama Bratha.
· Mengungkapkan bagian-bagian Panca Nyama Bratha.
· Menceritakan dampak melaksanakan Panca Yama dan Nyama Bratha.
|
·
Tugas
Peserta didik diminta untuk mengamati
perilaku orang di lingkungan sekolah dan rumah, kemudian menuliskan hasil
pengamatannya.
·
Tes
Pendidik menanyakan bagian-bagian
Panca Yama dan Nyama Bratha.
·
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengamati teman kelasnya dan memberikan laporan hasil
pengamatannya sesuai dengan ajaran Panca Yama dan Nyama Bratha.
·
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat
makalah tentang dampak dari pelaksanaan Panca Yama dan Nyama Bratha.
|
5 x 3Jp
|
· Buku Teks pelajaran Agama Hindu
· Buku Yama dan Nyama Brata
|
|
3.3 Memahami perilaku Dasa Mala yang harus
dihindari dalam kehidupan.
4.3 Menceritakan perilaku Dasa Mala yang
harus dihindari dalam kehidupan.
|
Dasa Mala
|
Mengamati :
· Mendengarkan paparan ajaran Dasa
Mala.
· Membaca bagian-bagian
Dasa Mala pada buku teks pelajaran.
· Mendengarkan contoh
nyata perilaku Dasa Mala dalam Ramayana.
Menanya :
· Menanyakan pengertian Dasa Mala dalam agama Hindu
· Menanyakan bagian-bagian Dasa Mala.
· Menanyakan contoh perilaku Dasa Mala dalam cerita Ramayana.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
· Mencari artikel-artikel yang terkait dengan perilaku Dasa Mala
di masyarakat.
· Mengumpulkan foto-foto terkait perilaku Dasa Mala di Masyarakat.
· Mencari sloka-sloka Veda
yang berkaiatan dengan Dasa Mala.
Mengasosiasi :
· Memilah tokoh pelaku Dasa Mala dalam Ramayana.
· Menganalisis perilaku tokoh-tokoh dalam cerita Ramayana.
Mengkomunikasikan :
·
Menyebutkan bagian-bagian Dasa
Mala.
· Menyebutkan sloka-sloka
Veda yang berkaiatan dengan Dasa Mala.
· Menyebutkan contoh perilaku Dasa Mala dalam Ramayana.
|
·
Tugas
Peserta didik diminta mengerjakan
latihan pada buku teks pelajaran di rumah.
·
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik
secara lisan dan tertulis tentang bagian-bagian Dasa Mala.
·
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada
peserta didik mengumpulkan artikel-artikel dan menganalisisnya, kemudian
membuat kesimpulan dalam bentuk laporan tertulis.
·
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat
kliping tentang perilaku orang yang melakukan Dasa Mala.
|
5 x 3Jp
|
· Buku Teks pelajaran Agama Hindu
· Kitab
Ramayana
· Kitab
Mahabharata
· Kitab Bhagavadgita
· Kitab Sarasamuscaya
|
|
3.4 Memahami ajaran Nitya Yajñā dan
Naimitika Yajñā dalam kehidupan.
4.4 Mempraktikkan dan menyaji contoh Nitya Yajñā dan Naimitika Yajñā dalam kehidupan
|
Nitya Yajñā dan
Naimitika Yajñā
|
Mengamati :
· Menyimak paparan pengertian Nitya Yajñā dan Naimitika Yajñā.
· Membaca jenis-jenis Nitya Yajñā pada buku teks pelajaran yang
tersedia.
· Membaca jenis-jenis Naimitika Yajñā pada buku teks pelajaran
yang tersedia.
Menanya :
· Menanyakan jenis-jenis Nitya Yajñā dan Naimitika Yajñā dalam
ajaran agama Hindu.
· Menanyakan contoh-contoh Nitya Yajñā dan Naimitika Yajñā yang
dilaksanakan di masyarakat.
· Menanyakan dampak pelaksanaan jenis-jenis Nitya Yajñā dan
Naimitika Yajñā dalam kehidupan sehari-hari.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
· Mencari bukti-bukti pelaksanaan Nitya Yajñā dalam masyarakat.
· Mencari bukti-bukti pelaksanaan Naimitika Yajñā dalam
masyarakat.
· Melakukan wawancara pada sulinggih terkait Nitya Yajñā dan
Naimitika Yajñā dalam agama Hindu.
Mengasosiasikan :
· Menyimpulkan proses pelaksanaan Nitya Yajñā
· Menyimpulkan proses pelaksanaan Naimitika Yajñā.
· Menyimpulkan dampak pelaksanaan Nitya Yajñā dan Naimitika Yajñā
dalam kehidupan.
· Merangkum contoh pelaksanaan Nitya Yajñā dan Naimitika Yajñā.
Mengomunikasikan :
· Menyebutkan jenis-jenis Nitya Yajñā dan Naimitika Yajñā dalam
agama Hindu.
· Menunjukkan dampak pelaksanaan Nitya Yajñā dan Naimitika Yajñā
dalam diri.
· Melaporkan data hasil wawancara terkait Nitya Yajñā dan
Naimitika Yajñā dalam agama Hindu.
|
·
Tugas
Peserta didik diminta pergi tempat
suci dan menuliskan Nitya Yajñā dan
Naimitika Yajñā yang sering dilaksanakan di tempat suci tersebut.
·
Tes
Pendidik memberikan soal-soal terkait Nitya Yajñā dan Naimitika Yajñā untuk dikerjakan peserta didik.
·
Observasi
Pendidik meminta kepada peserta didik
untuk melakukan wawancara dengan tokoh setempat mengenai makna pelaksanaan Nitya Yajñā dan Naimitika Yajñā.
·
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat
laporan tertulis dalam bentuk makalah makna dan fungsi Nitya Yajñā dan Naimitika Yajñā dalam kehidupan.
|
4 x 3Jp
|
· Buku Teks pelajaran Agama Hindu
· Buku Panca Yajñā
|
|
3.5 Memahami isi dari Parwa-parwa dalam kitab Mahabharata.
4.5 Menceritkan kelahiran Bhisma dalam
cerita Mahabharata.
|
Mahabharata
|
Mengamati :
· Mengamati buku Mahabharata sebagai buku cerita kepahlawanan.
·
Menyimak cerita
Mahabharata sebagai buku cerita kepahlawanan.
·
Membaca
cerita Mahabharata sebagai buku cerita
kepahlawanan.
Menanya :
· Menanyakan tokoh-tokoh dalam cerita Mahabharata.
· Menanyakan isi dari tiap-tiap Parwa dalam Mahabharata.
· Menanyakan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita Mahabharata.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
· Mengelompokkan tokoh-tokoh baik dalam cerita Mahabharata.
· Mengelompokkan tokoh-tokoh buruk dalam cerita Mahabharata.
· Mencari nilai-nilai yang terkandung dalam cerita Mahabharata.
Mengasosiasi :
· Merangkum isi cerita pada tiap-tiap Parwa dalam buku
Mahabharata.
· Menganalisis nilai-nilai yang terkandung dalam cerita
Mahabharata.
Mengkomunikasikan :
· Menceritakan salah satu parwa dalam cerita Mahabharata.
· Menyebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita
Mahabharata.
|
·
Tugas
Peserta didik diminta merangkum salah
satu Parwa dalam cerita Mahabharata.
·
Tes
Pendidik meminta peserta didik
menuliskan kembali cerita kelahiran Bhisma.
·
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengamati teman sekelasnya yang mendekati tokoh dalam
cerita Ramayana, kemudian membuat laporannya.
·
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat
kliping tentang tokoh-tokoh dalam cerita Mahabharata.
|
6 x 3Jp
|
· Buku Teks pelajaran Agama Hindu
· Kitab Mahabharata
· VCD Mahabharata
|
|
3.6 Memahami makna inisiasi (samskara) dalam jenjang kehidupan
manusia.
4.6 Mempraktikkan proses inisiasi dalam
ritual Hindu.
|
Samskara
|
Mengamati :
· Menyimak dengan seksama jenis samskara dalam kehidupan
nanusia dari janin sampai meningkat usia akil balig / usia dewasa.
·
Membaca pengertian Sisya Upanayana
secara teliti pada buku teks pelajaran agama Hindu.
·
Membaca pengertian Samawartana
dengan seksama pada buku teks pelajaran agama Hindu.
· Menyimak makna upacara Potong Gigi dalam kajian theology Hindu.
Menanya :
· Menanyakan proses inisiasi memulai masuk
sekolah pada anak-anak.
· Menanyakan nilai yang terkandung dalam
proses inisiasi pada akhir sekolah.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
· Mengumpulkan foto-foto proses ritual inisiasi pada saat mulai
sekolah.
· Mencari artikel-artikel terkait dengan materi Sisya
Upanayana dan Samawartana.
Mengasosiasi :
· Merangkum proses sisya Upanayana.
· Merangkum proses Samawartana.
Mengkomunikasikan :
· Menyebutkan manfaat Samskara.
· Menceritakan proses Sisya Upanayana dan
Samawartana.
|
·
Tugas
Peserta didik diminta mengerjakan
latihan pada buku teks pelajaran di rumah.
·
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik
secara lisan dan tertulis tentang pengertian dan manfaat samskara.
·
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada
peserta didik melakukan wawancara pada temannya manfaat melaksanakan
Samskara.
·
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat
kliping tentang proses Samskara.
|
5 x 3Jp
|
· Buku Teks pelajaran Agama Hindu
· Buku Panca Yajñā
|
|
3.7 Memahami ajaran Kepemimpinan dalam agama Hindu.
4.7 Menyaji contoh kepemimpinan yang baik.
|
Kepemimpinan
|
Mengamati :
·
Menyimak dengan seksama tipologi kepemimpinan menurut
para ahli.
· Membaca materi kepemimpinan yang tertuang
dalam buku teks pelajaran.
·
Membaca
cuplikan cerita dari asta Dasa Parwa tentang kepemimpinan.
Menanya :
·
Menanyakan
sikap pemimpin yang baik menurut agama Hindu.
·
Menanyakan
contoh pemimpin yang dapat diteladani dalam agama Hindu.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan :
· Mengumpulkan data tentang sikap dan perilaku pemimpin di
lingkungan sekolah.
· Mengumpulkan data tentang sikap dan perilaku pemimpin di
lingkungan rumah.
Mengasosiasikan :
· Mengelompokkan sifat-sifat pemimpin yang baik menurut agama
Hindu.
· Mengelompokkan sifat-sifat pemimpin yang tidak baik menurut
agama Hindu.
· Membuat ringkasan dan intisari Bhisma
Parwa.
Mengomunikasikan :
·
Menyebutkan contoh tipe
kepemimpinan menurut Veda
· Menunjukkan
contoh-contoh pemimpin yang cinta tanah air dalam cerita Ramayana.
·
Menunjukkan
sifat-sifat Bhisma dalam keluarga Pandawa.
|
·
Tugas
Peserta didik diminta meringkas cerita
Bhisma Parwa.
·
Tes
Pendidik menanyakan kepada peserta
didik siapakah pemimpin-pemimpin Hindu yang patut diteladani.
·
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk melakukan pengamatan di lingkungan sekolah terkait
sifat-sifat pemimpin.
·
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat
laporan secara tertulis mengenai sifat-sifat pemimpin yang dapat diteladani.
|
5 x 3Jp
|
· Buku Teks pelajaran Agama Hindu
· Kitab
Ramayana
· Buku Niti Sastra
· Kitab Mahabharata
|
Suber: Materi Workshop Peningkatan SDM Pengelola Pasraman Se-Jawa Barat Oleh Kawil Kemenag Provinsi Jawa Barat, Lembang, Bandung 5 Juli 2014
Komentar
Posting Komentar