Satuan Pendidikan : SD
Kelas : I (Satu)
Kompetensi Inti :
|
KI 1
|
:
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|
KI 2
|
:
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaanTuhan dan kegiatannya, dan enda-benda yang
dijumpainya di rumah an di sekolah
|
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
|
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
|
1.1 Membiasakan
mengucapkan salam agama Hindu
1.2 Membiasakan
mengucapkan Dainika Upasana (doa sehari-hari).
|
|
|
|
2.1
Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi
ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).
2.2
Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang
Widhi.
|
|
|
|
3.1.Memahami
ajaran Tri Kaya Parisudha sebagai tuntunan hidup
|
Tri
Kaya parisduha
|
Mengamati
·
Menyimak dengan seksama paparan
pengertian Tri Kaya Parisudha.
·
Peserta
didik mengamati gambar perilaku Tri Kaya Parisudha yang tertuang dalam komik Ramayana.
·
Peserta
didik mengamati gambar perilaku Tri Kaya Parisudha yang tertuang dalam komik Mahabharata.
Menanya
· Menanyakan bagian-bagian
dari Tri Kaya Parisudha.
· Menanyakan perilaku Wacika, Manacika, dan Kayika Parisudha dalam kisah
Ramayana.
· Menanyakan perilaku Wacika, Manacika, dan Kayika Parisudha dalam kisah
Mahabharata.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Melakukan
wawancara (bertanya) di lingkungan terdekat (teman, orang tua, kakak),
manfaat melakukan Tri Kaya Parisudha.
·
Melakukan
wawancara (bertanya) kepada orang
tua contoh-contoh perbuatan
Tri Kaya Parisudha.
Mengasosiasikan
· Membuat katagori (mengelompokkan) contoh perilaku Kayika, Wacika dan
Manacika Parisudha.
·
Merangkum (mengumpulkan) contoh perilaku Tri Kaya
Parisudha.
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan pengertian Tri Kaya Parisudha
· Menceritakan perbuatannya yang terkait ajaran Tri Kaya Parisudha.
|
|
4.1
Mengamalkan Tri Kaya
Parisudha
|
||
|
3.2Mengenal
Subha dan Asubha
Karma
|
Subha dan Asubha Karma
|
Mengamati:
·
Membaca buku teks pelajaran terkait pengertian, Subha dan Asubha
karma.
·
Mendengarkan secara seksama pengertian subha dan
asubha karma.
Menanya:
·
Menanyakan pengertian Subha dan Asubha Karma.
·
Menanyakan perilaku Subha
Karma dan Asubha
Karma pada Pendidik.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mengumpulkan ciri-ciri perbuatan Asubha Karma dalam cerita Ramayana
dan Mahabharata.
·
Mengumpulkan ciri-ciri perbuatan Subha Karma dalam cerita Ramayana
dan Mahabharata.
Mengasosiasikan
·
Mengelompokkan tokoh-tokoh dalam kitab Ramayana yang
tergolong tokoh baik dan tokoh tidak baik.
·
Mengelompokkan tokoh-tokoh dalam kitab Mahabharata
yang tergolong tokoh baik dan tokoh tidak baik.
Mengomunikasikan
· Menunjukkan Video
Ramayana dan Mahabharata
yang berkaitan dengan perilaku Subha dan Asubha Karma.
·
Menyebutkan tokoh-tokoh penting dalam kitab Ramayana dan kitab
Mahabharata.
|
|
4.2.Mempraktikkan
perilaku jujur melalui ajaran Subha Karma dan memperkecil ajaran Asubha Karma
|
||
|
3.3
Memahami Kitab suci Veda
|
Kitab Suci Veda
|
Mengamati
·
Membaca
buku teks pelajaran tentang pengertian antara kitab suci Veda dan buku biasa.
· Menyimak kitab suci
agama-agama yang ada di Indonesia, melalui visualisasi gambar.
Menanya
· Menanya perbedaan antara Kitab Suci dengan buku
biasa.
· Menanyakan
isi kitab suci Veda pada pendidik.
.Mengeksperimen/mengeksplorasikan
· Mengumpulkan foto-foto atau
gambar-gambar kitab suci agama-agama di Indonesia.
· Mengumpulkan gambar-gambar buku
pelajaran, buku tulis, dan buku lainnya selain kitab suci
Mengasosiasikan
· Menyimpulkan perbedaan
antara kitab suci dengan buku biasa.
· Merangkum jenis-jenis buku
yang tergolong wahyu.
.
Mengomunikasikan
·
Menunjukkan buku-buku yang tergolong dalam kitab suci.
·
Menyebutkan nama
kitab suci agama-agama di Indonesia.
·
Menjelaskan perbedaan buku biasa dengan kitab
suci.
|
|
4.3
Menunjukkan perbedaan kitab-kitab suci agama Hindu, kitab-kitab suci agama di
Indonesia, dan buku biasa.
|
||
|
3.4
Memahami Dharmagita
|
Dharmagita
|
Mengamati:
· Membaca buku teks pelajaran terkait materi Dharmagita
·
Menyimak dengan seksama pengertian Dharmagita
Menanya
·
Mempertanyakan
cara menghafalkan,dan melafalkan
lagu-lagu keagamaan.
·
Menanyakan cara
belajar melafalkan Dharmagita.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mengumpulkan jenis-jenis lagu daerah untuk
anak-anak.
·
Mencari informasi
tentang berbagai jenis
lagu anak - anak.
.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan
pentingnya dharmagita dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengelompokkan
antara lagu-lagu keagamaan dengan lagu
biasa.
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan
jenis-jenis Dharmagita
·
Menyanyikan
lagu Sekar Rare.
·
Menyebutkan jenis-jenis lagu keagamaan dalam agama
Hindu.
|
|
4.4
Mempraktikkan Dharmagita atau lagu keagamaan
Hindu
|
||
|
3.5 Memahami Mantram-mantram
agama Hindu
|
Mengenal Mantra dalam agama Hindu
|
Mengamati:
· Membaca buku
teks pelajaran agama Hindu terkait dengan materi mantram-mantram.
· Mendengarkan
lafal mantra makan
· Mendengarkan
lafal mantra Gayatri
Menanya
· Menanyakan kepada pendidik manfaat mantra-mantra
Dainika Upasana.
· Menyakan
kepada pendidik manfaat Gayatri Puja.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
· Peserta
didik menulis mantra makan dalam agama Hindu.
· Peserta
didik menulis mantra Gayatri Puja dalam agama Hindu.
· Peserta
didik menulis mantra belajar dalam agama Hindu.
Mengasosiasikan
· Menyimpulkan
dampak positip dari pengucapan mantra-mantra dalam kehidupan sehari-hari.
· Menyimpulkan
pentingnya penggunaan mantra-mantra dalam kehidupan sehari-hari.
Mengomunikasikan
·
Mencontohkan
tentang pelafalan mantra Gayatri.
·
Mendemontrasikan
lafal mantra makan.
|
|
4.5 Mendemontrasikan mantram-
mantram
agama Hindu
|
||
|
3.6
Memahami jenis
ciptaan Sang Hyang Widhi
|
Ciptaan Sang Hyang Widhi
|
Mengamati
·
Membaca
buku teks pelajaran terkait materi ciptaan Sang Hyang Widhi
·
Melihat
jenis-jenis benda-benda: batu, kerikil, pemandangan alam, tanaman, binatang
di sekitar lingkungan sekolah.
·
Mengamati
benda-benda ciptaan Sang Hyang Widhi dan benda buatan manusia.
Menanya
·
Menanyakan
perbedaan antara benda hidup, dan benda mati.
·
Menanyakan
ciptaan Sang Hyang Widhi yang tergolong benda mati dan makhluk hidup.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mengumpulkan contoh-contoh
benda mati ciptaan Sang Hyang Widhi yang ada di lingkungan sekolah.
·
Mengumpulkan
gambar-gambar atau foto benda hidup ciptaan Sang Hyang Widhi yang ada di sekitar rumah.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan kelebihan manusia dengan mahkluk yang
lain.
·
Menyimpulkan perbedaan makhluk hidup dan benda mati.
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan
benda-benda mati ciptaan Sang Hyang Widhi yang ada di sekitar lingkungan
sekolah atau rumah.
·
Menyebutkan makhluk
hidup ciptaan Sang Hyang Widhi yang ada di sekitar lingkungan sekolah atau
rumah..
·
Menyebutkan
benda-benda yang merupakan hasil karya manusia yang ada disekitar kita.
|
|
4.6
Mencontohkan ciptaan Sang Hyang Widhi dan karya manusia, benda mati dan
makhluk hidup.
|
||
|
3.7.Memahami
kisah dan perjalanan orang suci Hindu
ke Bali
|
Kisah perjalan orang Suci ke Bali
|
Mengamati
· Membaca buku
teks pelajaran terkait materi perjalanan orang suci Hindu ke Bali.
· Membaca buku
sejarah Mpu Kuturan. Membaca buku sejarah Dang Hyang Nirartha.
.
Menanya
·
Menanyakan
sejarah kedatangan Mpu Kuturan dan Dang Hyang Nirartha ke Bali.
·
Menanyakan
bukti-bukti peninggalan Mpu Kuturan dan Dang Hyang Nirartha di Bali.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mengumpulkan bukti-bukti peninggalan Mpu Kuturan.
·
Mengumpulkan bukti-bukti peninggalan Dang Hyang Niratha di Bali.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan manfaat
kedatangan
Mpu Kuturan bagi perkembangan agama Hindu di Bali.
·
Menyimpulkan manfaat
kedatangan
Dang Hyang Niratha bagi perkembangan agama Hindu di Bali.
Mengomunikasikan
·
Meyebutkan peninggalan-peninggalan Mpu Kuturan.
·
Meyebutkan peninggalan-peninggalan Dang
Hyang Nirartha.
|
|
4.7
Menceritrakan kisah dan perjalanan orang
suci Hindu ke Bali
|
SAINTIFIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan : SD
Kelas :
II (Dua)
Kompetensi Inti :
|
KI 1
|
:
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|
KI 2
|
:
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaanTuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
|
1.1 Membiasakan mengucapkan salam
agama Hindu
1.2 Membiasakan mengucapkan
Dainika Upasana (doa sehari-hari).
|
|
|
|
2.1
Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi
ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).
2.2
Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang
Widhi.
|
|
|
|
3.1
Memahami Atma sebagai sumber hidup
|
Atma
|
Mengamati
·
Membaca
buku teks pelajaran agama Hindu tentang pengertian Atma.
·
Mengamati
mahkluk hidup yang ada di sekitar rumah.
Menanya
·
Menanyakan
kepada pendidik tentang sifat-sifat dari Atma.
·
Menanyakan kepada pendidik bagaimana makhluk hidup bisa tumbuh
berkembang biak.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Menggali
informasi tentang sumber Atma
dalam agama Hindu.
·
Mencari informasi bagaimana atma merasuki setiap makhluk
hidup, sehingga mahkluk hidup itu bisa bersuara, bisa tumbuh.
Mengasosiasikan
· Merangkum fungsi dan sifat atma dalam kehidupan.
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan sifat-sifat Atma
dalam agama Hindu.
·
Menunjukkan contoh fungsi atma dalam diri manusia.
|
|
4.1
Mencontohkan Atma / Sang Jiwa berada pada setiap makhluk hidup.
|
||
|
3.2.
Memahami Ajaran Tri Murti
|
Tri Murti
|
Mengamati
·
Mendengar dengan seksama paparan pendidik tentang Tri Murti.
·
Melihat film terkait ajaran Tri Murti.
Menanya
·
Menanyakan
nama-nama Dewa yang tergolong Tri Murti.
·
Menanyakan kepada pendidik dimana Tri Murti dipuja.
·
Menanyakan
kepada pendidik tugas-tugas dari dewa Tri Murti dan Sakti-Nya.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Menggali
informasi tentang Tri Murti dengan
sakti-Nya.
·
Menggali informasi terkait tugas dari Tri Murti.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan bahwa Kahyangan Tiga, merupakan
tempat pemujaan dewa Tri Murti.
·
Menyimpulkan tugas-tugas masing-masing dewa Tri
Murti.
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan tugas
Dewa-dewa Tri Murti
·
Menyebutkan nama-nama sakti dari masing-masing dewa
Tri Murti.
|
|
4.2
Mencontohkan
pemujaan kepada Tri Murti
|
||
|
3.3.Memahami
ajaran Tri Mala dalam kehidupan
|
Tri Mala
|
Mengamati
·
Mendengar
paparan pendidik tentang ajaran Tri Mala.
·
Membaca
buku teks pelajaran agama Hindu terkait ajaran
Tri Mala.
·
Melihat film Mahabharata terkait ajaran Tri Mala.
Menanya
· Menanyakan kembali kepada pendidik mengenai ajaran Tri Mala dalam
kehidupan sehari-hari.
· Menanyakan kepada pendidik akibat dari melakukan perilaku Tri Mala.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mengumpulkan bukti-bukti perilaku Tri mala di
lingkungan sekolah.
·
Mengadakan wawancara cara menghindar dari perilaku
Tri Mala
di lingkungan sekolah, dan
rumah.
Mengasosiasikan
·
Merangkum cara menghindari
perilaku Trimala baik di sekolah, di ruma.
·
Menyimpulkan tidak melakukan perilaku Tri Mala dapat
meningkatkan
tali persaudaraan dengan saudara, orang tua, teman sekolah dan lingkungan
rumah.
.Mengomunikasikan
·
Menunjukkan
perilaku Tri Mala dapat menghancurkan
pertemanan.
·
Menyebutkan upaya-upaya menghindari perbuatan tergolong Tri Mala.
|
|
4.3
Mencontohkan
perilaku Tri Mala
|
||
|
3.4
Memahami ajaran Catur Paramitha dalam kehidupan
|
Catur Paramitha
|
Mengamati
·
Membaca
buku teks pelajaran agama Hindu tentang Catur Paramitha.
·
Melihat tayangan VCD Mahabharata terkait Catur
Paramitha.
·
Melihat tayangan VCD Ramayana
terkait Catur Paramitha.
Menanya
·
Menanyakan
kepada pendidik
tentang bagian-bagian Catur Paramitha.
·
Menanyakan contoh perilaku Catur paramitha di lingkungan sekolah, dan rumah.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mencari informasi contoh perilaku Maitri, Mudita, Karuna, dan
Upeksa di lingkungan sekolah, dan rumah.
·
Mengumpulkan gambar
alat peraga yang berkait perilaku Maitri, Mudita, Karuna, dan Upeksa.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan bagian-bagian Catur Paramitha
·
Membuat katagori perilaku Maitri, Mudita, Karuna, dan
Upeksa.
Mengomunikasikan
·
Menunjukkan perilaku sesuai ajaran Catur paramita.
·
Menyebutkan upaya-upaya melaksanakan ajaran Catur Paramitha.
|
|
4.4
Mempraktikkan Catur Paramitha dalam kehidupan
|
||
|
3.5
Meneladani tokoh-tokoh dalam cerita Ramayana
|
Ramayana
|
Mengamati
·
Membaca
buku teks pelajaran tentang Kanda-kanda dalam Ramayana.
·
Melihat film Ramayana terutama tentang kesetiaan
Dewi Sita.
.Menanya
·
Menanyakan
tokoh
yang termasuk tokoh Dharma dalam cerita Ramayana.
·
Menanyakan
tokoh
yang termasuk tokoh Adharma dalam cerita Ramayana.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mengadakan wawancara kepada orang tua, terkait tokoh-tokoh baik dan jahat
dalam cerita Ramayana.
·
Mengumpulkan nama-nama tokoh-tokoh dalam cerita
Ramayana.
.Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan sejauhmana kesetian Dewi Sita terhadap
Rama dapat
dijadikan teladan bagi wanita.
·
Menyimpulkan bagaimana pengabdian Hanoman
dapat dijadikan contoh dalam kehidupan.
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan contoh-contoh kesetiaan Dewi Sita kepada
Rama.
·
Menunjukkan contoh pengabdian hanoman, dalam cerita Ramayana.
|
|
4.5 Menunjukkan tokoh Dharma dan Adharma dalam cerita Ramayana
|
||
|
3.6
Mengenal
sejarah lahirnya kawitan Bali Aga
|
Sejarah Bali Aga
|
Mengamati
·
Membaca
buku teks pelajaran agama Hindu tentang silsilah Kawitan
Bali Aga.
·
Mendengar
paparan pendidik terkait kelompok kawitan Bali Aga.
.Menanya
·
Menanyakan kepada guru asal mula orang Bali Aga.
·
Menanyakan sejarah kawitan Bali Aga pada pendidik.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mencari informasi terkait Kelompok Kawitan Bali Aga
yang disebut Panca Rsi.
·
Mencari informasi tentang Ida
Mpu Driya Akah, Ida
Mpu Kayu Selem, Ida Mpu Tarunyan, Ida Mpu Celagi,
Ida Mpu Kayuan.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan penyebaran Bali Aga dari
keseluruh pelosok
pulau Bali.
·
Menyimpulkan pengelompokkan kawitan Bali Aga.
.
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan kelompok
bali Aga yang dinamakan panca Rsi sebagai cikal bakal
kelompok Bali Aga.
·
Menyebutkan peninggalan-peninggalan kelompok Bali
Aga.
|
|
4.6 Menceritakan
sejarah lahirnya
kawitan Bali Aga
|
SAINTIFIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan : SD
Kelas : III
(Tiga)
Kompetensi Inti :
|
KI 1
|
:
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
|
KI 2
|
:
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan
tetangganya.
|
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
|
1.1
Membiasakan mengucapkan salam agama Hindu
1.2.Membiasakan
mengucapkan Dainika Upasana (doa sehari-hari).
|
|
|
|
2.1
Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi
ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).
2.2
Berperilaku jujur (Satya), menghargai
dan menghormati (Tat Tvam Asi) makhluk
ciptaan Sang Hyang Widhi.
|
|
|
|
3.1
Memahami ajaran Tri Parartha
|
Tri Parartha
|
Mengamati
·
Membaca
buku teks pelajaran agama Hindu tentang materi Tri Parartha.
·
Melihat
perilaku Asih, Punia, dan Bhakti di lingkungan keluarga.
Menanya
· Menanyakan kepada pendidik bagian-bagian
ajaran Tri Parartha.
·
Menanyakan kepada pendidik contoh perilaku Tri Parartha yang
dapat
di terapkan teman sepermainan.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mencari informasi sikap menyayangi (asih)
dalam lingkungan
terdekat (sekolah, rumah).
·
Mencari informasi sikap memberi (punia)
dalam lingkungan
terdekat (sekolah, rumah).
·
Mencari informasi sikap menghormati dan menghargai (bhakti) dalam
lingkungan terdekat (sekolah, rumah).
Mengasosiasikan
· Menganalisis hubungan berperilaku
Asih, Punia, dan Bhakti pada seseorang
menyebabkan dihormati dan
dihargai.
· Menyimpulkan dampak dari pelaksanaan Tri Parartha dalam diri.
Mengomunikasikan
· Menyebutkan bagian-bagian yang terdapat dalam Tri Pararta.
· Menunjukkan contoh aplikasi
Tri Parartha dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
4.1
Mempraktikkan ajaran Tri Parartha
|
||
|
3.2
Memahami ajaran Daiwi Sampad dan Asuri Sampad dalam kitab Bhagavadgita
|
Daiwi Sampad dan Asuri Sampad
|
Mengamati
·
Menyimak
dengan seksama paparan pendidik mengenai arti Daiwi Sampad dan Asuri
Sampad.
·
Mengamati
perilaku Daiwi dan Asuri Sampad sesuai kitab Bhagavadgita di lingkungan sekolah.
Menanya
·
Menanyakan
kepada pendidik percakapan Krisna dengan Arjuna terkait
ajaran
Daiwi Sampad dan Asuri Sampad.
·
Menanyakan
kepada pendidik
contoh perilaku
Daiwi Sampad
dan Asuri
Sampad.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mengumpulkan sloka-sloka yang terkait dengan ajaran
Daiwi Sampad dan Asuri Sampad dalam kitab Bhagavadgita.
·
Mencari informasi mengenai arti yang tersirat dan
tersurat sloka-sloka dalam kitab Bhagavadgita
mengenai ajaran Daiwi Sampad dan Asuri Sampad.
Mengasosiasikan
·
Menganalisis (mencari nilai yang terkandung)
sloka-sloka dalam kitab Bhagavadgita yang tergolong kedalam ajaran Daiwi
Sampad.
·
Menyimpulkan upaya mengendalikan diri dari perilaku Asuri
Sampad.
Mengomunikasikan
·
Mendemontrasikan
pembacaan sloka Bhagavadgita yang berkaitan dengan Daiwi Sampad dan
Asuri Sampad.
·
Menyebutkan sloka-sloka yang termasuk ajaran Daiwi
Sampad dan Asuri Sampad.
·
Menunjukkan perbedaan
perilaku Daiwi
Sampad dan
Asuri sampad dalam kehidupan.
|
|
4.2.Mencontohkan ajaran Daiwi Sampad dan Asuri Sampad
dalam kitab Bhagavadgita
|
||
|
3.3
Mengamati tokoh-tokoh utama dalam cerita Mahabharata
|
Cerita Mahabharata
|
Mengamati
·
Membaca buku teks pelajaran agama Hindu tentang
materi cerita Mahabharata.
·
Menyimak
dengan seksama materi cerita Mahabharata.
Menanya
·
Menanyakan
kepada pendidik dan teman nama-nama keluarga Panca Pandawa.
·
Menanyakan
kepada pendidik dan teman nama-nama keluarga Kaurawa.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mencari informasi dilingkungan sekolah dan rumah
tentang cerita Mahabharata.
·
Mencari informasi tentang Karna yang
dalam cerita Mahabharata.
·
Mencari informasi sebab terjadinya perpecahan
keluarga Bharata dalam cerita Mahabharata.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan keserakahan
Duryudhana dibawah asuhan Sakuni.
·
Merangkum kisah kesedihan Maharsi Bhisma sebelum
menemui ajalnya.
·
Merangkum kisah perjalanan Pandawa pada masa
pembuangan di hutan.
Mengomunikasikan
·
Menceritrakan
kembali kelahiran Panca Pandawa
·
Menyebutkan kesetian
dan ketulusan Dewi Kunti kepada Bhagawan Srawana sehingga mendapat
mantra rahasia.
·
Menunjukkan contoh perilaku Panca Pandawa yang dapat diteladani.
|
|
4.3
Menceritakan tokoh-tokoh utama dalam cerita Mahabharata
|
||
|
3.4
Mengenal nama-nama
planet dalam tata surya Hindu
|
Astronomi dalam
Veda
|
Mengamati
·
Membaca
buku teks pelajaran agama Hindu tentang pengertian Astronomi dalam
agama Hindu.
·
Membaca
buku teks pelajaran tentang nama-nama bulan dan hari dalam tata
surya.
Menanya
·
Menanyakan kepada pendidik
nama-nama hari dalam astronomi Hindu.
·
Menanyakan kepada pendidik terkait sasih dan wuku
dalam astronomi Hindu.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mengadakan wawancara kepada tokoh Hindu terkait
dengan Astronomi Hindu.
·
Melakukan pengamatan dilingkungan sekolah, dan
menuliskan benda-benda alam semesta yang tergolong dalam tata surya.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan Astronomi Hindu sebagai petunjuk menentukan
baik dan buruknya waktu (hari, bulan/sasih).
·
Merangkum Astronomi
Hindu sebagai acuan mengatur hidup dan kehidupan.
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan contoh tentang baik dan buruknya waktu sesuai ajaran Astronomi Hindu.
·
Menyebutkan nama-nama bulan dalam astronomi Hindu.
·
Menyebutkan nama-nama hari dalam astronomi Hindu.
|
|
4.4 Mengenal
kembali tentang nama-nama planet dalam tata surya
|
||
|
3.5.Memahami
tari profan dan tari sakral dalam kegiatan keagamaan
|
Tari Keagamaan
|
Mengamati
·
Membaca
buku teks pelajaran agama Hindu tentang pengetian budaya, tari sakral,
dan tari profan.
·
Menyimak
dengan seksama asal
usul adanya tari
sakral
dan tari profan.
Menanya
·
Menanyakan
kepada pendidik
perbedaan tari sakral
dan tari profan.
·
Menanyakan
kepada pendidik contoh tari sakral dan tari profan.
·
Menanyakan kepada pendidik fungsi tari sakral dan
tari profan.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
· Mencari informasi jenis-jenis tari Sakral yang berkaitan dengan
kegiatan Dewa Yadña.
· Melakukan wawancara tentang tari-tari yang bersifat hiburan.
· Mengumpulkan foto-foto terkait pementasi tari-tari sakral dan profan.
Mengasosiasikan
· Menyimpulkan tari sakral hanya dipentaskan berkaitan dengan upacara
keagamaan.
· Menyimpulkan tari profan hanya dipentaskan dan berkemabang sesuai
kreativitas penciptanya dan bersifat menghibur.
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan upacara
keagamaan khususnya dewa Yadña selalu diiringi pementasan tari sakral.
·
Menunjukkan tari
profan
yang bersifat hiburan dan tidak mengiringi kegiatan upacara keagamaan.
|
|
4.5
Menunjukkan contoh tari
profan dan tari sakral
|
SAINTIFIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan : SD
Kelas :
IV (Empat)
Kompetensi Inti :
|
KI 1
|
:
|
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya
|
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun,
peduli, danpercayadiridalamberinteraksidengan keluarga, teman, guru dan
tetangganya
|
|
KI 3
|
:
|
Memahamipengetahuanfaktualdengancara mengamati
danmenanyaberdasarkan rasa ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhandankegiatannya,
danbenda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
|
|
KI 4
|
:
|
Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa yang jelas,
sistematis, dan logis, dalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang
mencerminkananaksehat, dandalamtindakan yang
mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia
|
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
|
1.1 Membiasakan mengucapkan salam
agama Hindu
1.2 Membiasakan mengucapkan
Dainika Upasana (doa sehari-hari).
|
|
|
|
2.1 Toleran terhadap sesama, keluarga, dan
lingkungan dengan cara menyayangi ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).
2.2 Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan
menghormati (Tat Tvam Asi) makhluk
ciptaan Sang Hyang Widhi.
|
|
|
|
3.1 Mengenal ajaran Punarbhawa sebagai bagian
dari Sraddha.
|
Punarbhava
|
Mengamati
:
·
Membaca pengertian Punarbhava pada buku teks pelajaran agama Hindu.
·
Menyimak paparan tentang Surga Çyuta dan Neraka Çyuta.
·
Mengamati lingkungan sekitar orang kelahiran Surga Çyuta dan Neraka
Çyuta.
Menanya
:
· Menanyakan
pengertian Surga Çyuta dan Neraka Çyuta.
· Menanyakan ciri-ciri kelahiran Surga Çyuta dan Neraka
Çyuta.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
:
·
Mencari informasi tentang ciri-ciri kelahiran Surga Çyuta dan Neraka Çyuta dalam kitab suci.
·
Mengumpulkan gambar-gambar kelahiran Surga Çyuta dan Neraka Çyuta.
Mengasosiasikan
:
·
Mengelompokkan ciri-ciri kelahiran Surga Çyuta dan Neraka Çyuta.
·
Menyimpulkan akibat perbuatan kita menjadi sebab terjadinya Punarbhava.
Mengomunikasikan
:
·
Mengungkapkan pengertian Punarbhawa.
·
Menceritakan secara singkat kelahiran Surga.
·
Menceritakan secara singkat kelahiran Neraka.
·
Meyebutkan ciri-ciri kelahiran Surga (Surga Çyuta).
·
Meyebutkan ciri-ciri kelahiran
kelahiran Neraka (Neraka Çyuta).
|
|
4.1 Menceritakan ciri-ciri kelahiran Surga dan
kelahiran Neraka.
|
||
|
3.2 Mengenal orang suci agama Hindu yang patut
dihormati.
|
Orang Suci
|
Mengamati
:
· Mendengarkan pengertian orang suci menurut agama Hindu.
· Mengamati gambar-gambar orang suci agama Hindu.
· Membaca syarat-syarat menjadi orang suci agama Hindu.
· Menyimak larangan-larangan menjadi orang suci.
· Membaca upaya-upaya menghormati orang suci.
Menanya
:
· Menanyakan orang suci dalam agama Hindu.
· Menanyakan syarat-syarat menjadi orang suci.
· Menanyakan larangan-larangan menjadi orang suci.
· Menanyakan upaya-upaya menghormati orang suci.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
:
· Mengumpulkan gambar-gambar orang suci agama Hindu.
· Mencari informasi syarat-syarat menjadi orang suci
dalam agama Hindu.
· Mencari informasi larangan-larangan menjadi orang suci.
· Melakukan wawancara kepada tokoh Hindu tentang
upaya-upaya menghormati orang suci.
Mengasosiasikan
:
· Mengelompokkan gambar-gambar orang suci tergolong eka
jati dan dwi jati.
· Menyimpulkan syarat-syarat menjadi orang suci agama
Hindu.
· Menganalisis larangan-larangan menjadi orang suci.
· menyimpulkan upaya-upaya menghormati orang suci.
Mengomunikasikan
:
·
Menyebutkan perilaku menghargai
orang suci.
·
Menyebutkan jasa-jasa orang suci agama Hindu.
· Menyebutkan syarat-syarat menjadi orang suci agama
Hindu.
· Menyebutkan larangan-larangan menjadi orang suci.
·
Menunjukkan upaya-upaya menghormati orang suci.
|
|
4.2 Menunjukkan cara menghargai orang suci
agama Hindu yang patut dihormati.
|
||
|
3.3
Mengenal empat jenis dosa
(Catur Pataka) yang harus dihindari.
|
Catur Pataka
|
Mengamati
:
· Menyimak
pengertian Catur Pataka yang harus dihindari.
· Membaca
buku teks pelajaran agama Hindu terkait materi Catur Pataka.
· Mengamati contoh perilaku Catur Pataka dilingkungan
Rumah.
Menanya
:
·
Menayakan cara menghindari ajaran Catur Pataka dalam kehidupan.
·
Menanyakan dampak yang ditimbulkan dari perilaku Catur Pataka.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
:
·
Mencari cara menghindari ajaran Catur Pataka dalam kehidupan.
· Mencari
artikel contoh perilaku Catur Pataka.
· Mengumpulkan bukti-bukti dampak yang ditimbulkan dari
perilaku Catur Pataka.
Mengasosiasikan
:
·
Menyimpulkan cara menghindari ajaran Catur Pataka dalam kehidupan.
· Menyimpulkan dampak yang ditimbulkan dari perilaku
Catur Pataka.
· Mengelompokkan contoh perilaku Catur Pataka dalam
kehidupan.
Mengomunikasikan
:
·
Menyebutkan bagian-bagian Catur Pataka.
·
Menunjukkan contoh-contoh perilaku
Catur Pataka dalam kehidupan.
·
Menyebutkan upaya-upaya mengindari
perilaku catur pataka dalam kehidupan.
.
|
|
4.3.
Menunjukkan contoh empat jenis dosa (Catur Pataka) yang harus dihindari.
|
||
|
3.4
Mengenal Maharsi penerima wahyu
dan penyusun kitab suci Veda.
|
Sapta Rsi Penerima
wahyu
|
Mengamati
:
· Menyimak pengertian Sapta Rsi penerima wahyu Sang Hyang
Widhi.
· Membaca uraian perilaku Maharsi-maharsi penerima wahyu Sang
Hyang Widhi.
· Menyimak paparan Maharsi penulis catur Veda.
Menanya
:
· Menanyakan Sapta Rsi penerima wahyu Sang Hyang Widhi.
· Menanyakan perilaku Maharsi-maharsi penerima wahyu Sang
Hyang Widhi.
· Menanyakan Maharsi –maharsi penulis kitab Catur Veda.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
:
· Mengamati
foto-foto atau gambar-gambar Maharsi penerima wahyu Sang Hyang Widhi.
· Mencari
gambar-gambar Maharsi penerima wahyu Sang Hyang Widhi.
· Melakukan
wawancara kepada teman tentang Maharsi penerima wahyu Sang Hyang Widhi.
Mengasosiasikan
:
· Mengelompokkan
Maharsi-maharsi penyusun kitab Catur Veda dengan Maharsi penerima wahyu Sang
Hyang Widhi.
· Menganalisis
nilai-nilai budhi pekerti yang dapat
di ambil dari perilaku Maharsi.
Mengomunikasikan
:
·
Menyebutkan nama-nama Maharsi penerima wahyu Sang Hyang Widhi.
· Menyebutkan Maharsi-maharsi penyusun kitab Catur Veda.
· Menceritakan perilaku-perilaku para Maharsi dalam agama
Hindu.
|
|
4.4
Menunjukkan perilaku Maharsi penerima wahyu dan penyusun kitab suci Veda.
|
||
|
3.5.
Mengenal hari-hari suci agama Hindu.
|
Hari Suci Agama
Hindu
|
Mengamati
:
· Mendengarkan paparan tentang hari-hari suci keagamaan
Hindu.
· Menyimak jenis-jenis hari suci agama Hindu.
· Mengamati pelaksanaan hari suci dilingkungan rumah.
Menanya
:
· Menanyakan jenis-jenis hari suci agama Hindu.
· Menanyakan pelaksanaan hari suci agama Hindu.
· Menanyakan aturan-aturan yang harus dilakukan saat
merayakan hari suci.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
:
· Mencari
informasi tentang jenis-jenis hari suci agama Hindu di daerah setempat.
· Mengambil
gambar-gambar saat pelaksanaan hari suci agama Hindu.
· Mencari
informasi aturan-aturan melaksanakan hari suci agama Hindu.
Mengasosiasikan
:
·
Mengelompokkan hari suci berdasarkan sasih dan wuku.
·
Membuat laporan pengalaman merayakan hari suci
Mengomunikasikan
:
·
Menyebutkan hari-hari suci keagamaan Hindu.
·
Menyebutkan hari suci sesuai dengan kelompoknya.
·
Menceritakan pengalaman merayakan hari suci.
·
Menunjukkan contoh pelaksanaan hari suci.
|
|
4.5
Menceritakan prosesi melaksanakan hari suci agama Hindu.
|
||
|
3.6 Memahami sejarah perkembangan agama Hindu
di Indonesia secara singkat
|
Sejarah
perkembangan agama Hindu
|
Mengamati
:
· Mendengarkan paparan sejarah perkembangan agama Hindu
di Indonesia.
· Mengamati peta perkembangan agama Hindu di Indonesia.
· Membaca materi sejarah agama Hindu di Indonesia pada
buku teks pelajaran agama Hindu.
· Menyimak bukti-bukti peninggalan agama Hindu di
Indonesia.
Menanya
:
· Menanyakan sejarah perkembangan agama Hindu di
Indonesia.
· Menanyakan sejarah kejayaan agama Hindu di Indonesia.
· Menanyakan sejarah keruntuhan agama Hindu di Indonesia.
· Menanyakan bukti-bukti perkembangan agama Hindu di
Indonesia.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
:
· Mengumpulkan
bukti-bukti peninggalan agama Hindu di Indonesia.
· Mencari
informasi tentang keruntuhan agama Hindu di Indonesia.
· Melakukan
wawancara pada tokoh-tokoh sejarah, yang mengetahui perkembangan agama Hindu
di Indonesia.
Mengasosiasikan
:
· Menganalisis
bukti-bukti peninggalan agama Hindu di Indonesia.
· Menyimpulkan
kejayaan agama Hindu di Indonesia.
· Menilai akibat keruntuhan agama Hindu di Indonesia
Mengomunikasikan
:
· Menunjukkan bukti-bukti kejayaan Agama Hindu di
Indonesia.
·
Menceritakan sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia.
·
Menceritakan cerita kejayaan agama Hindu di Indonesia.
· Menceritakan keruntuhan agama Hindu di Indonesia.
|
|
4.6. Menceritakan sejarah perkembangan agama
Hindu di Indonesia secara singkat.
|
SAINTIFIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan : SD
Kelas : V (Lima)
Kompetensi Inti :
|
KI 1
|
:
|
Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun,
peduli, danpercayadiridalamberinteraksidengan keluarga, teman, guru dan
tetangganya serta cinta tanah air
|
|
KI 3
|
:
|
Memahamipengetahuanfaktual dan konseptual dengan cara
mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah dan tempat bermain.
|
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
|
1.1 Membiasakan mengucapkan salam
agama Hindu
1.2 Membiasakan mengucapkan
Dainika Upasana (doa sehari-hari).
|
|
|
|
2.1
Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi
ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).
2.2
Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang
Widhi.
|
|
|
|
3.1
Memahami ajaran Moksha dalam ajaran
agama Hindu
|
Moksha
|
Mengamati
·
Menyimak
pengertian dan jenis-jenis
Moksha.
·
Membaca
komik Ramayana tentang
perjalanan Moksha Dewi Sobari
·
Melihat film Ramayana tentang ajaran Nawa Bhakti.
Menanya
·
Menanyakan
penjelasan ajaran Nawa Bhakti dalam cerita Ramayana.
·
Menanyakan
jenis-jenis
Moksha dalam agama Hindu
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mengadakan wawancara kisah perjalanan Dewi Sobari mencapai
Moksha.
·
Mengadakan wawancara perjalanan Yudistira menuju Surga.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan upaya-upaya melaksanakan ajaran Nawa Bhakti untuk mencapai
moksha.
·
Merangkum cerita perjalanan Yudistira mencapai Surga.
Mengomunikasikan
·
Menceritakan
kisah perjalan Dewi Sobari mencapai Moksha.
·
Menyebutkan jalan-jalan
mencapai moksha dalam kitab
Ramayana.
·
Menceritakan
perjalanan Yudistira mencapai Surga.
·
Menunjukkan
sebab-sebab Arjuna, Bima, Drupadi, Nakula, dan Sahadewa meninggal terlebih dahulu.
|
|
4.1
Menceritrakan Moksa dalam konsep agama Hindu
|
||
|
3.2.Memahami ajaran Tri Hita Karana
|
Tri Hita Karana
|
Mengamati
·
Membaca
materi
Tri Hita Karana pada buku teks pelajaran agama Hindu.
·
Mengamati
aplikasi ajaran Tri Hita Karana dalam kehidupan sehari-hari.
Menanya
·
Menanyakan
kepada pendidik bagian-bagian Tri Hita Karana
·
Menanyakan kepada pendidik contoh-contoh ajaran Tri Hita Karana dalam kehidupan.
·
Menanyakan
hubungan
yang selaras dan harmoni, antara manusia, lingkungan dan Sang Hyang Widhi.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Melakukan wawancara kepada teman (sekolah, dan
rumah) contoh
hubungan yang selaras dan harmoni dalam kehidupan.
·
Mengumpulkan data (gambar, foto, dan artikel)
contoh-contoh perilaku yang tergolong Tri Hita Karana.
Mengasosiasikan
· Menyimpulkan
upaya menjaga
keselarasan dan keharmonisan alam semesta.
· Menilai akibat ketidak selarasan dan ketidak keharmonian hubungan dengan sesama manusia dilingkungan
terdekat kita.
Mengomunikasikan
·
Menunjukkan
contoh perilaku yang tergolong ajaran Tri Hita Karana.
·
Menceritakan
akibat yang ditimbulkan karena ketidakselarasan alam
semesta.
|
|
4.2.Mempraktikkan ajaran Tri Hita Karana
|
||
|
3.3.Memahami
ajaran Catur Guru.
|
Catur Guru
|
Mengamati
·
Membaca buku teks pelajaran agama Hindu terkait dengan materi Catur Guru.
·
Mengamati
contoh-contoh perilaku Catur Guru dalam kehidupan.
Menanya
·
Menanyakan
kepada pendidik bagian-bagian Catur Guru.
·
Menanyakan kepada pendidik upaya-upaya menghormati
Catur Guru.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mencari
informasi pahala bhakti kepada Guru Rupaka.
·
Mencari informasi mengenai
cara menghormati
dan menghargai Catur Guru.
·
Melakukan wawancara kepada
tokoh Hindu bagaimana cara
menghormati Guru Swadhyaya.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan contoh-contoh Alpaka Guru Rupaka tidak akan
memperoleh Yasa (nama baik), Kerthi (kesejahteraan), Bala
(kekuatan), Yusa (umur panjang).
·
Menyimpulkan upaya-upaya menghormati Catur Guru.
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan bagian-bagian Catur Guru.
·
Menyebutkan contoh-contoh perilaku yang tergolong
kedalam Catur Guru.
·
Menyebutkan upaya-upaya untuk menghormati Catur Guru
dalam agama Hindu.
|
|
4.3
Mempraktikkan pelaksanaan ajaran Catur Guru
|
||
|
3.4.Mengamati
tempat-tempat suci dalam agama Hindu
|
Tempat Suci
|
Mengamati
·
Membaca buku teks pelajaran terkait materi pengertian Tempat Suci.
·
Mendengar
dengan seksama paparan pendidik mengenai jenis-jenis
dan fungsi Tempat
Suci.
·
Mengamati tempat-tempat Suci agama Hindu yang
terdapat dilingkungan (sekolah, dan rumah).
Menanya
·
Menanyakan
kepada pendidik struktur tempat
suci.
·
Menanyakan
kepada pendidik nama-nama
bangunan yang terdapat pada tempat
suci.
·
Menanyakan kepada pendidik upaya menjaga tempat suci.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mencari
informasi pelinggih
pokok tempat
suci
bedasarkan jensi dan fungsinya.
·
Melakukan wawancara kepada
tokoh Hindu tentang
sejarah tempat
suci Hindu di lingkungan terdekat.
·
Mencari informasi syarat-syarat memasuki tempat suci.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan fungsi-fungsi dari tempat suci agama
Hindu.
·
Menyimpulkan upaya-upaya dalam melestarikan tempat
suci.
Mengomunikasikan
·
Menceritakan
jenis-jenis tempat suci Hindu.
·
Menyebutkan fungsi tempat suci agama
Hindu dalam
kehidupan.
·
Menyebutkan upaya-upaya melestarikan tempat suci.
|
|
4.4
Menceritakan kembali jenis dan fungsi tempat suci dalam agama Hindu.
|
||
|
3.5 Memahami kitab Suci Veda
sebagai sumber hukum Hindu
|
Kitab Suci Veda
|
Mengamati
·
Membaca buku teks pelajaran agama Hindu
tentang pengertaian kitab suci Veda.
·
Mengamati bagan kodifikasi
Veda.
Menanya
·
Menanyakan
kitab yang tergolong
ke dalam Veda Sruthi.
·
Menanyakan
kitab yang tergolong
ke dalam Veda Smerti.
·
Menanyakan kepada pendidik kitab suci yang tergolong
ke dalam kelompok Nibandha.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Mencari
informasi tentang kelompok Veda Sruthi.
·
Mencari
informasi tentang kelompok Veda Smerti.
·
Mencari
informasi tentang kelompok Nibandha.
Mengasosiasikan
·
Membuat
katagori kitab yang tergolong kelompok Veda Sruthi.
· Membuat katagori kitab yang
tergolong kelompok Veda Smerti.
· Membuat katagori kitab yang
tergolong kelompok kitab Nibandha.
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan bagian-bagian dari Veda Sruthi
·
Menyebutkan bagian-bagian dari Veda Smrti
·
Menyebutkan orang-orang yang berjasa dalam menulis
kitab suci Veda.
|
|
4.5
Menunjukkan contoh-contoh kitab suci Veda Sruthi dan Smerti sebagai sumber hukum Hindu
|
||
|
|
SAINTIFIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan : SD
Kelas : VI (Enam)
Kompetensi Inti :
|
KI 1
|
:
|
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya
|
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru
dan tetangganya serta cinta tanah air
|
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara
mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaanTuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah dan tempat bermain.
|
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
|
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
|
1.1 Membiasakan mengucapkan salam
agama Hindu
1.2 Membiasakan mengucapkan
Dainika Upasana (doa sehari-hari).
|
|
|
|
2.1
Toleran terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi
ciptaan Sang Hyang Widhi (Ahimsa).
2.2
Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati (Tat Tvam Asi) makhluk ciptaan Sang Hyang
Widhi
|
|
|
|
3.1
Memahami ajaran Tri Rna sebagai hutang manusia yang dibawa sejak lahir.
|
Tri Rna
|
Mengamati
·
Menyimak paparan konsep Tri Rna sebagai hutang manusia.
·
Mengamati perilaku Tri Rna dilingkungan rumah
Menanya
· Menanyakan kepada pendidik
tentang bagian-bagian Tri Rna.
· Menanyakan
hak dan kewajiban dalam melaksanakan Tri Rna
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Melakukan wawancara kepada orang tua tentang penerapan Tri Rna.
·
Mengumpulkan data-data terkait contoh penerapan Tri Rna dalam kehidupan
sehari-hari
Mengasosiasikan
·
Merangkum secara singkat materi Tri Rna dalam agama
Hindu.
·
Menyimpulkan tujuan melaksanakan Tri Rna
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan contoh pelaksanaan Tri Rna dalam Kehidupan.
·
Mendemontrasikan contoh membayar Tri Rna dalam
kehidupan.
|
|
4.1
Mempraktikkan ajaran Tri Rna sebagai hutang manusia yang dibawa sejak lahir.
|
||
|
3.2
Memahami ajaran Tat
Twam
Asi.
dalam cerita Itihasa.
|
Tat Twam Asi.
|
Mengamati
·
Mendengarkan hakekat ajaran Tat Twam Asi.
·
Membaca cerita-cerita terkait Tat Twam Asi dalam Itihasa.
· Membaca artikel-artikel yang
terkait dengan ajaran Tat Twam Asi.
Menanya
· Menanyakan
pada pendidik dimana
penerapan Tat Twam Asi.
· Menanyakan kepada orang tua contoh perilaku Tat Twam
Asi.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
· Mengumpulkan data terkait pelaksanaan ajaran Tat
Twam Asi dalam
kehidupan.
· Mengadakan wawancara kepada masyarakat sekitar
contoh perilaku Tat Twam Asi.
Mengasosiasikan
· Merangkum secara singkat terkait dengan ajaran Tat
Twam Asi.
· Menyimpulkan
manfaat ajaran Tat Twam Asi dalam kehidupan.
Mengomunikasikan
·
Membuat laporan
dalam bentuk tulisan perilaku pengamalan ajaran Tat Twam Asi dalam kehidupan.
|
|
4.2
Mengenal Tat Twam Asi
dalam cerita Itihasa.
|
||
|
3.3.Memahami
ajaran Sad Ripu sebagai perilaku yang patut dihindari.
|
Sad Ripu
|
Mengamati
·
Mendengarkan paparan ajaran Sad Ripu yang patut dikendalikan.
· Membaca buku teks pelajaran
mengenai Sad Ripu.
· Membaca cerita-cerita yang
terkait dengan Sad Ripu
Menanya
·
Menanyakan kepada pendidik bagian-bagian Sad Ripu.
·
Menanyakan kepada teman dan orang tua contoh perilaku
Sad Ripu.
·
Menanyakan akibat perilaku yang dipengaruhi Sad Ripu.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
· Mengadakan wawancara dengan tokoh Hindu terkait
dengan ajaran Sad Ripu.
· Mengumpulkan
data dampak buruk pengaruh Sad Ripu
Mengasosiasikan
· Menyimpulkan secara singkat
terkait materi Sad Ripu dalam agama Hindu.
· Menyimpulkan pengaruh Sad Ripu baik untuk diri pribadi
dan orang lain.
Mengomunikasikan
· Menyebutkan bagian-bagian Sad
Ripu dalam agama Hindu.
· Menyebutkan contoh-contoh
perilaku Sad Ripu dalam kehidupan.
|
|
4.3
Mempraktikkan ajaran
Sad Ripu sebagai perilaku yang patut dihindari.
|
||
|
3.4
Memahami ajaran Panca Sraddha sebagai penguat keyakinan.
|
Panca Sraddha
|
Mengamati
·
Mendengarkan paparan Panca Sraddha sebagai keyakinan Agama Hindu.
· Membaca buku teks berkaitan
dengan pengertian Panca Sraddha.
· Mengamati contoh pelaksanaan Panca Sraddha dalam
kehidupan
Menanya
· Menanyakan kepada teman, orang tua dan pendidik
terkait materi Panca Sraddha.
· Menanyakan
bentuk sikap dan perilaku menerapkan Panca Sraddha.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
· Mengumpulkan
data contoh-contoh Panca Sraddha.
· Mengadakan wawancara kepada tokoh Hindu terkait
dengan upaya-upaya menjalankan Panca Sraddha.
Mengasosiasikan
· Menyimpulkan
Panca Sraddha
sebagai dasar keyakinan
· Merangkun materi Panca Sraddha sesuai pemahaman
peserta didik masing-masing.
Mengomunikasikan
:
·
Menyebutkan bagian-bagian Panca Sraddha dalam agama
Hindu.
·
Menyebutkan bagaimana masyarakat Hindu menerapkan Panca
Sraddha dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
4.4
Mempraktikkan Panca Sraddha sebagai penguat keyakinan dalam beragama.
|
||
|
3.5 Memahami isi pokok kitab suci
Bhagavadgita sebagai Pancama Veda.
|
Bhagavadgita
|
Mengamati
· Mengamati buku Bhagavadgita dengan seksama.
· Mendengarkan paparan nilai yang terkandung dalam kitab
Bhagavadgita.
· Membaca isi dari kitab suci
Bhagavadgita.
· Membaca sloka-sloka yang terdapat
dalam Bhagavadgita.
Menanya
:
· Menanyakan kepada pendidik
manfaat kitab Bhagavadgita dalam kehidupan.
· Menanyakan kepada teman dan orang
tua isi dari kitab Bhagavadgita.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
· Mengumpulkan sloka-sloka yang termasuk dalam
Bhagavadgita.
· Mengadakan wawancara kepada tokoh Hindu tentang isi
kitab Bhagavadgita.
Mengasosiasikan
· Menyimpulkan isi kitab Bhagavadgita.
· Menyimpulkan
makna yang terkandung dalam sloka-sloka Karma Marga
Mengomunikasikan
:
·
Menyebutkan bab-bab dalam kitab Bhagavadgita.
·
Mendemontrasikan sloka-sloka dalam kitab Bhagavadgita.
|
|
4.5
Melantunkan sloka-sloka dalam Bhagavadgita.
|
Sumber : Materi Workshop Peningkatan SDM Pengelola Pasraman
Se-Jawa Barat Oleh Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat 4-6 Juli 2014 di Lembang,
Bandung.
Komentar
Posting Komentar